<< Back

Jadi Full Time Investor, Memangnya Bisa? Ini Penjelasannya!

Bagi sebagian orang, menjadi full time investor adalah sebuah pekerjaan impian. Semua orang bahkan memiliki peluang yang sama untuk menjadi seorang investor penuh waktu. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum benar-benar menjalankan peran tersebut.

Pengertian Full Time Investor

Sesuai namanya, profesi investor penuh waktu merupakan profesi di mana Smart People berperan sebagai investor sepanjang waktu. Dengan demikian, seluruh waktu yang dimiliki akan didedikasikan untuk menjalankan investasi dan tidak menganggap aktivitas investasi sebagai sampingan.

Melalui pekerjaan ini, seseorang akan menjalankan investasi sebagai pekerjaan utamanya. Diharapkan, imbal hasil yang diperoleh juga akan semakin berlipat ganda karena dirinya lebih fokus pada transaksi jual-beli saham dan berbagai aktivitas analisis lainnya.

Sebagai investor penuh waktu, Smart People lebih fleksibel dalam menjalankan investasi dan tidak perlu khawatir mengganggu waktu kerja di kantor. Smart People juga dapat mengelola perdagangan saham secara mandiri, serta mampu menjaga keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi.

Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Menjadi Full Time Investor

Meski demikian, menjadi seorang full time investor juga mempunyai risiko yang cukup besar. Salah satu yang paling terasa tentu saja menghilangnya pendapatan tetap dan Smart People hanya akan mengandalkan pendapatan dari investasi tersebut. Oleh karena itu, penting memperhatikan beberapa hal berikut sebelum Smart People menjadi seorang investor penuh waktu:

1. Jangan hanya sekadar ikut-ikutan

Sebelum memutuskan menjadi seorang investor penuh waktu, Smart People harus benar-benar menanyakan ke diri sendiri apakah sudah siap dan apakah hal tersebut sesuai dengan kebutuhan pribadi. Jangan sampai hanya ikut-ikutan karena aktivitas ini tidak dapat dilakukan sembarangan.

Dibutuhkan kesiapan yang benar-benar matang agar Smart People dapat menjalankan investasi secara maksimal. Jika hanya sekadar mengikuti tren, tentu akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan finansial dan aktivitas investasi yang nantinya akan dijalankan.

2. Pastikan cadangan modal yang cukup

Sebelum berinvestasi secara full time, pastikan juga modal yang dimiliki sudah lebih dari cukup. Tidak hanya memiliki modal dasar untuk berinvestasi, namun pastikan Smart People juga sudah memiliki dana cadangan yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan pribadi.

Dengan demikian, Smart People tidak akan terbebani lagi dengan kebutuhan sehingga lebih fokus menjalankan investasi. Pastikan juga Smart People sudah memiliki asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga dalam kondisi darurat sekalipun.

3. Atur strategi dan analisis yang matang

Dalam menjalankan aktivitas investasi secara full time, diperlukan strategi yang matang dalam mempelajari seluk-beluk investasi, misalnya investasi saham. Pastikan Smart People tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual, membeli, hingga mengoleksi saham-saham tersebut.

Gunakan pengetahuan yang mumpuni untuk menjalankan analisis secara maksimal, baik analisis fundamental maupun teknikal. Pastikan juga Smart People sudah benar-benar ahli dalam membaca sentimen pasar sehingga segala keputusan sudah dipertimbangkan secara matang.

4. Pastikan pengalaman sudah mencukupi

Tidak dapat dipungkiri, untuk menjadi seorang full time investor diperlukan pengalaman yang benar-benar memadai. Pasalnya, tidak semua orang benar-benar siap untuk menjalankan peran baru tersebut. Dengan pengalaman yang matang, semua resiko bisa diatasi secara maksimal.

Ya, pengalaman dan jam terbang memang tidak dapat dibohongi. Jika Smart People sudah memiliki pengalaman di bidang investasi dan sudah mengalami berbagai risiko, tentu akan lebih mudah menghadapi kesulitan yang sangat mungkin terjadi saat menjadi investor full time.

5. Lakukan diversifikasi portofolio investasi

Dalam melakukan investasi, akan lebih baik jika tidak hanya berfokus pada satu bidang instumen saja. Smart People tetap harus melakukan diversifikasi sehingga risiko yang muncul dapat ditangani secara lebih optimal. Jika mengalami kegagalan, setidaknya masih ada instrumen lain yang memberi hasil.

Selain itu, seorang investor full time juga harus disiplin dalam menjalankan setiap perencanaannya. Smart People juga wajib bersikap realistis dengan segala dampak, baik yang sifatnya memberikan hasil maupun yang malah menimbulkan risiko.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai

Dari penjelasan di atas, lantas kapan waktu yang tepat untuk memulai menjadi seorang investor penuh waktu? Jawabannya adalah ketika Smart People sudah benar-benar siap dengan modal dan mental dalam menangani berbagai risiko yang sangat mungkin terjadi.

Bisa dibilang, modal menjadi hal yang cukup krusial dalam keputusan menjadi seorang investor yang menjalani aktivitas investasi sepanjang waktu. Jika Smart People tidak mempunyai modal yang cukup, tentu akan sulit untuk memfokuskan diri pada kegiatan investasi secara penuh.

Bisa dibilang, pastikan dana yang disiapkan setara dengan pendapatan selama satu tahun penuh. Dengan begitu, kebutuhan pokok dan modal awal berinvestasi akan sama-sama terpenuhi. Siapkan juga dana darurat yang setara dengan 3-6x pengeluaran bulanan untuk berjaga-jaga. 

Pastikan juga Smart People sudah benar-benar siap secara mental. Terlebih, investor penuh waktu memiliki banyak risiko, tidak hanya pada saat proses berjalannya transaksi namun juga hal-hal lain di luar itu. Tanpa mental yang baik, seorang investor tentu tidak akan bertahan lama.

Guna mendukung aktivitas Smart People sebagai full time investor, pastikan juga sudah memilih aplikasi investasi yang tepat. Gunakan RHB Tradesmart ID sebagai aplikasi investasi nomor satu di Indonesia yang sudah dilengkapi berbagai fitur dan dapat diakses tanpa khawatir mengalami lag. Download aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga di Play Store atau App Store!

Referensi:

Tonce, Dionisio Damara. (2023). Petuah Lo Kheng Hong soal Menjadi Full Time Investor Saham. Bisnis.com

Wulandhari, Retno. (2023). Mau Jadi Full Time Trader Saham? Simak Dulu Tipsnya Biar Andal. Republika.co.idYieldstreet. (2023). 12 Valuable Tips to Become a Full-Time Investor. Yieldstreet.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal