<< Back

Investor, Sudah Tahu Istilah Bandarmology? Ini Penjelasannya!

Seiring dengan berjalannya waktu, makin banyak istilah unik yang muncul di dunia saham, salah satunya adalah istilah ‘Bandarmology’. Istilah Bandarmology biasanya dikaitkan dengan momentum naik drastik atau anjloknya harga saham dengan tajam. Lantas, apa sih sebenarnya Bandarmology itu? Daripada penasaran, yuk simak ulasan mengenai istilah tersebut di bawah ini. 

Apa Itu Bandarmology

Bandarmology merupakan istilah yang merujuk pada ilmu yang mempelajari tentang bagaimana orang-orang menggunakan pergerakan bandar saham dengan tujuan mengetahui pergerakan harga saham dalam waktu dekat. Jadi, bisa dibilang kalau istilah ini berpusat pada pemahaman akan tindak-tanduk bandar saham di pasar modal, yang bisa dianggap sebagai penggerak pasar. 

Bandar saham ini sendiri merupakan sekelompok orang atau institusi yang punya modal atau dana begitu besar, berikut dengan kesabaran yang besar pula dalam melakukan trading saham. Nah, keikutsertaan bandar saham di pasar modal dengan menggunakan dananya yang besar tersebut, akan bisa memicu pergerakan harga saham secara signifikan. 

Adapun tujuan dari para trader memahami Bandarmology ini adalah agar mereka bisa memanfaatkan cara kerja bandar tersebut, sehingga turut meraup imbal hasil dari aktivitas yang dilakukan bandar saham di pasar modal. Pasalnya, jika tidak bisa memahami cara kerjanya tersebut, trader malah berpotensi mengalami loss karena aktivitas trading yang dilakukan bandar saham. 

Fungsi Bandar Saham 

Kinerja bandar saham di pasar modal mungkin membuat sebagian trader merasa takut akan terjadinya risiko yang tidak diinginkan saat melakukan trading. Pun begitu, keberadaan bandar saham bukan semata-mata untuk meraup sebanyak mungkin imbal hasil dari trading yang dilakukannya. Smart People bisa simak fungsi dari  bandar saham di bawah ini. 

  1. Membantu Menjaga Likuiditas Saham 

Bandar saham di antaranya menjalankan fungsi untuk menjaga likuiditas saham. Maknanya, aktivitas yang dilakukan oleh bandar saham akan bisa menjaga nilai sebuah saham, tidak terlalu tinggi ataupun tidak terlalu rendah. Nilai saham yang stabil ini tentu saja dibutuhkan oleh emiten dan pemegang saham tersebut. 

  1. Melakukan Akumulasi Saham 

Fungsi selanjutnya dari bandar saham adalah melakukan akumulasi saham. Biasanya, peran bandar saham ini dimanfaatkan oleh sebuah emiten atau perusahaan yang berencana untuk melakukan buyback atau pembelian saham kembali. Nah, bandar saham akan diminta untuk menyusun strategi pembelian kembali saham tersebut. 

  1. Melakukan Distribusi Saham 

Selain melakukan akumulasi saham, bandar saham juga berperan dalam melakukan distribusi saham. Dengan melakukan distribusi saham ini, maka saham akan bisa dijual dengan harga tertentu di pasar saham. Tentu saja nantinya bandar saham akan bisa memperoleh imbal hasil dari saham-saham yang dijual di harga tertentu tersebut. 

Strategi Trading Saham ala Bandarmology

Agar bisa memanfaatkan aktivitas trading bandar saham, tentu saja harus ada strategi khusus yang dijalankan. Cara kerja bandar saham sendiri biasanya dimulai dengan mencari saham yang kurang likuid dengan harga murah, misalnya di bawah Rp2.000. Kemudian, bandar saham akan membuat penawaran beli dalam jumlah besar dengan harga yang tetap, sehingga volume saham meningkat. 

Pada kondisi seperti ini, trader yang sudah terlanjur membeli saham yang sama bisa menunggu hingga potensi imbal hasil yang bakal didapatkan sudah cukup, lalu saham tersebut bisa dijual kembali. Pastikan penjualan saham dilakukan sebelum bandar saham menjual semua sahamnya, karena hal tersebut bisa menyebabkan harga saham menjadi turun. 

Sedangkan jika kondisinya trader belum melakukan pembelian saham namun harga sudah terlanjur membumbung tinggi, tindakan yang bisa dilakukan adalah menunggu dilakukannya koreksi harga saham. Jika sudah dilakukan koreksi harga saham, trader bisa melakukan entry dan membeli saham tersebut. 

Kelebihan Bandarmology 

Apa sih kelebihan yang bisa didapatkan dengan memahami Bandarmology? Jika seorang trader memahami bagaimana cara kerja bandar saham melalui Bandarmology, tentu saja dirinya bisa terhindar dari risiko mengalami loss ataupun risiko yang tidak diinginkan lainnya saat melakukan trading saham. Trader tidak akan menjadi korban dari tindak-tanduk bandar di pasar saham. 

Selain terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan, trader tentunya berpotensi untuk memperoleh imbal hasil yang signifikan melalui transaksi jual beli saham yang awalnya dijual dengan harga murah. Pasalnya, harga saham yang awalnya murah akan bisa mengalami kenaikan secara signifikan karena penggunaan dana yang besar oleh bandar untuk membeli saham secara besar-besaran. 

Kekurangan Bandarmology 

Selain kelebihan, tentu saja ada kekurangan di balik pengaplikasian Bandarmology. Analisis aktivitas bandar dengan menggunakan Bandarmology berpotensi untuk mempengaruhi niat dari investor untuk melakukan investasi saham jangka panjang. Pasalnya, jika bandar saham sudah melakukan aktivitasnya, maka harga saham akan mengalami fluktuasi yang signifikan. 

Atur Strategi Investasi dengan Dukungan Fitur RHB Tradesmart ID 

Bandarmology memang menjadi salah satu strategi dalam menjalankan trading. Namun, Smart People tentu saja tidak harus terpaku dengan strategi tersebut. Sebaik-baiknya strategi investasi adalah strategi yang sesuai dengan trader atau investor yang menjalankannya. Agar lebih mudah dalam menyusun strategi trading ini nantinya, Smart People bisa gunakan RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID memiliki fitur khusus untuk menganalisis saham yang disebut Smart Analyzer dengan ARO (Assisted Robo Optimization). Dengan memanfaatkan fitur ini, Smart People bisa mengawasi saham incaran secara real time, serta mendapatkan ulasan atas saham tersebut. Alhasil, keputusan investasi atau trading bisa diambil dengan matang. 

Jangan sampai ketinggalan, unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga. Dengan modal awal Rp100.000 saja, Smart People sudah bisa memulai investasi saham yang mudah dan ekonomis.  

Sumber: 

Darmawan, Harris. 2023, Oktober 06. Deteksi Bandar Saham Lewat Analisis Bandarmologi, Ini Faktanya! Finansialku. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://www.finansialku.com/saham/dasar-analisis-bandarmologi-bandar-saham/

Komalasari, Tia. 2021, Juni 22. Raih Cuan dengan Jurus Bandarmology di Fitur “Trader View” Aplikasi MNC Trade New. IDX Channel. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/raih-cuan-dengan-jurus-Bandarmology-di-fitur-trader-view-aplikasi-mnc-trade-new

Olavia, Lona. 2022, Mei 25. Apa itu Bandarmology, Kelebihan dan Kekurangannya? Investor.id. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://investor.id/market-and-corporate/294820/apa-itu-Bandarmology-kelebihan-dan-kekurangannya

Forddanta, Dityasa. 2021, September 30. Mengenal Lebih Dekat Mazhab Bandarmology. Konta. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://investasi.kontan.co.id/news/mengenal-lebih-dekat-mazhab-Bandarmology

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal