<< Back

Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Screening Saham!

Dewasa ini, trading dan investasi saham semakin digemari banyak orang. Ada banyak pilihan saham yang bisa dipilih untuk mendapat imbal hasil yang memuaskan, bahkan saat ini juga sudah banyak aplikasi investasi yang dapat diakses secara mudah.

Untuk mendukung berbagai hasil yang ingin didapatkan, tentunya diperlukan strategi yang matang. Oleh karenanya, Smart People yang sedang belajar trading saham perlu menerapkan strategi salah satunya screening saham.

Pengertian Screening Saham

Tidak dapat dipungkiri jika investasi saham memang dapat memberikan begitu banyak imbal hasil di masa mendatang. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah saham, ada baiknya jika Smart People melakukan sedikit riset mengenai saham incaran tersebut.

Sayangnya, para investor atau trader yang masih pemula seringkali kesulitan untuk mengidentifikasi dan memilih saham yang cocok. Padahal, saham yang tepat akan sangat mendukung banyaknya imbal hasil yang akan didapatkan nantinya.

Screening saham sejatinya adalah sebuah teknik mem-filter saham berdasarkan sejumlah kriteria yang sesuai dengan keinginan para trader atau investor. Pemilihan saham mana saja yang akan digunakan bertransaksi tentu membutuhkan waktu yang cukup banyak sehingga screening saham sering kali dilakukan.

Tentunya, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang mampu melakukan screening saham dengan tepat. Bahkan jika kesulitan, ada juga berbagai cara mudah untuk menjalankan filter tersebut.

Apa Sih Manfaat Screening Saham?

Melakukan screening saham adalah hal yang penting bagi seorang yang sedang belajar trading saham bagaimana berinvestasi ataupun trading saham. Dalam melakukan screening saham, tentunya ada berbagai manfaat yang bisa Smart People dapatkan seperti berikut.

1.   Mendapatkan saham berkualitas

Tahukah Smart People kalau screening saham adalah salah satu bagian dari analisis saham lanjutan? Oleh karenanya, melakukan screening saham adalah hal yang sangat penting dilakukan.

Apabila Smart People tidak melakukan screening saham, sudah pasti tidak akan mengetahui saham yang akan dipilih apakah mempunyai kualitas yang bagus dan layak untuk aktivitas trading dan investasi yang dilakukan.

2.   Imbal hasil yang konsisten

Manfaat lain yang bisa didapatkan jika Smart People mengetahui cara memilih saham yang tepat, imbal hasil yang didapatkan tentu akan lebih konsisten alias tidak jauh berbeda antara satu periode ke periode lainnya.

Tentu saja hal ini tidak terlepas dari keberhasilan strategi yang Smart People lakukan sehingga sudah tahu saham mana saja yang dapat memberikan imbal hasil lebih dan saham mana saja yang sekiranya harus dihindari. Apalagi jika saham yang dipilih adalah yang memang punya prospek bagus dalam jangka waktu yang panjang.

3.   Memantau investasi yang sedang berjalan

Smart People yang mampu melakukan screening saham secara tepat juga akan dapat memantau dari investasi yang tengah dijalankan, mana saja yang bisa memberikan hasil terbaik dan mana yang tidak. Tentunya ini akan menjadi salah satu cara mendapatkan hasil yang diharapkan selama ini.

Adapun saham-saham yang memang telah dipilih sebelumnya tentu akan menjadi prioritas masing-masing dalam berinvestasi atau melakukan trading. Dengan begitu, Smart People akan bisa mempersempit target saham yang akan digunakan nantinya.

Cara Melakukan Screening Saham

Realitanya, tidak semua trader atau investor dapat melakukan analisa dan filter saham secara sempurna. Padahal, ada beberapa cara yang bisa digunakan, yakni sebagai berikut.

1.   Dengan cara manual

Cara yang manual ternyata cukup sering dipilih banyak investor dan trader, bahkan yang masih belajar trading saham demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Apalagi mereka akan sangat menghindari berbagai risiko yang tidak diinginkan dan mungkin saja terjadi.

Adapun cara manual yang dimaksud adalah dengan melihat saham-saham mana saja yang menjadi incaran, kemudian perhatikan kembali masing-masing pergerakannya. Atau Smart People juga dapat melihat berbagai update dari setiap saham yang telah dipilih acak.

Jika menggunakan cara manual, Smart People bisa belajar untuk menganalisa pergerakan saham sehingga bisa tahu saham mana saja yang harus dipilih untuk diinvestasikan atau ditradingkan, dan mana saja saham yang harus dihindari.

2.   Dengan analisa teknikal

Adapun analisa teknikal yang dilakukan sejatinya adalah dengan menggunakan software atau aplikasi khusus. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalankan screening dan pemilihan saham seperti ini.

Sayangnya, tidak jarang hasil yang didapatkan kurang cocok dengan apa yang menjadi keinginan Smart People. Bahkan menurut beberapa trader atau investor senior, analisa seperti ini malah lebih cocok untuk para investor atau trader pemula hingga jangka menengah.

Pada saat sudah mendapatkan saham yang terbaik, tentunya Smart People perlu memprioritaskan saham yang terpilih. Oleh karenanya, Smart People cukup memikirkan saham yang sudah dipilih dan tidak perlu melihat saham lain yang punya risiko jauh lebih tinggi.

Nah, untuk Smart People yang sedang belajar trading saham dan ingin mencoba screening saham secara lebih baik, ada aplikasi khusus dari RHBTRADESMARTID yang bisa digunakan dengan berbagai fitur yang menarik. Yuk segera download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahannya!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal