<< Back

Ini Pentingnya Mempelajari Literasi Investasi Dulu Sebelum Mulai!

Literasi Investasi

Tertarik untuk mulai berinvestasi? Jika iya, maka Smart People perlu belajar lebih dahulu mengenai dunia investasi lewat literasi investasi. Banyak hal yang memang perlu dipahami jika ingin mulai berinvestasi apalagi bagi para pemula. Wawasan ini akan membantu Smart People untuk lebih siap lagi dalam mengelola dana investasi dan siap menghadapi segala jenis risiko yang mungkin akan terjadi. 

Pengertian & Literasi Investasi

Mari mulai dulu dengan memahami apa sebenarnya investasi itu. Investasi adalah sebuah tindakan penanaman modal baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dana yang digunakan sebagai modal akan diletakkan pada instrumen-instrumen investasi yang beragam. Mulai dari saham, surat berharga, reksadana, emas, dan masih banyak lagi. 

Investasi juga dikenal sebagai upaya untuk menabung dan menyimpan dana darurat. Tidak sepenuhnya salah namun sebenarnya investasi lebih dari sekadar menabung. Jika dalam tabungan uang yang disimpan tidak akan bertumbuh atau jumlahnya tetap, maka lain halnya dengan investasi. 

Uang atau modal yang sudah disisihkan ke aset investasi akan terus bertumbuh. Pertumbuhan inilah yang dikenal sebagai imbal hasil investasi. Hasil ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal sesuai tujuan investasi dari investor itu sendiri. 

Manfaat Literasi Investasi

Sebenarnya apa yang bisa orang dapatkan dari berinvestasi? Ternyata investasi itu bisa memberikan banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat investasi yang penting untuk diketahui:

  1. Sumber Passive Income

Investasi akan menjadi sumber passive income yang cukup menjanjikan. Apalagi jika Smart People bisa meletakkan modal di aset-aset yang tepat. Hasil investasi akan terus datang tanpa harus melakukan apapun. Ini bisa menjadi passive income dan meningkatkan jumlah pemasukan Smart People di samping pemasukan utama. 

Banyak orang memilih untuk menekuni kerja sampingan supaya bisa mendapat lebih banyak pemasukan. Mengapa tidak membiarkan uang bekerja saja? Lewat berinvestasi, Smart People sudah berusaha membiarkan uang bekerja dan menghasilkan imbal hasil yang lebih besar. 

  1. Mempermudah Mencapai Tujuan Finansial

Investasi juga mempermudah Smart People untuk mencapai tujuan finansial. Dalam hidup ini semua orang pasti punya tujuan finansial baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Investasi menjadi jalan yang bisa diambil untuk mencapai semua tujuan finansial tersebut. 

  1. Persiapan Masa Pensiun

Siapa tidak ingin merasa damai setelah masa pensiun tiba? Sepertinya semua orang ingin menikmati hal tersebut. Hal ini bisa diwujudkan dengan berinvestasi. Mulailah investasi sekarang juga dan persiapkan dana pensiun dengan sebaik mungkin. Nantinya dana pensiun ini akan membantu Smart People lebih merasa tenang soal finansial dan kebutuhan hidup bisa tercukupi meskipun tidak bekerja. 

  1. Memberi Kemerdekaan Finansial

Investasi akan memberikan kemerdekaan finansial bagi Smart People. Hal ini terjadi jika Smart People meletakkan modal di instrumen yang tepat dan mendapat imbal hasil yang memuaskan. Di waktu yang tepat, Smart People akan merasakan semua tujuan finansial terpenuhi dan tidak perlu pusing lagi soal uang. 

  1. Melindungi Aset dari Inflasi

Manfaat lain dari investasi adalah melindungi aset yang Smart People miliki dari inflasi. Bayangkan saja jika Smart People hanya menyimpan uang di rekening bank. Tanpa disadari nilai uang tersebut bisa saja terus berkurang karena adanya inflasi. Lebih baik simpan dalam bentuk instrumen investasi dan rasakan uang tersebut berputar menghasilkan uang yang lain. 

5 Hal yang Harus Diperhatikan

Ternyata investasi memang sangat penting untuk dilakukan dan bisa membawa banyak manfaat. Supaya tidak salah langkah dalam berinvestasi maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Mari simak satu per satu apa saja hal penting tersebut. 

  1. Tujuan Investasi

Pertama-tama perhatikan tujuan investasi masing-masing. Jika tujuan investasinya jelas maka Smart People bisa lebih mudah menentukan jumlah modal juga instrumen yang akan dipilih. Tujuan investasi ini juga akan membantu Smart People lebih fokus dalam mengelola investasi. 

  1. Profil Risiko

Selanjutnya pertimbangkan profil risiko. Setiap orang punya profil risiko yang berbeda-beda. Pilihlah jenis investasi yang paling cocok dengan profil risiko sendiri. Jika profil risikonya rendah maka pilih instrumen dengan risiko yang sesuai. 

  1. Instrumen yang Dipakai

Hal berikutnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah instrumen investasi. Pelajari baik-baik setiap jenis instrumen investasi lalu pilih mana yang paling tepat. Pilih instrumen investasi yang bisa membantu Smart People mencapai tujuan dan sesuai dengan profil risiko. 

  1. Jangka Waktu Investasi

Perhatikan juga jangka waktu investasi yang akan diambil. Apakah Smart People ingin melakukan investasi jangka pendek atau jangka panjang. Nantinya ini akan berpengaruh pada jenis instrumen yang bisa dipakai. 

  1. Aplikasi yang Dipilih

Jangan lupa, perhatikan jenis aplikasi investasi yang akan digunakan. Pastikan aplikasinya aman dan sudah terdaftar OJK. Pilih juga jenis aplikasi yang benar-benar memiliki fitur lengkap dan mudah atau praktis untuk digunakan. 

Kenapa sih Harus RHB Tradesmart? 

Jika Smart People tertarik untuk mulai berinvestasi di instrumen saham, maka jangan ragu untuk menggunakan aplikasi RHB Tradesmart. Aplikasi ini menawarkan kemudahan investasi yang bisa dijangkau dari mana saja secara fleksibel. Bisa dimulai dengan modal yang ringan dan cara penggunaannya pun mudah. 

RHB Tradesmart juga sudah memiliki fitur ARO (Assisted Robo Optimization). Melalui fitur ini Smart People bisa melakukan analisis saham secara  i. Laporan data pasar bisa didapatkan secara up to date dan ini akan membantu Smart People mengoptimalkan imbal hasil yang diinginkan.

Mari mulai berinvestasi sekarang juga! Susun strategi investasi dan tentukan instrumen investasi apa yang akan dijadikan andalan. Jangan lupa, pilih RHB Tradesmart yang menawarkan banyak kelebihan dan kemudahan. Unduh aplikasi RHB Tradesmart dan buktikan sendiri betapa mudahnya berinvestasi di zaman digital ini. 

Sumber:

Hayes, Adam. (2022, September 30). Investment Basics Explained with Types to Invest in. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://www.investopedia.com/terms/i/investment.asp.

Farrington, Robert. (2022, September 2). 5 Benefits of Investing. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://thecollegeinvestor.com/16912/5-benefits-of-investing/.

Groww. (2022, April 27). 5 Things You Must Know Before You Start Investing. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://groww.in/blog/5-things-you-must-know-before-you-start-investing.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal