<< Back

Inilah Mengapa Literasi Keuangan Adalah Kunci Bagi Para Trader Saham

Literasi Keuangan

Belakangan ini, dugaan kasus penipuan trading dan investasi saham online bodong seringkali mencuat dan menimbulkan keresahan tersendiri di berbagai kalangan masyarakat. Akan tetapi, hal tersebut ternyata juga ditengarai oleh minimnya literasi keuangan banyak pihak yang tidak aware dengan kegiatan investasi dan trading itu sendiri.

Manfaat Literasi Keuangan Secara Umum

Menurut data OJK pada tahun 2019 melalui Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan, tercatat sekitar 38% masyarakat Indonesia sudah melek literasi keuangan. Temuan ini juga diiringi dengan capaian 76% pada Indeks Inklusi Keuangan Indonesia.

Meskipun terbilang sudah cukup baik dibandingkan survey beberapa tahun sebelumnya, namun hasil survey menunjukkan jika adanya ketimpangan yang jauh antara pengguna produk dari lembaga dan layanan jasa keuangan dibandingkan dengan jumlah masyarakat yang paham mengenai literasi keuangan tersebut.

Artinya, masyarakat kita banyak yang sudah mempunyai akses dan produk keuangan, namun hanya terbilang asal punya. Mereka belum memahami manfaat dan risikonya sehingga ujungnya membuat mereka malah merasa dirugikan. Padahal, literasi keuangan sejatinya memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan kita lho, Smart People seperti:

  • Memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan. Kita tidak hanya sekadar punya, namun juga tahu seperti apa produk yang dimiliki, apa kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana menghadapi risiko yang bisa saja terjadi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan keuangan. Di tengah berbagai kebutuhan yang semakin meningkat, literasi keuangan juga menjadi salah satu cara untuk dapat merencanakan pengelolaan keuangan dengan lebih baik.
  • Terhindar dari aktivitas investasi yang tidak jelas. Saat ini sudah banyak lho instrumen trading dan investasi saham online yang ternyata tidak jelas ujungnya. Jika kita tidak memiliki pemahaman dan literasi keuangan yang baik, tentu saja aktivitas tersebut akan menjadi bumerang yang merugikan kita.

Literasi Keuangan bagi Trader

Pemahaman dan literasi keuangan sudah seharusnya semakin meningkat seiring dengan tingginya minat masyarakat dalam melakukan investasi dan trading saham. Penguasaan literasi keuangan terbilang cukup urgent, terutama di kalangan para trader. Berikut beberapa alasannya.

1. Memberikan pemahaman hasil sesuai profil risiko

Sebagai seorang calon investor dan trader yang handal, literasi keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk selalu dipahami. Apalagi, ada banyak istilah yang perlu diketahui, salah satunya seperti profil risiko.

Profil risiko ini menjadi salah satu poin penting untuk mengetahui produk investasi seperti apa yang sebaiknya dipilih, saham mana saja yang bisa diperjualbelikan, dan hal-hal lainnya. Dengan mengetahui hal tersebut, Smart People juga bisa lebih paham bagaimana menghadapi risiko yang dapat terjadi.

2. Mampu melakukan analisis saham dengan lancar

Smart People yang sedang belajar saham pemula tentunya mengetahui jika trading saham memerlukan suatu analisis yang cukup mendalam, terutama analisis teknikal. Dengan analisis ini, kita akan mengamati berbagai pola dan data yang berkaitan dengan pasar, harga saham, hingga volume transaksi.

Tanpa adanya literasi keuangan yang mumpuni, tentu kita akan kesulitan memahami itu semua. Pasalnya, Smart People membutuhkan semua indikator pada analisis teknikal tersebut ketika akan melakukan pembelian saham.

3. Membantu pemilihan strategi dan keputusan trading

Dalam suatu aktivitas trading saham, strategi dan keputusan yang tepat tentu saja akan mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, salah satunya seperti pembelian atau penjualan saham yang akan dilakukan. Ketika strategi yang diterapkan kurang tepat, tentu saja akan menimbulkan risiko bahkan kerugian yang cukup besar.

Oleh karena itu, dengan literasi keuangan yang baik sudah pasti akan membantu Smart People dalam memilih strategi dan keputusan keuangan yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan strategi ini juga dapat menjaga kondisi trading yang dilakukan tetap stabil dan terjaga.

Pemahaman keuangan yang mumpuni juga akan membuat para trader lebih bertanggung jawab dengan keputusan yang diambil. Dengan demikian, para trader maupun investor yang sedang belajar investasi saham pun juga akan terbantu dalam mengatasi berbagai risiko yang mungkin saja terjadi.

Mengasah Literasi Keuangan dengan Smart Rate RHB

Salah satu hal yang menunjukkan peningkatan pengetahuan keuangan bagi para trader yakni dapat memilih aplikasi trading yang stabil, lancar digunakan, serta memberikan banyak fitur guna mendukung aktivitas trading menjadi lebih baik tanpa khawatir terjadi lag atau freeze ketika trading berlangsung. Smart People wajib memilih RHB Tradesmart ID yang mempunyai berbagai kelebihan tersebut.

Bagaimana tidak, saat ini sudah ada berbagai fitur menarik yang disediakan oleh RHB, salah satunya Smart Rate. Fitur ini memungkinkan kita sebagai investor maupun trader dapat menjalankan investasi dan trading dengan biaya yang jauh lebih terjangkau.

Dengan adanya fitur ini, bunga margin yang pada umumnya adalah 15-18% per-tahunnya, menjadi 9% saja! Dengan bunga serendah itu, artinya investor hanya perlu membayar bunga limit margin sebesar 0,75% saja per-bulan lho! Jadi, tunggu apa lagi. Segera download aplikasi investasi saham online dan trading RHB Tradesmart ID melalui Play Store ataupun App Store. Selamat meningkatkan literasi keuangan bersama RHB Tradesmart ID! Bagi yang ingin mencari tahu tentang waran terstruktur, Anda bisa mengunjungi laman RHB Waran Terstruktur.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal