<< Back

Investor Wajib Tahu Saham Beredar, Ini Alasannya! 

saham beredar

Sebelum terjun ke dunia investasi saham, sudah seharusnya Smart People mencari tahu makna dari ragam istilah yang digunakan di bidang tersebut. Salah satu istilah yang penting sifatnya untuk dipahami adalah istilah ‘saham beredar’. Agar tidak bingung dengan istilah penting satu ini, Smart People bisa simak ulasan terkait saham beredar tersebut di bawah ini. 

Pengertian Saham Beredar

Saham beredar atau dikenal juga dengan istilah outstanding shares, merupakan istilah yang tidak asing di bidang saham. Istilah ini sendiri merujuk pada keseluruhan saham perusahaan yang saat ini sedang dipegang atau dimiliki oleh semua pemilik sahamnya, termasuk saham milik investor individu, investor institusional dan saham terbatas yang dimiliki para pekerja dan orang dalam perusahaan. 

Jumlah saham beredar milik suatu perusahaan sifatnya dinamis alias tidak tetap, bahkan bisa mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu. Keberadaan saham beredar ini kerap digunakan untuk mengalkulasikan key metrics dari perusahaan tersebut. Pentingnya informasi mengenai jumlah saham beredar ini membuat perusahaan publik wajib melaporkan jumlahnya dalam laporan keuangannya. 

Tipe Saham Beredar 

Saham beredar bisa digolongkan ke dalam 2 tipe, yakni basic shares dan diluted shares. Adapun saham yang tergolong sebagai basic shares adalah saham biasa atau common stock yang bisa Smart People temukan di pasar sekunder atau secondary market. Jumlah saham biasa inilah yang menjadi pedoman dalam menentukan berapa jumlah saham yang benar-benar beredar pada saat ini.

Berbeda dengan basic shares, diluted shares merujuk pada saham dengan klasifikasi khusus, seperti waran, saham preferen, dan kontrak opsi saham atau stock option. Jumlah diluted shares ini menunjukkan potensi jumlah keseluruhan saham beredar, sekiranya jenis-jenis saham yang tergolong sebagai diluted shares tersebut diaktivasi atau dicairkan di kemudian hari. 

Penyebab Naik dan Turunnya Jumlah Saham Beredar 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saham beredar itu sifatnya dinamis, bahkan bisa mengalami fluktuasi yang cukup signifikan sifatnya. Adapun alasan dibalik berubah-ubahnya jumlah saham beredar adalah karena kebijakan yang diambil perusahaan terkait saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, seperti kebijakan berupa stock split atau reverse stock split

Jumlah saham beredar akan mengalami peningkatan, saat perusahaan meningkatkan modal sahamnya dengan cara menjual saham baru ke public atau saat perusahaan mengumumkan stock split. Stock split merujuk pada kondisi di mana perusahaan memecah nilai saham yang dimilikinya, dengan tujuan untuk meningkatkan likuiditas saham tersebut. 

Sedangkan untuk penurunan jumlah saham beredar biasanya terjadi saat perusahaan melakukan buyback saham atau reverse stock split alias kebalikan dari stock split yang dijelaskan di atas. Buyback ini sendiri merupakan tindakan di mana perusahaan melakukan repurchase atau pembelian kembali saham-saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. 

Alasan Pentingnya Mengetahui Jumlah Saham Beredar  

  1. Menentukan Nilai Kapitalisasi Pasar Perusahaan 

Jumlah saham yang beredar penting untuk diketahui karena dari jumlahnya tersebut, Smart People bisa mengetahui seberapa besar nilai kapitalisasi pasar dari perusahaan yang menerbitkan saham. Nilai kapitalisasi pasar bisa didapatkan dengan mengalikan jumlah saham yang beredar dengan harga saham. Nilai kapitalisasi pasar ini bisa jadi bahan pertimbangan sebelum berinvestasi. 

  1. Memahami Struktur Kepemilikan Perusahaan 

Jumlah saham beredar juga penting untuk diketahui karena bisa membantu Smart People dalam memahami struktur kepemilikan perusahaan tersebut. Dengan mengetahui jumlah saham beredar tersebut, Smart People bisa mengalkulasikan persenan saham yang dimiliki oleh investor institusional atau pendiri perusahaan. Informasi ini bisa menjadi jembatan untuk mengetahui rencana perusahaan. 

  1. Menentukan Rasio Pembayaran Dividen 

Bagi para pemegang saham, mengetahui seberapa besar rasio dividen yang dibayarkan tentu merupakan hal yang penting sifatnya. Nah, rasio dividen yang dibayarkan ini bisa dicari tahu dengan menggunakan jumlah saham beredar. Jika rasio dividen dari beberapa perusahaan sudah diketahui, maka Smart People bisa membandingkannya dan memilih yang paling tepat untuk dikoleksi sahamnya. 

  1. Membantu Pengambilan Keputusan Investasi 

Secara garis besar, informasi mengenai jumlah saham beredar yang Smart People ketahui akan membantu Smart People dalam mengambil keputusan penting terkait investasi saham. Keputusan-keputusan penting yang diambil saat berinvestasi, akan bisa mengantarkan Smart People mencapai tujuan investasi, serta meminimalisir risiko saat investasi saham tersebut. 

Cara Mengetahui Jumlah Saham Beredar Perusahaan 

Setelah mengetahui pentingnya informasi mengenai jumlah saham beredar, tentu Smart People ingin tahu bagaimana cara untuk mengetahui jumlahnya. Ada beberapa cara yang bisa Smart People lakukan. Pertama, Smart People bisa mencari tahu jumlahnya dengan cara membaca laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan tersebut. 

Selanjutnya, Smart People juga bisa mencari tahunya dengan melihat informasi tersebut di laman IDX Channel. Misalnya saja, untuk mencari informasi jumlah saham beredar perusahaan asuransi, Smart People bisa mencarinya berdasarkan nama dan kode perusahaan asuransi tersebut di laman IDX Channel. 

Beli Saham Incaran Melalui RHB Tradesmart ID 

Setelah mengetahui ingin mengoleksi saham yang mana dengan memanfaatkan informasi jumlah saham beredar, Smart People bisa langsung melakukan pembelian via RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi dan trading saham yang bisa mulai digunakan untuk investasi saham dengan modal awal hanya Rp100.000 saja. 

Selain ekonomis, RHB Tradesmart ID juga dikenal akan ragam fitur unggulannya. RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur Smart Analyzer, Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points, yang tidak hanya bisa membantu menganalisis saham saja, melainkan juga menekan biaya transaksi saham, sehingga menjadi jauh lebih terjangkau. 

Raup imbal hasil impian dengan mudah menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID. Segera unduh aplikasinya dan manfaatkan fitur-fitur unggulannya. 

Sumber: 

Nolan, Paul. (2021, November 18). What Are Outstanding Shares? The Balance. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://www.thebalancemoney.com/what-are-outstanding-shares-5192625

Chen, James. (2022, Maret 03). Outstanding Shares Definition and How to Locate the Number. Investopedia. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/o/outstandingshares.asp

Price, Mike. (2023, Mei 12). Understanding Shares Outstanding. The Motley Fool. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://www.fool.com/terms/o/outstanding-shares/

Srivastav, Ashish Kumar. Outstanding Shares. WallStreetMojo. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://www.wallstreetmojo.com/outstanding-shares-stocks/#h-why-shares-oustanding-keep-on-changing

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal