<< Back

Income Stocks: Pengertian, Karakteristik, dan Contoh Sahamnya

Salah satu motivasi orang-orang dalam berinvestasi saham adalah agar bisa memperoleh pemasukan atau pendapatan secara berkala dari investasinya tersebut. Jika Smart People memiliki motivasi yang sama, maka investasi dalam bentuk income stocks bisa dijadikan pilihan. Yuk cari tahu lebih banyak informasi mengenai income stocks melalui ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Income Stocks? 

Income stocks merujuk pada saham yang membayarkan dividen secara reguler, serta biasanya selalu mengalami peningkatan, pada para pemegang sahamnya. Sesuai dengan makna literal dari income stocks yaitu saham pendapatan, para investor biasanya memilih income stocks dengan tujuan agar bisa mendapatkan pemasukan atau pendapatan pasif dari investasi saham secara rutin. 

Jenis saham satu ini paling cocok untuk dikoleksi oleh para investor dengan profil risiko konservatif alias investor yang cocok mengoleksi saham dengan potensi risiko yang rendah. Mengingat rata-rata dividen sahamnya biasanya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya, saham ini pun cocok dikoleksi oleh investor yang berinvestasi dengan tujuan jangka panjang.

Income stocks secara umum bisa dibedakan ke dalam 2 tipe, yakni utility stock dan preferred stocks. Utility stocks alias saham utilitas merupakan saham biasa atau common stocks yang berdasarkan riwayatnya terbilang stabil dalam hal harga, serta biasanya memberikan pembayaran dividen yang kompetitif nilainya secara reguler. 

Sedangkan untuk tipe satunya lagi, yakni preferred stocks atau saham preferen, merupakan sekuritas yang sifatnya hybrid, yang mana lebih menunjukkan karakteristik layaknya obligasi dibandingkan dengan saham itu sendiri. Pun begitu, karakter income stocks yang tidak bisa terpisahkan dari tipe saham preferen ini adalah pembayaran dividennya yang kompetitif. 

Karakteristik Income Stock

  1. Pembayaran Dividen yang Reguler 

Income stocks dikenal dengan karakteristik utamanya yakni melakukan pembayaran dividen secara konsisten dan reguler pada para investornya. Makanya, investor income stocks bisa memperoleh  pendapatan pasif secara rutin dari investasi sahamnya tersebut. Pembagian dividen oleh perusahaan sendiri biasanya dilakukan 1 hingga 2 kali dalam setahun, tergantung kebijakan perusahaan. 

  1. Volatilitas Harga yang Rendah 

Karakteristik selanjutnya dari income stocks adalah volatilitas harga saham yang rendah. Maknanya, harga income stocks tidak akan mengalami fluktuasi yang sifatnya dramatis dalam periode waktu yang singkat. Perubahan pada harga saham memang akan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu, namun skalanya terbilang kecil. 

Rendahnya volatilitas harga dari income stocks inilah yang menyebabkan risiko investasi sahamnya terbilang rendah. Sebagai investor income stocks, Smart People tidak perlu khawatir berlebihan akan pergerakan harga dari saham tersebut. Pun jika terjadi perubahan harga, perubahannya pun hanya akan sedikit saja. 

  1. Peningkatan Dividen yang Konsisten 

Tidak hanya rutinnya pembagian dividen yang disukai para investor dari income stocks yang dimilikinya, melainkan juga adanya peningkatan besaran dividen secara konsisten seiring dengan berjalannya waktu. Peningkatan besaran dividen untuk para investor ini bisa dilakukan karena kondisi keuangan perusahaan yang bagus dan terus membaik. 

  1. Pertumbuhan Apresiasi Modal yang Rendah 

Income stocks juga bisa diidentifikasi dari tidak pesatnya pertumbuhan pada modal yang dimilikinya alias apresiasi modalnya terbilang sangat rendah. Apresiasi modal ini merujuk pada kenaikan harga aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Maknanya, kenaikan harga aset perusahaan dengan income stocks tidak begitu signifikan. 

Contoh Income Stock 

Bagi Smart People yang ingin mengoleksi income stock, biasanya income stock ini berasal dari emiten sektor telekomunikasi, utilitas, kebutuhan sehari-hari, kesehatan, dan energi. Pun begitu, tidak menutup kemungkinan kalau income stock tersebut berasal dari sektor yang lainnya. Biasanya, income stock memang berasal dari sektor yang demand produknya terbilang stabil. 

Salah satu contoh income stock yang berasal dari sektor energi adalah saham emiten PT. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), perusahaan yang bergerak di bidang produsen batu bara. Pada tahun buku 2022, dividend yield ITMG adalah sebesar 37,52% dan payout ratio sebesar 129,16%. Adapun dividend per share yang diterima oleh para investornya adalah sebesar Rp10.544. 

Pada sektor kesehatan, contoh income stock yang bisa Smart People pertimbangkan adalah saham emiten PT. Organon Pharma Indonesia Tbk (SCPI). Perusahaan yang memproduksi dan menjual ragam produk farmasi, kosmetik, serta rumah tangga ini menghadirkan dividend yield sebesar 327,59% dan payout ratio sebesar 126,92%. Sedangkan untuk dividend per share-nya sebesar Rp95.000. 

Jika tertarik dengan income stock dari sektor barang baku, saham emiten PT. Pinago Utama Tbk (PNGO) bisa Smart People pertimbangkan. Pada tahun buku 2022, PNGO mencatatkan dividend per share sebesar Rp110. Sedangkan untuk dividend yield-nya adalah sebesar 7,86% dan payout ratio sebesar 47,56%.  

Incar dan Beli Stocks Pilihan via RHB Tradesmart ID 

Bagi Smart People yang ingin melakukan investasi saham yang rendah risikonya, namun berpotensi mendatangkan pendapatan pasif, mulailah incar income stock dari sekarang. Agar bisa merasa lebih mudah dalam menemukan income stock yang sesuai dengan kebutuhan, Smart People bisa menganalisis saham incaran terlebih dahulu menggunakan RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi trading dan investasi saham yang menghadirkan fitur SMART, berupa Smart Analyzer, Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. Kehadiran dari fitur SMART-nya ini memungkinkan Smart People terbantu menganalisis saham dan mengambil keputusan investasi yang tepat, lalu nantinya lebih ekonomis dalam melakukan transaksi investasi. 

Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan koleksi income stock incaran sekarang juga. Manfaatkan fitur SMART-nya untuk mewujudkan imbal hasil impian. 

Sumber: 

Putri, Shifa Nurhaliza. 2023, November 14. 5 Jenis Saham yang Cocok untuk Investasi dan Auto Cuan. IDX Channel. Diakses pada tanggal 26 Januari 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/5-jenis-saham-yang-cocok-untuk-investasi-dan-auto-cuan/2

Cussen, Mark P. 2021, Oktober 28. Income, Value, and Growth Stock. Investopedia. Diakses pada tanggal 26 Januari 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/investing/080113/income-value-and-growth-stocks.asp

Nadya, Kurnia. 2023, September 12. 10 Daftar Saham dengan Dividen Yield Tertinggi Tiap Sektor: Cuan Moncer, Tertarik? IDX Channel. Diakses pada tanggal 26 Januari 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/10-daftar-saham-dengan-dividen-yield-tertinggi-tiap-sektor-cuan-moncer-tertarik

Gupta, Seema. Income Stock. Wall Street Mojo. Diakses pada tanggal 26 Januari 2024 melalui https://www.wallstreetmojo.com/income-stock/

Chen, James. 2022, April 25. Income Stock: What it is, How it Works, Example. Investopedia. Diakses pada tanggal 26 Januari 2024 melalui  https://www.investopedia.com/terms/i/incomestock.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal