<< Back

Ini Dia Cara Investasi Saham Jangka Panjang

Saat ini banyak kawula muda yang tertarik dengan investasi saham. Apalagi investasi ini bisa menjadi aset dalam jangka yang panjang.

Namun, para kawula muda cenderung gugup dan tidak tahan untuk segera membuka investasi saham. Ketika saham dalam nominal yang murah, mereka tak sabar untuk memilikinya. Apakah hal tersebut tepat?

Agar terhindar dari kegagalan, Smart People sebaiknya memahami cara investasi saham dengan tepat. Jangan sampai Smart People terjebak pada investasi bodong sehingga saham yang diinvestasikannya dalam jangka panjang langsung lenyap begitu saja.

Maka dari itu, Smart People harus membaca artikel ini hingga selesai. Berbagai informasi mengenai saham akan dipelajari dalam artikel ini.

Saham, Pilihan Investasi Terbaik?

Sebagai Smart People mungkin akan langsung sepakat dengan tajuk di atas. Namun, apakah saham benar-benar pilihan investasi yang terbaik?

Perlu diketahui, saham menjadi salah satu surat yang sangat berharga, lho. Surat tersebut hanya diperjualbelikan pada pasar modal. Selain tempat tersebut tentunya akan kita temukan keberadaannya.

Ada beberapa keunggulan yang ada pada saham sehingga dapat dikatakan sebagai pilihan investasi yang baik untuk jangka panjang. Adapun keunggulan-keunggulannya sebagai berikut.

  • Saham juga menjadi suatu bukti kepemilikan bagi investor yang menanamkan modalnya pada suatu perusahaan. Keikutsertaan sebagai penyetor modal pada perseroan terbatas juga akan mendapatkan bukti berupa saham.
  • Sebagai pemegang saham, para investor akan mendapatkan berbagai hak seperti hak untuk hadir pada Rapat Umum Pemegang Saham alias RUPS. Rapat tersebut hanya khusus diadakan bagi para pemilik modal.
  • Para pemilik saham akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki dividen. Hal ini adalah imbas hasil bagi pemegang saham.
  • Saham juga menjadi aset yang likuid. Hal tersebut tentunya akan memudahkan para pemegang saham untuk dapat diperjualbelikan. Para investor tentunya akan semakin mudah dalam memindahtangankan kepemilikan saham bila diperlukan dalam waktu yang mendesak.

Alasan Kamu Perlu Berinvestasi Saham

Setelah memahami berbagai keunggulan belajar investasi saham, selanjutnya Smart People juga perlu mengetahui alasannya. Ada beberapa alasan mengapa Smart People perlu investasi saham. Berikut beberapa alasannya.

·         Capital Gain

Capital Gain merupakan suatu imbal hasil yang didapatkan oleh investor bila mereka melakukan penjualan saham yang lebih tinggi dibandingkan harga yang ditetapkan saat membeli saham. Artinya, ada imbas hasil yang akan didapatkan oleh investor.

Sebagai contoh, seorang investor membeli saham dengan harga Rp1.000,- per sahamnya. Kemudian dia menjual saham miliknya dengan harga Rp1.500,-. Maka, Capital Gain yang didapatkan oleh investor tersebut adalah Rp500,- per sahamnya.

·         Dividen

Dividen merupakan pembagian imbal hasil dari suatu perusahaan kepada para pemegang saham. Pembagian ini biasanya disesuaikan dengan besarnya saham yang ditanam oleh setiap investor. Oleh karena itu, seorang emiten akan membagi imbas hasil dengan nominal yang berbeda-beda sesuai dengan lot saham yang dimiliki oleh investor.

Sebagai contoh, seorang investor memiliki saham sejumlah 1.000 saham (10 lot). Kemudian emiten membagi dividen sebanyak Rp1.000,- per sahamnya. Maka, investor tersebut akan mendapatkan deviden sejumlah Rp1.000.000,- dan belum termasuk penghitungan pajak.

Cara Investasi Saham

Untuk melakukan investasi saham, Smart People harus memahami langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Siapkan dokumen seperti fotokopi KTP, fotokopi bagian depan dari buku tabungan yang akan Smart People daftarkan, dan fotokopi NPWP bila ada.
  • Isi formulir Rekening Dana Investor (RDI) dan formulir Pembukaan Sub rekening Efek yang sudah disediakan oleh Perusahaan Sekuritas.
  • Serahkan seluruh dokumen yang telah disiapkan beserta formulir yang sudah diisi kepada Bank RDI.
  • Lakukan penyetoran dana awal atas nama calon investor saham pada rekening Bank RDI. Para broker harus menentukan deposit yang tidak sama dan biasanya dimulai dengan nominal Rp100.000,-.
  • Pihak Bank akan melakukan verifikasi dan bila disetujui maka transaksi siap diteruskan pada proses selanjutnya.

Tips Agar Investasi Bisa Panjang

Agar proses investasi dapat berjalan dalam waktu yang lama, maka Smart People harus memahami cara investasi saham ini. Adapun tipsnya sebagai berikut.

  • Pahami jadwal transaksi perdagangan

Seorang investor hendaknya memiliki jadwal transaksi perdagangan mengenai saham di pasar modal. Jadwal tersebut meliputi jadwal pre-opening, transaksi perdagangan tiap hari, jadwal pre-closing, bahkan jadwal post trading. Dengan mengetahui jadwal tersebut, tentu akan memudahkan investor dalam memasang saham.

  • Ketahui pergerakan dari harga saham

Sebagai investor, Smart People juga perlu memahami setiap pergerakan harga saham. Apalagi, pergerakan saham ini sangatlah dinamis, kadang naik turun. Perubahan ini biasanya ditentukan oleh permintaan dan penawaran dari saham tersebut. Semakin tinggi permintaan, tentu harga sahamnya akan semakin naik.

  • Pantau terus kondisi saham

Untuk memantau pergerakan saham, para investor biasanya dapat mengetahui dari Perantara Pedagang Efek. Selain itu juga dapat memantaunya sendiri melalui siaran televisi, koran, internet, radio, atau dari pihak bank.

Informasi mengenai cara investasi saham di atas tentu menjadi bekal bagi para calon investor sehingga memiliki saham dalam jangka waktu yang panjang. Agar semakin lengkap, Smart People juga sebaiknya download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal