<< Back

Ini Pentingnya Bullish Symmetrical Triangle bagi Investor!

Bullish Symmetrical Triangle

Symmetrical triangle merupakan salah satu pola pergerakan harga saham yang biasa dijadikan trader sebagai salah satu pedoman pada saat trading. Pola ini bisa menjadi tanda dimulainya tren bullish maupun bearish. Memahami cara kerja dari pola ini akan bisa membantu dalam pengambilan keputusan trading. Simak ulasan mengenai symmetrical triangle di bawah ini. 

Apa Itu Symmetrical Triangle

Pola symmetrical triangle merupakan salah satu tipe dari pola triangle, pola yang terbentuk pada saat garis tren di bagian atas dan bawah bergerak dan bertemu di satu titik yang sama, yang biasanya menjadi tanda keberlanjutan dari sebuah tren bearish maupun bullish. Adanya pola ini bisa membantu trader untuk memperoleh imbal hasil dan mencapai tujuan finansialnya. 

Pola symmetrical triangle bisa dikenali oleh para trader dengan karakter berupa dua garis tren yang bertemu di titik yang sama, yang mana keduanya menghubungkan kumpulan peak (poin tertinggi) dan trough (poin terendah). Pola satu ini menunjukkan terhentinya tren yang sedang berlangsung, karena baik kondisi bull dan bear telah mencapai titik keseimbangan. 

Saat terbentuk pola symmetrical triangle ini, biasanya periode waktu tersebut dianggap sebagai periode konsolidasi sebelum harga saham terpaksa mengalami breakout ataupun breakdown. Para trader biasanya akan mengamati pola symmetrical triangle ini untuk kebutuhan prospek trading-nya, berdasarkan arah breakout dan jumlah yang diperdagangkan. 

Apa Itu Bullish Symmetrical Triangle

Bullish symmetrical triangle merupakan pola yang menandakan keberlanjutan tren bullish atau tren naik pada pola harga saham. Pola ini dibentuk oleh 2 garis tren yang sifatnya konvergen atau menuju titik yang sama dan simetris terhadap garis horizontal. Masing-masing garis tren yang dimaksud adalah garis tren bearish dan garis tren bullish

Garis tren pertama alias garis tren bearish, merupakan garis tren yang menciptakan resistance, yang kemudian membuatnya disebut garis resistance dari pola bullish symmetrical triangle. Sedangkan garis tren yang kedua alias garis tren bearish, merupakan garis tren yang menciptakan support, membuatnya disebut sebagai garis support dari pola bullish symmetrical triangle.

Pola symmetrical triangle bisa disebut sebagai bullish symmetrical triangle jika pergerakan harga yang mendahului pola triangle yang terbentuk juga merupakan bullish. Selain itu, pola ini juga baru bisa disebut valid atau dikonfirmasi kebenarannya jika terdapat osilasi yang bagus di antara kedua garis trennya tersebut. 

Cara Kerja Bullish Symmetrical Triangle  

Bagaimana cara trader bisa memanfaatkan pola bullish symmetrical triangle untuk kebutuhan trading sahamnya? Setelah mengenali pola bullish symmetrical triangle, trader harus bisa memastikan apakah pola tersebut valid atau tidak. Pola tersebut akan dianggap valid jika garis harga menyentuh garis support setidaknya 3 kali dan menyentuh garis resistance setidaknya 2 kali.  

Adapun price objective atau tujuan harga pada pola bullish symmetrical triangle bakal ditentukan oleh tinggi dari dasar triangle atau segitiga yang terbentuk pada titik breakout. Agar bisa mencapai price objective, teknik lain yang bisa dilakukan adalah menggambar garis sejajar dengan garis support bullish symmetrical triangle, mulai dari kontak pertama dengan garis resistance

Statistik Pola Bullish Symmetrical Triangle 

  1. Pada 63% kejadian, exit atau keluaran dari sebuah pola bullish symmetrical triangle adalah bullish
  2. Pada 89% kejadian, pergerakan naiknya harga akan terus berlanjut bahkan setelah keluar dari pola triangle atau segitiga. 
  3. Pada 81% kejadian, harga akan berhasil mencapai tujuan harga triangle setelah keluar dari segitiga tersebut. 
  4. Pada 60% kejadian, harga akan melakukan pull back alias jeda pada garis resistance segitiga. 
  5. Pada 16% kejadian, akan terjadi false break di garis support atau resistance, sehingga terjadi keluaran palsu dari bullish symmetrical triangle

Hal yang Harus Diperhatikan pada Pola Bullish Symmetrical Triangle 

  1. Performa pergerakan harga akan bagus saat pola bullish symmetrical triangle terbentuk pada awal tren bullish.  
  2. Hindari pembukaan posisi jika break atau keluaran terjadi sebelum terbentuknya ¾ dari triangle atau segitiga
  3. Keluaran pola bullish symmetrical triangle paling sering terjadi saat pola sudah terbentuk sebanyak 80%. 
  4. Performa akan semakin bagus jika break atau keluarannya kuat. 

Pentingnya Pola Bullish Symmetrical Triangle bagi Trader 

Memahami pola bullish symmetrical triangle akan memberikan informasi bagi trader terkait dengan arah tren harga saham. Alhasil, trader bisa menerapkan strategi yang tepat saat melakukan trading, sehingga imbal hasil dan tujuan finansial yang telah ditetapkannya bisa untuk dicapai. Oleh sebab itu, trader memang harus memastikan valid atau tidaknya pola tersebut. 

Pahami Makna Pergerakan Harga Saham dengan RHB Tradesmart ID 

Bukanlah hal yang mudah untuk mengenali dan memastikan kevalidan dari pola pergerakan harga saham bagi para trader, terutama sekali trader pemula. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang untuk memulai trading. Smart People bisa coba belajar untuk memahami makna dari pergerakan harga saham dengan menggunakan aplikasi trading RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID hadir dengan fitur Smart Analyzer yang bisa bantu menganalisis saham. Dengan adanya fitur ini, RHB Tradesmart ID bisa memberikan sinyal untuk melakukan hold, buy, sell, yang tentu saja instruksinya disesuaikan dengan pergerakan harga saham tersebut. Alhasil, trader bisa mengambil keputusan trading dengan lebih bijak dan mantap.  

Unduh RHB Tradesmart ID sekarang juga untuk kebutuhan trading dan investasi saham online Smart People. Fitur SMART andalannya bakal bikin trading terasa mudah dan ekonomis. 

Sumber: 

Bhattacharyya, Rutan. 2024, April 25. Triangle Chart Pattern. WallStreetMojo. Diakses pada tanggal 29 Juni 2024 melalui https://www.wallstreetmojo.com/triangle-chart-pattern/

Thompson, Cedric. 2024, April 01. What Is a Symmetrical Triangle Pattern? Definition and Trading. Investopedia. Diakses pada tanggal 29 Juni 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/s/symmetricaltriangle.asp

Central Chart Team. 2019, Januari 25. Chart pattern: Bullish symmetrical triangle. Central Charts. Diakses pada tanggal 29 Juni 2024 melalui https://www.centralcharts.com/en/gm/1-learn/7-technical-analysis/27-chart-patterns/499-bullish-symmetrical-triangle

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal