<< Back

Ini 10 Saham Telekomunikasi Indonesia Yang Kapitalisasi Pasarnya Tinggi!

Saham Telekomunikasi

Saham telekomunikasi merupakan salah satu saham yang cukup diminati oleh para investor saham. Emiten saham telekomunikasi dibagi ke dalam 2 sub-sektor, yakni sub-sektor jasa telekomunikasi dan jasa telekomunikasi nirkabel. Simak berikut ini daftar 10 saham telekomunikasi di Indonesia dengan nilai kapitalisasi pasar tertinggi saat ini. 

Apa Itu Saham Telekomunikasi

Saham telekomunikasi merupakan saham yang emitennya memberikan pelayanan komunikasi bagi para pengguna jasa atau produknya. Pada saat ini, emiten saham telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia jumlahnya masih belasan emiten saham saja. Meskipun jumlahnya sedikit, namun ada beberapa saham yang terbukti laku keras di kalangan para investor. 

10 Saham Telekomunikasi dengan Kapitalisasi Pasar Tertinggi Saat Ini 

  1. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Jika membicarakan tentang emiten saham telekomunikasi, tentu tidak bisa jika tidak menyebut PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). TLKM yang merupakan saham BUMN, memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp374,45 triliun, membuatnya menjadi saham telekomunikasi dengan nilai kapitalisasi pasar tertinggi saat ini. Bagaimana, tertarik untuk mengoleksi TLKM? 

  1. PT. Indosat Tbk

PT. Indosat Tbk (ISAT) yang tergolong ke dalam sub-sektor jasa telekomunikasi nirkabel ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp82,23 triliun pada saat ini. Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT. Indosat Tbk menghadirkan berbagai layanan telekomunikasi digital terkemuka, guna mendukung lancarnya komunikasi nirkabel penggunanya.

  1. PT. Dayamitra Telekomunikasi Tbk 

PT. Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) merupakan anak usaha PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi. Emiten saham yang tergolong ke dalam sub-sektor jasa telekomunikasi nirkabel ini, memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp52,95 triliun pada saat ini. Salah satu bentuk layanannya adalah penyewaan menara.   

  1. PT. Sarana Menara Nusantara Tbk 

PT. Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) merupakan perusahaan yang fokus berinvestasi pada perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan tower telekomunikasi, serta meminjamkannya pada perusahaan telekomunikasi nirkabel. Pada saat ini, induk perusahaan PT. Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp47,05 triliun. 

  1. PT. Tower Bersama Infrastructure Tbk

PT. Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) merupakan perusahaan yang bergerak pada jasa pendukung telekomunikasi, seperti penyewaan dan pemeliharaan Base Transceiver Station (BTS) dan layanan konsultasi. Adapun kegiatan utama perusahaan ini pada saat ini adalah berinvestasi pada anak perusahaannya. Nilai kapitalisasi pasar TBIG saat ini mencapai Rp44,13 triliun. 

  1. PT. XL Axiata Tbk 

PT. XL Axiata Tbk (EXCL) merupakan perusahaan seluler swasta pertama di Indonesia. Sama halnya dengan PT. Indosat Tbk, PT. XL Axiata juga bergerak di bidang layanan telekomunikasi dan telekomunikasi digital, membuatnya menjadi salah satu operator seluler yang banyak digunakan di Indonesia. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar EXCL mencapai Rp31.11 triliun.

  1. PT. Smartfren Telecom Tbk 

Siapa di antara Smart People yang memakai layanan operator seluler Smartfren? Nah, saham dari PT. Smartfren Telecom Tbk yang memberikan layanan berupa operator seluler ini juga bisa dikoleksi, yang mana sahamnya disebut FREN. Saham yang tergolong ke dalam sub-sektor jasa telekomunikasi nirkabel ini, sekarang memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp17,77 triliun.  

  1. PT. Mora Telematika Indonesia Tbk 

Saham telekomunikasi Indonesia selanjutnya yang bisa Smart People pertimbangkan untuk dikoleksi adalah MORA, saham emiten PT. Mora Telematika Indonesia Tbk. PT. Mora Telematika Indonesia Tbk saat ini fokus menyediakan layanan infrastruktur telekomunikasi, seperti jaringan kabel serat optic. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar MORA mencapai Rp10,92 triliun.  

  1. PT. Link Net Tbk 

PT. Link Net Tbk (LINK) merupakan saham sub-sektor jasa telekomunikasi yang bergerak di bidang penyediaan layanan melalui jaringan komunikasi broadband. Perusahaan satu ini juga dikenal dalam hal penyaluran program televisi dan internet berkecepatan tinggi melalui jaringan di beberapa wilayah. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar LINK mencapai angka Rp4,63 triliun. 

  1. PT. Bali Towerindo Sentra Tbk

PT. Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang operasi dan penyewaan gedung menara atau menara telekomunikasi dan fasilitas telekomunikasi. Selain itu, emiten satu ini juga menyediakan layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk kebutuhan pengelolaan dan penyimpanan informasi. Kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai Rp3,4 triliun.  

Koleksi Saham Telekomunikasi via RHB Tradesmart ID 

Saham-saham teratas di sub-sektor jasa telekomunikasi dan jasa telekomunikasi nirkabel merupakan saham yang kerap diincar oleh para investor saham. Smart People juga bisa jadikan saham telekomunikasi ini sebagai salah satu saham yang dikoleksi. Untuk mempermudah pengambilan keputusan nantinya terkait saham yang akan dikoleksi, berinvestasilah lewat RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi saham yang sudah dilengkapi dengan fitur Smart Analyzer. Fitur ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam hal menganalisis saham, sehingga pengguna bisa mempertimbangkan pengambilan keputusan investasi dengan bijak. Dengan begini, tujuan investasi pun akan bisa lebih mudah tercapai. 

Selain fitur Smart Analyzer, RHB Tradesmart ID juga menawarkan fitur Smart Rate, Smart Fee, serta Smart Points. Dengan fitur Smart Points, setiap transaksi yang dilakukan akan memberikan poin khusus bagi pengguna, yang nantinya bisa ditukar dengan saldo e-wallet. Sedangkan untuk fitur Smart Rate dan Smart Fee, memungkinkan investasi dengan biaya yang terjangkau. 

Yuk koleksi saham telekomunikasi mulai dari sekarang dengan pakai RHB Tradesmart ID. Langsung download aplikasi RHB Tradesmart ID untuk pengalaman yang lebih maksimal, lalu manfaatkan deretan fitur unggulannya. 

Sumber: 

Tim IDN Financials. Saham Sektor Infrastruktur, Sub Sektor Jasa Telekomunikasi dan Jasa Telekomunikasi Nirkabel. IDN Financials. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2023 melalui https://www.idnfinancials.com/id/company/industry/telecommunication-services-j31

Sandria, Feri. (2022, Juni 16). Adu Kuat Emiten Telekomunikasi, Siapa Juaranya? CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2023 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20220616135048-17-347654/adu-kuat-emiten-telekomunikasi-siapa-juaranya

Ahdiat, Adi. (2022, Desember 28). Saham telekomunikasi LQ45 Kompak Melemah pada 2022. Katadata. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2023 melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/28/saham-telekomunikasi-lq45-kompak-melemah-pada-2022

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal