<< Back

Inovasi Perusahaan: Blunder atau Booster untuk Sahamnya?

Inovasi perusahaan mungkin perlu dilakukan oleh pihak manajemen sebagai salah satu strategi menghadapi tantangan di masa depan. Namun, inovasi ini tidak sebatas membuat sesuatu yang baru untuk bisnis.

Perusahaan juga perlu mengukur bagaimana perubahan yang dilakukan akan memberikan dampak bagi imbal hasil perusahaan termasuk pergerakan sahamnya. Berikut ulasan mengenai inovasi bisnis dan kaitannya dengan harga dan potensi imbal hasil saham.

Mengenal Inovasi Perusahaan

Inovasi korporasi atau perusahaan adalah strategi yang dilakukan dengan mencari dan menerima ide-ide baru yang berpeluang memberikan imbal hasil bagi perusahaan dalam jangka panjang. Prose ini bisa berupa ide yang benar-benar baru maupun melibatkan ide baru dengan proses yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik.

Dalam menciptakan inovasi bisnis, perusahaan sangat memerlukan tim penelitian dan pengembangan yang kompeten. Tim ini harus memiliki kemampuan dalam menganalisis masalah-masalah yang ada dan menemukan solusi untuk permasalahan tersebut.

Sebagai contoh, saat masyarakat kesusahan untuk menemukan ojek di luar pangkalan, bisnis ojek online muncul menjadi solusinya. Inovasi dalam perusahaan tidak selalu harus muncul dengan produk atau bisnis baru, tetapi sesuatu yang lebih baik dari yang sudah ada.

Inovasi korporasi bisa berupa inovasi terbuka dan inovasi tertutup. Model inovasi tertutup mengandalkan kecerdikan karyawan perusahaan untuk meningkatkan pasar, pelanggan, kualitas produk atau layanan, dan kompetisi.

Sedangkan inovasi terbuka dilakukan dengan melibatkan pihak di luar perusahaan. Contoh inovasi terbuka adalah melalui investasi dan akuisisi.

Kenapa Inovasi Perusahaan Penting Dilakukan 

Perusahaan yang berinovasi memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa sukses dan sahamnya naik. Adapun alasan mengapa inovasi korporasi ini penting dilakukan, karena beberapa hal berikut.

1. Persaingan yang Semakin Ketat

Salah satu alasan perusahaan perlu melakukan inovasi adalah adanya persaingan bisnis yang ketat. Perusahaan akan berlomba-lomba untuk menghadirkan produk atau layanan yang lebih baik dari kompetitornya.

Bisnis yang tidak melakukan inovasi akan tertinggal dan sangat mungkin kehilangan pelanggannya. Tentu, inovasi bisnis ini perlu dilakukan dengan memperhitungkan target market dan kompetitor. Smart People membutuhkan inovasi yang bisa jadi ciri khas dari bisnis atau produk yang dipasarkan.

2. Kebutuhan Konsumen yang Berbeda

Bukan hanya tingkat persaingan yang meningkat, kebutuhan konsumen juga bisa berubah dari waktu ke waktu. Hal ini yang menjadi alasan pentingnya inovasi perusahaan untuk bisnis dalam jangka panjang.

Misalnya, perusahaan melakukan digitalisasi atas bisnisnya demi mengikuti tren masyarakat yang banyak menggunakan layanan online. Hampir setiap lini bisnis perlu melakukan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi jika tidak ingin ketinggalan zaman.

Namun, perusahaan harus pintar dalam menciptakan inovasi yang benar-benar dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Jangan sampai, perubahan yang Smart People ciptakan justru membuat lebih ribet atau pelanggan malas menggunakan produk Smart People.

3. Kebutuhan Bisnis Jangka Panjang

Alasan lain perlu inovasi bisnis adalah untuk kebutuhan jangka panjang. Inovasi bisnis dapat membantu perusahaan dalam menjaga tingkat kesadaran brand atau brand awareness. Dengan inovasi yang tepat, perusahaan dapat menunjukkan eksistensi bisnis untuk kedepannya.

Cara Mengenali Bagaimana Dampak Inovasi Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Saham Perusahaan

Inovasi kerap kali memberikan perubahan yang lebih baik. Namun dari sudut pandang investasi, inovasi bisa memberikan dampak positif maupun negatif terhadap imbal hasil yang bisa diperoleh.

Lantas, bagaimana cara investor mengetahui inovasi yang dilakukan perusahaan akan berdampak positif atau negatif bagi saham?

Bisa dikatakan bahwa pengaruh inovasi terhadap pertumbuhan saham ini masih belum jelas. Ada risiko kegagalan proyek inovatif yang bisa membuat kinerja perusahaan justru merosot. Perusahaan yang berpotensi merugi ini biasanya dihindari oleh investor.

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan 

Inovasi yang dilakukan perusahaan, baik itu pada produk, pemasaran, maupun layanan, dapat memberikan dampak pada pertumbuhan saham. Jika inovasi yang dilakukan menghasilkan respon yang bagus, saham perusahaan juga ikut naik.

Sebaliknya, inovasi yang justru memberikan dampak negatif terhadap kinerja bisnis akan membuat saham ikut merosot. Terkait dampak inovasi korporasi tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum Smart People berinvestasi.

1. Fluktuasi saham dan volatilitas pasar

Perusahaan inovatif atau perusahaan yang berfokus pada inovasi biasanya mengalami fluktuasi harga saham yang cukup signifikan. Oleh sebab itu, penting bagi investor untuk lebih cermat dalam menentukan strategi yang dapat mengatasi fluktuasi dan volatilitas saham yang tinggi.

2. Perubahan Regulasi

Meski ada kemungkinan inovasi korporasi dapat mendatangkan imbal hasil bisnis yang lebih baik. Namun, Smart People juga harus berhati-hati karena bisa saja ada perubahan regulasi atau kebijakan pemerintah yang berdampak pada harga saham terkait.

3. Risiko Kegagalan Proyek Inovatif

Perusahaan memang seharusnya melakukan riset dan analisis mendalam sebelum meluncurkan suatu proyek inovatif. Investor juga harus cerdas dan memahami bahwa kegagalan merupakan bagian dari proses inovasi.

Selalu ada kemungkinan proyek inovatif tidak berhasil. Hal ini perlu diwaspadai dengan investor melakukan diversifikasi portofolio sehingga tidak hanya tergantung pada satu proyek atau satu saham saja.

Itulah ulasan mengenai inovasi pada perusahaan yang pada dasarnya mutlak dilakukan untuk keberlangsungan bisnis. Menjadi tugas bagi para investor di perusahaan tersebut untuk mempelajari bagaimana dampak yang mungkin terjadi pada pertumbuhan saham setelah proyek inovasi diluncurkan.

Bagi investor yang baru belajar investasi saham, mungkin lebih baik memilih saham-saham yang aman seperti Blue Chip. Smart People bisa membelinya di aplikasi sekuritas seperti RHB Tradesmart ID. Yuk, segera download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store.

Referensi:

Andrian. “Inovasi Bisnis: Menuju Perusahaan Maju”. Zekadigital.com

Anthony Corbo. 2022. “Corporate Innovation, What Is Corporate Innovation and Why It Matters”. Builtin.com

Uma. 2023. “Tantangan dan Risiko dalam Investasi Inovatif”. Uma.ac.id

Larry Swedroe. 2012. “How Innovation Affects Stock Prices and Returns”. Cbsnews.com

 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal