<< Back

Hemat, Nyaman, dan Serasi: 3 Kota Ideal untuk Pensiun

Kota yang Cocok Untuk Pensiun

Banyak orang mulai mengincar ingin tinggal di kota yang cocok untuk pensiun. Bukan tanpa alasan, sebab kota-kota tersebut terbilang memiliki tarif hidup yang lebih murah sehingga mampu memberi ketenangan. Tentunya, diperlukan persiapan yang tepat salah satunya dana pensiun.

Kapan Waktu Pensiun Seseorang

Sebelum membahas kota mana saja yang cocok ditinggali saat pensiun tiba, ada baiknya jika Smart People memahami kapan waktu pensiun yang dikenakan untuk seseorang. Pasalnya, di Indonesia sendiri ada beberapa aturan perundang-undangan yang mengatur usia pensiun seseorang.

Seperti pada UU No. 11 tahun 1992 tentang Dana Pensiun di mana batas usia pensiun yaki ketika pekerja sudah berusia 55 tahun. Ada juga Permenaker No. 02 tahun 1995 yang sama-sama menyebutkan jika usia pensiun normal pekerja adalah saat memasuki usia 55 tahun.

Dalam PP No. 45 tahun 2015 tentang PPJP (Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun), disebutkan bahwa usia pensiun ditetapkan saat pekerja sudah mencapai usia 56 tahun hingga batas usia 65 tahun.

Berapa Dana yang Dibutuhkan untuk Pensiun

Lantas, berapa dana yang ideal untuk dimiliki saat memasuki usia pensiun? Jika dihitung menggunakan rumus, idealnya dana yang harus disiapkan adalah biaya pengeluaran bulanan dikalikan dengan estimasi usia harapan hidup.

Kendati demikian, ada beberapa faktor lain yang juga digunakan untuk menghitung dana tersebut. Mulai dari tingkat inflasi, selisih usia saat ini ke usia pensiun, dan sebagainya.

Sebagai contoh, di usia 30 tahun saat ini Smart People membutuhkan biaya hidup Rp3.000.000 per bulan. Smart People berencana pensiun di usia 55 tahun dengan estimasi usia harapan hidup 75 tahun, Apabila tingkat inflasi 5% per tahun, maka penghitungannya akan sebagai berikut:

– Usia saat ini: 30 tahun

– Usia rencana pensiun: 55 tahun

– Biaya hidup per bulan: 3.000.000

– Selisih usia pensiun ke angka harapan hidup: 20 tahun

– Selisih usia sekarang ke usia pensiun: 25 tahun

– Tingkat inflasi: 5% per tahun

Dana pensiun yang dibutuhkan

= ( Rp3.000.000 x 20 x 12 bulan ) + 5%

= Rp756.000.000

Selanjutnya, dana yang harus dialokasikan yaitu Rp756.000.000 : 25 tahun = Rp30.240.000 per tahun atau Rp2.520.000 per bulan. Jumlah ini tentu dapat disesuaikan kembali dengan kondisi kota yang cocok untuk pensiun yang akan ditinggali nantinya.

Apa Saja Cara yang Dicapai Mencapai Dana Cukup Pensiun

Meskipun terlihat cukup besar, namun nyatanya Smart People masih dapat menyiapkan dana pensiun sedini mungkin sehingga kebutuhan dana pensiun masih dapat terpenuhi. Berikut cara-cara yang dapat dicapai untuk mendapatkan dana yang cukup ketika pensiun.

1. Mengutamakan kebutuhan

Saat berkomitmen untuk pensiun yang lebih sejahtera, Smart People sudah harus mulai memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Hindari membeli sesuatu yang tidak benar-benar diperlukan, bahkan sebaiknya tekan gengsi sesaat demi tren saat ini.

2. Top-up tabungan

Smart People juga sudah harus mulai meningkatkan tabungan. Dengan menambah penghasilan setiap bulannya, Smart People dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk berbagai kebutuhan, termasuk dana pensiun. Jika memungkinkan, setiap tahun ada peningkatan 10-15% tabungan.

3. Pilih produk tabungan dan investasi

Hal yang juga perlu dilakukan untuk mencapai dana yang cukup saat pensiun yakni dengan mulai memilih produk tabungan yang tepat. Dengan begitu, bunga yang diperoleh juga dapat membantu Smart People dalam mencapai dana pensiun yang lebih cepat.

Tidak hanya itu, memiliki produk investasi untuk jangka panjang juga dapat membantu Smart People dalam mencapai tujuan masa depan. Adapun investasi yang dapat dimiliki seperti emas, reksa dana, deposito, saham, hingga properti.

Kota-kota yang Cocok untuk Masa Pensiun

Bagi sebagian orang, menyiapkan masa pensiun sangatlah penting, termasuk memilih kota yang cocok untuk pensiun karena kenyamanannya. Berikut beberapa kota yang dianggap ideal untuk ditempati kala masa pensiun telah tiba.

1. Yogyakarta

Kota ini dikenal memiliki banyak tempat wisata dan budaya yang kental. Biaya hidupnya juga terbilang rendah dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Terlebih dengan sikap masyarakatnya yang ramah, tinggal di desa-desa sekitaran kota Yogyakarta bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati masa pensiun.

2. Malang

Selain di Yogyakarta, kota Malang juga menjadi salah satu pilihan kota yang tepat untuk ditinggali saat masa pensiun. Meskipun terbilang kota kecil, Malang memiliki infrastruktur dan fasilitas kesehatan yang memadai. Tata kotanya juga tergolong baik dengan biaya hidup yang lebih murah.

3. Ubud

Banyak orang juga memilih Ubud, Bali sebagai tempat yang cocok untuk menikmati masa pensiun. Bagaimana tidak, suasana alam di Ubud seperti sawah hijau dan udara sejuknya dapat menenangkan siapapun, termasuk buat Smart People yang ingin menghabiskan masa tua.

Itulah beberapa pilihan kota yang cocok untuk pensiun. Smart People memang tidak harus benar-benar tinggal di kota-kota tersebut. Akan tetapi jika memiliki dana lebih, tidak ada salahnya untuk tinggal di sana, bukan?

Nah, untuk menunjang kepemilikan dana pensiun yang cukup maka Smart People perlu mulai berinvestasi di aplikasi yang tepat. Gunakan RHB Tradesmart ID yang dikenal mempunyai banyak fitur terbaik tanpa lag. Segera download RHB Tradesmart ID dari Play Store atau App Store!

Referensi:

Novita, Mila. (2023). Enam Kota di Indonesia yang Nyaman untuk Pensiunan. Tempo.co

Tim Mekari Talenta. (2022). Batas Usia Pensiun Karyawan Swasta Menurut Aturan UU. Talenta.co

Tim Redaksi. (2022). Berapa Nominal Dana Pensiun yang Harus Dimiliki? Ini Dia Perhitungannya. BPR Lestari

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal