<< Back

Investor Pemula Wajib Tahu! Ini 6 Hal yang Harus Dipersiapkan dalam Investasi Saham

Sebagai seorang pemula di bidang investasi saham, tentu ada banyak hal yang menjadi sumber kekhawatiran saat mulai investasi melalui aplikasi trading saham. Entah itu kekhawatiran akan saham yang dibeli. Perusahaan sekuritas yang dipilih, serta risiko kerugian yang mungkin dihadapi jika nantinya harga saham terjun bebas di kemudian hari. 

Adanya kekhawatiran ini merupakan hal yang wajar, namun jika terus-terusan menghantui tentu akan memberikan efek yang tidak bagus saat investasi saham nanti. Salah satu cara untuk menghindari kekhawatiran ini adalah dengan mempersiapkan diri seoptimal mungkin. Yuk, simak persiapan apa saja yang harus dilakukan saat menjalankan aktivitas investasi saham nantinya. 

Tentukan Tujuan Berinvestasi 

Persiapan pertama saat memulai investasi saham tentulah dengan menentukan apa sih tujuan Smart People melakukan investasi tersebut. Beda orang biasanya akan berbeda pula tujuan investasinya. Ada yang melakukan investasi saham untuk membeli rumah, mempersiapkan biaya anak sekolah, pergi liburan ke destinasi impian, hingga mempersiapkan dana pensiun. 

Mengapa tujuan berinvestasi ini penting untuk ditentukan? Salah satu alasannya adalah untuk mempermudah dalam menyusun strategi investasi nantinya. Jika ada tujuan investasi, tentu sudah bisa dibayangkan berapa imbal yang ditargetkan dari investasi tersebut. Agar imbal tersebut bisa dicapai, butuh strategi investasi yang tentunya berbeda sesuai dengan nominal imbalnya. 

Cari Tahu dan Tentukan Cara Investasi Saham 

Tahukah Smart People kalau ada beberapa cara atau pendekatan yang bisa dilakukan untuk investasi saham? Investasi saham bisa Smart People lakukan secara personal alias semuanya dilakukan sendiri. Mempekerjakan expert di bidangnya untuk mendampingi Smart People, atau dengan memanfaatkan keberadaan robo-advisor untuk mengelola investasi saham sepenuhnya. 

Jika Smart People tergolong sebagai pemula dalam berinvestasi saham, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa expert atau robo-advisor dalam membantu Smart People mengelola investasi saham yang dilakukan. Nantinya, Smart Analyzer ARO dari RHB Tradesmart ID akan membantu Smart People untuk memberikan rekomendasi memilih BUY, SELL atau HOLD pada suatu saham.

Tentukan Seberapa Banyak Dana yang Akan Diinvestasikan 

Berinvestasilah setelah semua kebutuhan dasar bisa Smart People penuhi. Jika kebutuhan dasar sudah terpenuhi, Smart People bisa mulai menghitung dan menentukan seberapa banyak dana yang sekiranya bisa diinvestasikan di pasar saham. Baiknya, dana yang diinvestasikan ini adalah dana yang sama sekali tidak dibutuhkan dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. 

Dalam menentukan dana untuk diinvestasikan di pasar saham ini, ada baiknya Smart People mengetahui tipe dana yang sebaiknya tidak diusik untuk kepentingan investasi. Dana yang dimaksud seperti dana pensiun, dana sekolah anak, dana liburan untuk tahun depan, dana untuk membeli rumah, serta dana yang sepertinya akan digunakan dalam kurun waktu 5 tahun ini.  

Bikin Perbandingan Perusahaan Sekuritas 

Agar bisa memilih perusahaan sekuritas yang tepat untuk Smart People melakukan investasi saham nantinya, mulailah dengan membandingkan perusahaan-perusahaan sekuritas tersebut. Ada banyak aspek yang bisa dibandingkan, mulai dari biaya transaksinya hingga fitur-fitur yang dihadirkan oleh perusahaan sekuritas tersebut dalam mendukung aktivitas investasi saham pelanggannya. 

Memangnya, seberapa penting sih memilih perusahaan sekuritas yang tepat? Tentu saja begitu penting! Dengan memilih perusahaan sekuritas yang tepat, maka salah satu keuntungan yang bakal bisa Smart People dapatkan adalah imbal hasil yang lebih besar dibandingkan dengan memilih perusahaan sekuritas yang tidak all out dalam mendukung aktivitas investasi saham pelanggannya.  

Kumpulkan Sebanyak Mungkin Informasi Mengenai Saham Incaran 

Memilih saham yang akan dijadikan sebagai investasi sama halnya dengan mencari pasangan hidup. Smart People harus tahu dulu bibit, bebet, dan bobot dari saham tersebut. Jika sembarangan memilih saham atau hanya ikut-ikutan saja dalam memilih saham, bisa-bisa Smart People kecele dengan keputusan untuk berinvestasi di saham tersebut. 

Ada beberapa cara yang bisa Smart People lakukan untuk menentukan bagus atau tidaknya sebuah saham untuk dijadikan sebagai investasi. Saham yang berasal dari perusahaan yang jelas cara kerjanya untuk memperoleh keuntungan, high return, serta produk atau jasanya kompetitif, merupakan saham yang patut diperhitungkan untuk dijadikan sebagai aset investasi. 

Mengesampingkan Sisi Emosional 

Belajarlah untuk mengesampingkan sisi emosional saat investasi saham. Smart People harus ambil tindakan berdasarkan kondisi yang terjadi pasar saham, bukan karena ikut-ikutan orang atau rasa takut akan mengalami rugi dari investasi saham yang dilakukan. Logika lebih dikedepankan dalam menjalankan investasi saham, alih-alih mengambil tindakan secara emosional. 

Dukung Aktivitas Investasi Saham dengan RHB Tradesmart ID 

Sebagai seorang pemula, banyaknya ketakutan dalam memulai investasi di pasar saham merupakan hal yang wajar. Namun, jangan biarkan ketakutan tersebut menghambat langkah Smart People untuk bisa memperoleh imbal yang diharapkan dari investasi saham tersebut. Yuk wujudkan tujuan investasi saham Smart People dengan pakai aplikasi trading saham, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi untuk trading dan investasi saham yang sudah dilengkapi dengan fitur unggulan, salah satunya yaitu Smart Analyzer yang juga disebut ARO (Assisted Robo Optimization). Fitur satu ini akan membantu Smart People yang masih pemula dalam menganalisa saham incaran di pasar saham, sehingga bakal lebih mudah mengambil keputusan. 

RHB Tradesmart ID juga memungkinkan Smart People untuk memulai investasi dengan nominal dana yang terjangkau, yakni Rp100.000 saja. Dengan begini, Smart People tidak perlu harus menunggu uang banyak terkumpul dulu untuk bisa memulai investasi saham. Yuk wujudkan imbal impian dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. 

Sebelum memulai investasi saham, yuk persiapkan diri Smart People sebaik mungkin. Mulai dari periode investasi hingga jenis saham yang akan dipilih sudah harus diperhitungkan mulai dari sekarang. Nah, agar bisa merasa lebih mudah dalam menjalankan investasi saham nantinya, Smart People bisa gunakan aplikasi trading saham, RHB Tradesmart ID dengan segala fitur unggulannya. 

Yuk mulai petualangan Smart People di pasar saham dengan menggunakan aplikasi trading saham online, RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh RHB Tradesmart ID untuk merasakan kemudahan dalam trading dan investasi saham nantinya. 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal