<< Back

Ini Dia 3 Level Piramida Keuangan untuk Manajemen Finansial!

Piramida keuangan

Manajemen finansial memang jadi salah satu hal penting yang harus kita semua lakukan. Apalagi jika Smart People punya tujuan finansial tertentu dan ingin mencapainya di waktu yang tepat. Dalam strategi manajemen finansial tadi ada konsep piramida keuangan yang harus Anda pahami. Berikut akan dibahas lebih lengkap tentang piramida keuangan tersebut. 

Piramida Keuangan

Smart People pasti sudah terbayang seperti apa bentuk sebuah piramida. Piramida memiliki alas yang lebar lalu mengerucut atau mengecil di bagian atas. Bentuk piramida ini menjadi lambang sebuah prioritas. Secara garis besar, piramida keuangan dibagi menjadi 3. Mari bahas satu per satu 3 bagian penting dari piramida keuangan untuk manajemen finansial Smart People semua.

  1. Perlindungan Kekayaan (Wealth Protection)

Pertama ada perlindungan kekayaan atau disebut juga wealth protection. Ini merupakan kelompok yang harus menjadi prioritas Smart People dalam manajemen keuangan. Tujuan dari bagian ini adalah untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya jangka pendek dan menyeimbangkan cash flow atau arus kas. 

Di dalam sebuah piramida keuangan, perlindungan kekayaan ini ada di bagian bawah. Artinya, bagian ini menjadi pondasi dari stabilitas keuangan. Singkatnya, Smart People harus bisa menjaga kepentingan finansial jangka pendek tetap stabil baru nanti bisa mengelola keuangan lebih baik lagi. Prinsipnya ada dua yaitu menjaga arus kas tetap stabil dan melakukan manajemen risiko. 

Pada perlindungan kekayaan ini Smart People harus bisa menjalankan anggaran keuangan sesuai kemampuan. Pencatatan keuangan sangat penting untuk memastikan arus kas stabil. Sementara itu untuk manajemen risiko dibutuhkan adanya pengumpulan dana darurat. Keperluan asuransi juga bisa masuk ke bagian ini sebagai bentuk manajemen risiko finansial. 

Jika pondasinya sudah aman, maka finansial seseorang juga akan lebih stabil. Jadi mulailah dari sekarang untuk fokus menyusun anggaran demi arus kas yang stabil. Pastikan juga kebutuhan dana darurat sudah tercukupi sehingga Smart People bisa memenuhi kebutuhan lainnya. 

  1. Akumulasi Kekayaan (Wealth Accumulation)

Selanjutnya ada akumulasi kekayaan atau wealth accumulation. Bagian ini juga sering disebut sebagai kenyamanan keuangan. Jika perlindungan kekayaan tadi digunakan untuk jangka waktu pendek maka bagian ini lebih fokus ke kebutuhan keuangan jangka menengah dan jangka panjang. 

Di bagian ini Smart People bisa mengalokasikan dana untuk hal-hal yang sifatnya hiburan dan bisa memberi rasa nyaman. Berbeda dengan bagian pertama tadi yang lebih difokuskan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan utama. Di sini Smart People bisa menggunakan dana untuk liburan, membeli kebutuhan tersier, dan lain sebagainya. 

Secara mudahnya, akumulasi kekayaan ini merupakan bagian piramida yang membuat seseorang merasa nyaman dari segi finansial. Jika sudah bisa sampai ke bagian ini maka seseorang dianggap sudah merasa tenang karena memiliki kenyamanan finansial. Di sinilah seseorang bisa mulai menyusun target finansial apa saja yang ingin dicapai. 

Pada bagian ini Smart People juga mulai bisa merencanakan dana pensiun. Investasi juga menjadi poin penting di sini karena lewat investasi itulah Smart People bisa mencapai berbagai tujuan finansial di masa depan. Di sini Smart People bisa lebih fokus membuat uang bekerja, bukan kita yang bekerja untuk uang. 

  1. Distribusi Kekayaan (Wealth Distribution)

Bagian teratas dari piramida keuangan adalah wealth distribution atau distribusi kekayaan. Ini merupakan bagian terakhir yang juga sangat penting dalam manajemen finansial. Distribusi kekayaan yang dimaksud di sini adalah perencanaan waris dan hibah dari semua harta yang sudah dimiliki. 

Setelah pondasi utama kuat dimana semua kebutuhan dasar terpenuhi dan arus kas lancar, maka seseorang akan mencapai kenyamanan finansial. Jika sudah nyaman maka investasi dan persiapan dana pensiun bisa lebih mudah. Apabila tahap tersebut sudah tercapai maka Smart People bisa mulai membuat rencana distribusi kekayaan tadi. 

Setiap orang tentu memiliki rencana distribusi kekayaan yang berbeda-beda. Tergantung berapa jumlah aset yang dimiliki dan berapa anggota keluarga yang ada. Sesuaikan saja kemampuan dan kondisi masing-masing. Pastikan bahwa distribusi keuangan tersebut sudah tepat dan memang sesuai dengan tujuan finansial Smart People. 

Investasi leher ke atas lewat RHB Smart Talk bersama tim riset RHB Sekuritas.

Pentingnya Membuat Piramida Untuk Keuangan Kamu

Mengapa piramida keuangan ini dianggap penting dan sebaiknya dipahami sebelum melakukan manajemen finansial? Piramida keuangan akan memberikan skema yang jelas mengenai tahapan pengelolaan keuangan Smart People. Banyak orang kesulitan untuk mengatur uang mereka karena tidak tahu apa saja yang harus dicapai.

Piramida keuangan ini membantu Smart People untuk tahu sudah sampai dimana perjalanan finansial mereka. Tidak mungkin Smart People mencapai tujuan finansial yang besar jika hal-hal kecil jangka pendek saja belum terpenuhi. Padahal setiap orang pasti punya tujuan finansial yang sifatnya besar dan berlaku untuk jangka waktu yang panjang. 

Piramida keuangan ini bisa menjadi acuan bagi Smart People dalam menggunakan uang. Mulai dari pengelolaan arus kas, pemenuhan kebutuhan jangka pendek, hingga persiapan finansial jangka panjang seperti investasi dan dana pensiun. Jika semuanya sudah tercapai kemudian Smart People bisa mencapai bagian puncak piramida keuangan yaitu distribusi kekayaan. 

Setiap orang pasti memiliki cara masing-masing dalam mengelola uang. Namun prinsipnya tetap sama, mereka ingin mencapai keamanan keuangan dan kenyamanan. Itulah mengapa piramida keuangan ini bisa dijadikan acuan sehingga Smart People akan lebih mudah mencapai target dari hasil pengelolaan finansial tadi. 

Investasi menjadi kunci penting dalam manajemen finansial ini. Mulailah berinvestasi sekarang juga dan pilih aplikasi investasi terbaik. RHB Tradesmart ID bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan aman dan nyaman. Biaya transaksinya terjangkau dan ada fitur analisis yang akan membantu Anda berinvestasi. Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang dan nikmati kemudahannya!

Sumber:

Fontinelle, Amy. (2022, Desember 22). Budgeting and Building Your Financial Pyramid. Diakses pada tanggal 8 Februari 2023 melalui https://blog.massmutual.com/post/budget-building-financial-pyramid.

Hayes, Adam. (2022, April 17). Investment Pyramid: Definition and How Allocation Strategy Works. Diakses pada tanggal 8 Februari 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/i/investmentpyramid.asp.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal