<< Back

Investor Saham Wajib Tahu! Ini Cara Menggunakan Trailing Stop yang Efektif!

Trailing Stop

Sebagai seorang trader, Smart People harus mengetahui dan memahami exit strategy atau strategi keluar, agar bisa meminimalisir risiko saat sedang trading. Salah satu dari sekian cara yang dilakukan oleh banyak trader untuk kebutuhan exit strategy-nya adalah trailing stop (TS). Cari tahu lebih banyak mengenai strategi trailing stop melalui ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Trailing Stop

Trailing stop merupakan sebuah bentuk modifikasi atas stop order pada umumnya, yang bisa ditentukan nilainya dalam bentuk persentase atau jumlah dalam mata uang tertentu, terlepas dari harga pasar saham terkini. Saat harga saham bergerak ke arah yang kurang menguntungkan, maka akan muncul order secara otomatis untuk menjual ataupun membeli saham tersebut. 

TS hanya akan bergerak sekiranya pergerakan harga saham sesuai dengan apa yang diharapkan. Saat TS sudah mengunci imbal hasil dan mengurangi loss, maka trailing stop tidak akan bergerak kembali ke arah sebelumnya. Pada posisi long, trader biasanya akan memasang TS di bawah harga pasar terkini, hal sebaliknya berlaku untuk posisi short

Fungsi Trailing Stop

Strategi TS memiliki fungsi untuk melindungi atau mengunci imbal hasil, dengan memungkinkan perdagangan tetap dalam status open, sehingga imbal hasil bisa terus diperoleh selama harga bergerak sesuai dengan keinginan para trader. Status order akan ditutup jika sekiranya harga saham mengalami perubahan arah sesuai dengan persentase atau jumlah yang telah ditentukan. 

Selain untuk mengunci imbal hasil saat trading, strategi TS ini juga bermanfaat untuk membatasi loss, karena perdagangan berjalan sesuai dengan keinginan. Fungsi yang dimiliki oleh trailing stop inilah yang kemudian membuatnya menjadi salah satu bentuk exit strategy yang digunakan oleh para trader.  

Macam-Macam Trailing Stop 

  1. Dynamic Trailing Stop

Dynamic TS atau TS dinamis merupakan tipe TS yang sering dipilih. Dengan memakai tipe trailing stop satu ini, maka titik stop loss akan secara otomatis disesuaikan setiap nilai saham mengalami perubahan atau pergerakan sebesar 1 pip ke arah yang diinginkan. Pergerakan ini akan mengurangi risiko, karena akan menghasilkan stop loss yang lebih kecil. 

  1. Fixed Trailing Stop 

Selain dynamic trailing stop, ada juga fixed TS atau TS tetap. Berbeda dengan dynamic trailing stop, pergerakan titik stop loss hanya akan terjadi sekiranya terjadi perubahan persentase atau jumlah harga sesuai dengan yang ditentukan sebelumnya. Trader bisa menentukan penyesuaian titik stop loss, setelah pergerakan sebesar 10 pip, 20 pip, dan lainnya. 

Cara Menggunakan

Kunci untuk sukses menggunakan TS adalah dengan menentukan rentang persentase atau harga yang terlalu sempit ataupun terlalu lebar. Jika rentangnya terlalu sempit, maka akan bisa terpengaruh oleh pergerakan pasar harian pada biasanya. Sedangkan jika terlalu lebar, biasanya akan berakhir dengan kerugian dalam trading

Contohnya saja, Smart People membeli saham dengan harga Rp1.000.000, lalu menetapkan TS sebesar 10% atau Rp100.000. Jika sekiranya harga saham tersebut naik menjadi Rp1.400.000, maka stop loss akan secara otomatis berada di angka Rp1.300.000. Pada kondisi ini, jika harga saham menjadi Rp1.300.000, maka saham akan terjual di harga tersebut. 

Namun, jika sekiranya harga saham terus menanjak dan mencapai angka Rp1.500.000, maka stop loss akan berganti dari yang semula Rp1.300.000, menjadi Rp1.400.000. Sekiranya harga mengalami penurunan secara mendadak, lalu berada di angka Rp1.200.000, saham yang dimiliki secara otomatis akan tetap terjual di angka stop loss sebelumnya, yakni Rp1.400.000. 

Kelebihan dan Kekurangan  

Jika bicara tentang kelebihan strategi trailing stop, tentu saja adalah manfaatnya untuk mengunci imbal hasil dan meminimalisir kerugian yang berpotensi dialami oleh trader. Selain itu, karena TS lebih fleksibel dibandingkan dengan TS, trader tidak perlu harus selalu memperbaharuinya saat terjadi fluktuasi cukup besar pada harga saham. 

Selain kelebihan yang dimilikinya, tentu masih ada kekurangan dalam penggunaan TS. Penentuan persentase TS masih terbilang sulit, jika terlalu lebar maka akan bisa mengakibatkan kehilangan imbal hasil yang signifikan. Sedangkan jika terlalu sempit, maka muncul risiko exit yang terlalu cepat pada pasar yang volatil. 

Aplikasikan Strategi saat Trading via RHB Tradesmart ID

Aplikasi yang Smart People gunakan saat trading akan bisa menjadi salah satu penentu lancar atau tidaknya trading saham yang dilakukan. Pasalnya, ada aplikasi trading yang menghadirkan ragam fitur unggulan, guna mendukung aktivitas trading para penggunanya. Aplikasi trading tersebut adalah RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi trading saham yang memungkinkan Smart People untuk melakukan trading dengan lebih mudah dan ekonomis. Fitur-fitur unggulan seperti Smart Fee, Smart Rate, Smart Points, dan Smart Analyzer, dijamin bisa memaksimalkan imbal hasil dari trading, sekaligus mempermudah Smart People dalam menganalisis pergerakan saham incaran nantinya. 

TS merupakan strategi stop order, yang memungkinkan munculnya order secara otomatis untuk menjual atau membeli saham, saat harga saham mencapai angka tertentu. Dengan pengaplikasian strategi ini, maka imbal hasil bisa dikunci dan kerugian bisa diminimalisir. Tepat dalam menentukan trailing stop merupakan kunci keberhasilan penerapan strategi ini. 

Rasakan kemudahan dalam trading dan investasi saham dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasinya sekarang juga untuk bisa memanfaatkan semua fitur unggulan yang dihadirkannya. 

Sumber: 

Mitchell, Cory. (2023, Februari 09). What Is a Trailing Stop? Example and How to to Use It. Investopedia. Diakses pada tanggal 6 Mei 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/t/trailingstop.asp

Homer, Kevin. (2023, Januari 31). Trailing Stop Orders: Mastering Order Types. Charles Schwab. Diakses pada tanggal 6 Mei 2023 melalui https://www.schwab.com/learn/story/trailing-stop-orders-mastering-order-types

StopLossTracker Team. Dynamic vs. Fixed Trailing Stop Losses. StopLossTracker. Diakses pada tanggal 6 Mei 2023 melalui https://stoplosstracker.com/dynamic-vs-fixed-trailing-stop-losses/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal