<< Back

Investasi Saham Online, Butuh atau Sekadar Ikut Tren? Simak Penjelasannya!

Investasi Online

Saat ini kesadaran masyarakat untuk melakukan investasi saham sudah semakin tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti peran influencer di media sosial juga banyaknya platform investasi saham online yang bermunculan. Tapi, apakah investasi ini merupakan bentuk kesadaran masyarakat akan kebutuhannya atau hanya sebuah tren semata?

Popularitas Investasi Online

Di zaman digital yang serba canggih seperti sekarang ini, investasi tambah mudah untuk dilakukan. Smart People pasti tahu kalau sekarang investasi bisa dilakukan secara online. Ada banyak platform yang mendukung Smart People untuk melakukan investasi, khususnya dalam bentuk instrumen saham, secara online. Jadi, memang jauh lebih fleksibel dan praktis. 

Hal ini membuat popularitas investasi online tersebut meningkat. Banyak orang tertarik untuk mencoba berinvestasi. Apalagi banyak juga influencer investasi yang bermunculan di media sosial dan mengajak followers-nya untuk mulai investasi. Ditambah lagi banyaknya informasi yang menunjukkan bahwa investasi saham ini mendatangkan imbal hasil yang besar. 

Tidak bisa dipungkiri kalau media sosial dan media digital di zaman sekarang ini mendorong banyak orang untuk berinvestasi. Ditambah lagi fasilitasnya memang mudah untuk dijangkau. Jadi, seolah-olah memang tidak ada alasan untuk tidak memulai investasi sekarang juga. 

Namun seiring dengan tingginya popularitas investasi online, muncul juga satu pertanyaan. Apakah orang-orang melakukan investasi ini karena memang butuh atau hanya demi mengikuti tren? 

Pentingnya Investasi

Supaya jelas, antara ikut tren atau memang benar-benar butuh, penting sekali untuk memahami dulu manfaat dari investasi itu sendiri. Investasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan imbal hasil dari instrumen yang dimiliki. Salah satu jenis instrumen investasi yang sangat populer dan menawarkan imbal hasil cukup besar adalah saham. 

Investasi ini berbeda dengan menabung secara konvensional. Investasi merupakan strategi untuk membuat uang bekerja dan menghasilkan uang yang jauh lebih banyak. Bisa dikatakan bahwa investasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengelola keuangan agar tidak habis begitu saja. Tujuannya adalah untuk mendapatkan stabilitas finansial yang lebih baik di masa depan. 

Dari sini bisa dipahami bahwa investasi itu sebenarnya kebutuhan pribadi kita sebagai manusia. Smart People pasti tahu betul bahwa dalam hidup ini kita pasti butuh uang. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang namun juga di masa yang akan datang. Apalagi kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kehidupan ini. Bisa saja tiba-tiba ada pengeluaran besar yang harus kita tanggung. 

Jelas bahwa investasi adalah sebuah langkah penting yang akan membantu kita lebih siap dari segi finansial. Investasi adalah kebutuhan kita sendiri, bukan hanya sekadar tren semata yang harus diikuti. Meskipun memang benar bahwa sekarang kita lebih dipermudah karena investasi saham semakin populer dan tambah fleksibel dilakukan. 

Jangan Sembarang Ikut Tren

Salah satu prinsip dalam melakukan investasi saham online adalah jangan mudah ikut tren atau sembarangan mengikuti apa yang sedang happening di kalangan masyarakat. Apalagi ini berurusan dengan uang atau investasi. Sebaiknya jangan hanya sekadar ikut-ikutan orang lain. 

Tidak masalah jika ingin mengambil referensi mengenai investasi dari influencer di media sosial. Ambil saja ilmu-ilmu penting dan teknik investasi yang memang sifatnya universal dan bisa Smart People terapkan. Namun, jangan pernah meniru langkah investasi mereka hanya karena ingin mengikuti tren. 

Keputusan investasi ini seharusnya bersifat sangat pribadi. Apapun langkah investasi yang Smart People ambil, harus berdasarkan pertimbangan matang dan sesuai profil risiko sendiri. Tidak ada campur tangan pihak lain apalagi keinginan untuk mengikuti tren semata. Jika hanya fokus mengikuti tren, maka investasi ini tidak akan bisa memberi banyak manfaat. 

Jadi, bagaimana jika diri sendiri belum siap berinvestasi? Maka belajarlah terlebih dahulu. Jangan terburu-buru investasi hanya karena tidak ingin ketinggalan zaman. Pelajari dulu seperti apa konsep investasi, khususnya di instrumen saham. Cari tahu bagaimana cara mengoptimalkan imbal hasilnya dan pelajari juga langkah manajemen risiko yang tepat. 

Dana yang kita investasikan nanti akan kembali lagi kepada kita. Begitu juga dengan kerugian, jika investasi tersebut merugi maka kita sendiri yang akan menanggungnya. Jadi tidak perlu ikut tren atau ikut-ikut siapapun itu. Fokus saja pada tujuan investasi diri sendiri, kenali profil risiko diri sendiri, dan lakukan analisis sesuai wawasan yang sudah Smart People dapatkan. 

Kenapa RHB Tradesmart ID?

Setelah paham betul bahwa investasi saham online itu merupakan kebutuhan dan bukan hanya sebuah tren, Smart People bisa memulainya sekarang juga. Tidak perlu bingung, pilih RHB Tradesmart ID sebagai platform investasi yang tepat. Platform ini menghadirkan fitur canggih yang akan mempermudah proses investasi sekaligus trading untuk mendapat imbal hasil. 

Salah satu fitur yang dihadirkan adalah ARO atau Assisted Robo Optimization. Fitur ini berfungsi menunjukkan analisis kondisi market secara real time. Hasil analisisnya cukup akurat untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan langkah investasi atau jual beli. Cara pemakaiannya pun mudah dan menariknya lagi RHB Tradesmart ID juga tidak memberlakukan potongan biaya yang besar. 

Smart People bisa menggunakan aplikasi investasi saham online ini sekarang juga. Semakin dini memulai maka akan semakin cepat juga tujuan investasi terpenuhi.  Langsung saja unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan nikmati beragam fitur yang akan diberikan. Aplikasi ini akan membantu Smart People mencapai tujuan investasi secara efektif dan terdaftar di OJK. 

Sumber:

Farley, Alan. (2022, September 28). Why Should I Consider Investing? Diakses pada tanggal 9 November 2022 melalui https://www.investopedia.com/ask/answers/why-should-i-invest/.

Zanzalari, Danielle. (2022, Juni 25). Why Is Investing Important? Diakses pada tanggal 9 November 2022 melalui https://www.thebalancemoney.com/why-is-investing-important-5222360.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal