<< Back

Inilah Rahasia Financial Planning yang Sukses!

Financial Planning

Banyak millennial yang memilih investasi saham online sebagai salah satu cara cerdas mengelola finansial. Bagi para generasi milenial memang dituntut cerdas untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Cerdas tidak hanya soal mendapatkan nilai akademis tinggi atau dapat pekerjaan kantoran dengan gaji puluhan juta. Milenial juga harus cerdas dalam mengelola keuangan atau financial planning.

Pentingnya Financial Planning bagi Para Millennial

Belajar financial planning sangat penting bagi para millennial. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan belajar financial planning.

  • Mengoptimalkan pendapatan

Perencanaan keuangan sangat penting agar dapat mengoptimalkan pendapatan atau penghasilan yang dimiliki. Beberapa orang yang penghasilannya cukup besar tetapi kondisi ekonominya begitu-begitu saja disebabkan karena tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik.

  • Pengelolaan keuangan yang lebih baik

Buat yang malas menabung, sebaiknya mulai belajar financial planning dan rasakan manfaatnya. Dengan belajar financial planning, Smart People dapat belajar mengatur agar pengeluaran sebanding dengan pemasukan.

  • Tidak cemas di masa yang akan datang

Financial planning penting bagi milenial agar keuangannya dapat terkelola dengan lebih optimal. Perencanaan tersebut akan membuat Smart People lebih tenang tanpa terlalu cemas akan kondisi keuangan di masa depan.

  • Memudahkan rencana berinvestasi

Smart People berencana untuk investasi saham online? Membuat financial planning akan membantu Smart People untuk lebih mudah dalam mewujudkan rencana investasi. Dengan mengatur keuangan, seseorang dapat mengalokasikan sebagian penghasilannya untuk investasi yang lebih terukur dan terarah.

Tips Financial Planning yang Baik untuk Generasi Milenial

Bagaimana memulai financial planning? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan di dalam benak para milenial. Mengelola keuangan dapat dilakukan dengan banyak cara yang bisa diaplikasikan. Berikut ini beberapa tips financial planning yang baik untuk milenial.

  1. Membuat daftar tujuan yang ingin dicapai

Smart People dapat memulai dengan membuat daftar tujuan yang ingin dicapai, untuk jangka waktu dekat, menengah, dan jangka panjang. Susun tujuan secara spesifik dan terukur sehingga lebih mudah nantinya bagi Smart People dalam mengatur keuangan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. Mengatur anggaran

Selanjutnya Smart People dapat membuat cash flow management atau mengelola keuangan berdasarkan penghasilan dan pengeluaran. Buat daftar penghasilan Smart People dan pengeluaran atau pos biaya.

Bedakan pengeluaran menjadi kewajiban, kebutuhan, dan keinginan. Kewajiban seperti angsuran atau cicilan, lalu kebutuhan sehari-hari, dan keinginan pribadi di luar kebutuhan.

Susun tujuan keuangan seperti membaginya dengan alokasi 60% untuk biaya hidup dan cicilan, 10% untuk gaya hidup, 10% untuk investasi, 5% untuk tabungan, 5% untuk dana darurat, 5% untuk asuransi, 5% untuk zakat dan amal.

Dengan membuat perencanaan keuangan seperti ini, Smart People dapat lebih terkontrol dalam menggunakan uang. Smart People bisa merinci mana yang menjadi kebutuhan, mana yang bisa ditunda dulu, dan seterusnya.

  1. Rencanakan setiap pengeluaran

Uang yang Smart People hasilkan memang boleh dibelanjakan untuk apa saja yang diinginkan. Namun, bijaklah dalam membuat pengeluaran terlebih untuk belanja-belanja yang tidak terlalu dibutuhkan atau hanya untuk kesenangan sesaat.

Rencanakan setiap pos pengeluaran atau biaya dengan rinci. Tentukan prioritas dan boleh belanja asalkan sesuai dengan kemampuan.

Bagi milenial yang sudah memiliki penghasilan dan termasuk kena pajak, hitung juga pengaruh pajak terhadap kondisi finansial. Ketahui aturan pajak terbaru yang berhubungan dengan penghasilan Smart People agar dapat menentukan bagaimana cara mengatur keuangan yang lebih baik.

Investasi leher ke atas lewat RHB Smart Talk bersama tim riset RHB Sekuritas setiap hari. 

  1. Rencana investasi

Bagi kaum milenial juga penting untuk membuat investment planning atau rencana investasi. Ini perlu dilakukan agar Smart People dapat berinvestasi sesuai dengan profil dan kondisi keuangan.

Buat investment planning seperti kapan mulai investasi, jenis investasi yang akan dipilih, jumlah investasi, jangka waktu investasi, dan lain sebagainya. Buat dengan rinci daftar rencana investasi yang ingin Smart People lakukan.

Lebih baik lagi jika Smart People dapat memisahkan rekening khusus untuk investasi. Ini dapat menjadi solusi agar tidak kebablasan investasi dengan mengambil dana dari pos lain. Smart People wajib membuat alokasi yang memang dikhususkan untuk dana investasi. 

  1. Retirement planning

Bukan hanya usia mendekati pensiun saja yang perlu menyiapkan retirement planning. Kaum millennial juga harus cerdas dalam menyiapkan dana pensiun untuk masa tua yang lebih sejahtera. Pemilihan dana pensiun yang tepat untuk keluarga.

Itulah beberapa hal mengenai financial planning yang penting bagi milenial. Pastikan Smart People memakai financial planner sebelum memutuskan investasi atau membuat pengeluaran lainnya. Generasi milenial yang sedang di masa produktif bisa memulai Investasi saham online dan menabung untuk menyiapkan masa tua nanti.

Tertarik untuk mulai investasi? Aplikasi RHB Tradesmart hadir bagi yang ingin belajar investasi maupun trading saham. Ada promo menarik yaitu Smart Rate dari RHB yang memberikan bunga margin rendah, 0,025% per hari. Ada juga promo Smart Fee yaitu biaya trading yang lebih murah, hanya 0,08% untuk beli dan 0,18% untuk jual.

Kabar baiknya, promo Smart Rate dan Smart Fee dari RHB ini diperpanjang hingga Juni 2023. Jadi, segera download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store untuk menggunakan promo tersebut.

Source:

Anastasia Anjani. 2021. “Tips Mengelola Keuangan untuk Milenial, Mulai dari Mana?”. Detik.com.

Telkomsel. “Apa Itu Financial Planning? Manfaat, Tujuan dan Macamnya”. Telkomsel.com.

Kamila Sayara Avicena. 2022. “Tips Menyusun Financial Planning bagi Generasi Millennial. IDN Times.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal