<< Back

Ibu Rumah Tangga Juga Bisa! Ini 5 Tips Jitu Investasi Saham bagi IRT!

Investasi Saham

Dalam hal investasi saham, sama sekali tidak ada batasan terkait siapa yang boleh atau tidak boleh melakukan investasi tersebut. Artinya, siapa saja bisa melakukannya, tidak terkecuali para ibu rumah tangga. Jadi, jika Smart People termasuk ibu rumah tangga dan tertarik untuk memulai investasi saham, jangan ragu untuk memulainya dari sekarang. 

Layaknya para investor saham lainnya, sebagai ibu rumah tangga tentu Smart People harus tahu benar bagaimana cara kerja dari investasi saham tersebut. Informasi seputar investasi dalam bentuk saham tersebut akan jadi bekal Smart People dalam menjalankan investasi nantinya. Sebagai tambahan, Smart People bisa sontek tips jitu investasi saham bagi IRT berikut ini. 

  1. Perkaya Diri dengan Informasi Seputar Saham 

Banyak orang yang gagal dalam berinvestasi saham karena dirinya hanya sekadar ikut-ikutan saja. Meskipun tidak mustahil untuk dilakukan oleh pemula, tetap saja informasi mengenai saham dan seluk-beluknya harus diketahui oleh para calon investor saham sebelum terjun ke bidang tersebut. Maka dari itu, sesegera mungkin perkaya diri Smart People dengan informasi seputar saham. 

Ada begitu banyak sumber yang bisa Smart People kunjungi untuk bisa menggali informasi mengenai saham dan investasi dalam bentuk aset tersebut, mulai dari media sosial, Youtube, website, aplikasi saham, dan lain sebagainya. Perkayalah diri dengan informasi seputar saham secara aktif melalui berbagai sumber tersebut di saat waktu luang. 

Jangan lupa subscribe Youtube Channel RHB Sekuritas Indonesia, dan klik lonceng notifikasi, sebagai reminder anda untuk menyaksikan Live streaming RHB Smart Talk. Tiap minggu, tim riset RHB akan memberikan informasi market update dan riset saham-saham yang menarik, serta layak Smart People perhatikan! Get Smart with RHB Smart Talk!

  1. Tentukan Tujuan Melakukan Investasi Saham

Bagi siapa saja yang ingin investasi saham, termasuk juga para ibu rumah tangga, sangatlah penting untuk menentukan apa tujuan keuangan yang ingin dicapai dengan berinvestasi saham. Beda orang mungkin beda tujuannya, ada yang mungkin ingin menyiapkan dana untuk pendidikan anak di masa depan, membeli rumah idaman, ataupun liburan ke destinasi favorit dengan keluarga. 

Adanya tujuan yang ingin dicapai lewat investasi saham, akan menjadi motivasi bagi diri Smart People untuk tetap gigih dan tidak mudah menyerah saat menjalankan investasi tersebut. Tujuan keuangan ini juga akan menjadi pengingat untuk rajin menginvestasikan dana yang dimiliki, alih-alih dibelanjakan untuk keperluan lain yang sifatnya tidak urgent atau tidak terlalu dibutuhkan. 

  1. Selektif dalam Memilih Saham 

Agar bisa mendapatkan imbal hasil yang diinginkan dari investasi saham yang dilakukan, Smart People bagaimanapun juga harus selektif dalam memilih saham yang akan dikoleksi. Baiknya, pilihlah saham yang familier bagi Smart People, serta Smart People ketahui dengan baik apa produk perusahaannya dan bagaimana cara kerjanya untuk bisa berkembang dan meraih keuntungan. 

Sebagai seorang ibu rumah tangga, Smart People tentu juga bisa mengakses banyak sumber untuk mengetahui apa-apa saja saham yang direkomendasikan untuk dikoleksi oleh para ahli di bidang saham. Maka dari itu, cari tahu dulu saham-saham yang dianggap bagus berdasarkan analisa para ahli tersebut, baru kemudian Smart People bisa memilih untuk mengoleksinya. 

  1. Gunakan Uang Dingin untuk Investasi 

Biasanya, ibu rumah tangga merupakan pengelola keuangan rumah tangga. Maknanya, Smart People yang menjalankan aktivitas ini punya akses penuh atas semua dana yang bakal digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Agar nantinya jangan sampai khilaf dalam menggunakan dana untuk investasi, pastikan dananya merupakan uang dingin. 

Uang dingin merupakan uang yang tidak akan dipakai dalam waktu dekat, setidaknya dalam 5 tahun ke depan. Jika ingin lebih akurat lagi, Smart People bisa pakai metode budgeting 50/30/20, di mana 50% pemasukan untuk kebutuhan rutin, 30% untuk keinginan, dan sisa 20% untuk investasi. Nah, anggaran sebanyak 20% inilah yang bisa dialihkan untuk investasi saham

  1. Tabung Saham Sedikit Demi Sedikit 

Sebagai pemula di bidang investasi saham, Smart People bisa memulainya dengan menabung saham sedikit demi sedikit. Jangan karena tergiur dengan imbal hasil besar, Smart People malah membeli saham dalam porsi banyak secara langsung. Lebih baik memulai dengan langkah-langkah kecil di awal namun hasilnya memuaskan, dibanding langkah besar yang malah merugikan. 

Alih-alih membeli saham sebanyak 10 lot di awal investasi, Smart People bisa memulainya dengan pembelian 1 lot terlebih dahulu. Lalu, pada bulan berikutnya bisa dibeli lagi 2 lot saham dari sektor yang berbeda, lalu begitu seterusnya. Daripada membeli saham dalam jumlah besar namun malah membuat uang belanja berkurang, tentu lebih baik membeli sedikit terlebih dahulu. 

Mulai Investasi Saham dengan RHB Tradesmart ID 

Untuk mendukung aktivitas investasi saham Smart People yang merupakan seorang ibu rumah tangga, pilihlah sekuritas yang memberi kemudahan dalam melakukan hal tersebut seperti RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi trading dan investasi saham yang mudah digunakan, bahkan untuk seorang pemula di bidang investasi saham seperti Smart People. 

RHB Tradesmart ID punya fitur yang namanya Smart Analyzer dengan teknologi ARO (Assisted Robo Optimization). Fitur inilah yang kemudian bakal membantu Smart People untuk menganalisis saham, sekaligus memantau pergerakan harga saham, sehingga Smart People bisa terbantu dalam mengambil keputusan. 

Selain itu, RHB Tradesmart ID juga menawarkan fitur Smart Rate dan Smart Fee, yang memungkinkan ditekannya biaya transaksi investasi menjadi seminimal mungkin. Smart People pun juga bakal mendapatkan poin khusus yang bisa ditukarkan dengan saldo e-wallet untuk setiap transaksi investasi yang dilakukan, karena adanya fitur Smart Points dari RHB Tradesmart ID. 

Jadilah ibu rumah tangga yang sukses dalam investasi saham dengan pakai RHB Tradesmart ID. Unduh segera aplikasinya untuk merasakan pengalaman investasi saham yang mudah dan ekonomis. 

Sumber:

Tim Cermati.com.(2021, November 25). Cara Memulai Investasi Saham bagi Ibu Rumah Tangga. Cermati. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://www.cermati.com/artikel/cara-memulai-investasi-saham-bagi-ibu-rumah-tangga

Giordano, Christine. (2016, Juni 27). 11 Great Investing Tips for Women. US News.  Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://money.usnews.com/investing/slideshows/11-great-investing-tips-for-women

Friedberg, Barbara. (2021, Agustus 26). 10 Tips for Women Who Want To Invest. Yahoo! Finance. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://finance.yahoo.com/news/10-tips-women-want-invest-110030193.html

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal