<< Back

Growth Stocks dan Dua Kategorinya, Sudah Tahu?

asian-woman-phone

Dalam mendapatkan imbal hasil yang maksimal, seorang investor tidak jarang akan melakukan berbagai strategi, salah satunya dengan memilih saham growth stocks. Instrumen investasi tersebut dianggap menarik dengan harga yang diyakini akan terus meningkat tajam.

Definisi Growth Stocks

Sesuai namanya, saham ini juga seringkali disebut sebagai saham yang memiliki pergerakan terus bertumbuh. Saham tersebut memiliki tingkat penjualan dan pendapatan yang tumbuh secara pesat.

Tidak jarang, saham growth juga dapat melebihi pertumbuhan saham-saham lainnya dengan pergerakan yang agresif. Hanya saja, investor tidak akan mendapatkan dividen dari saham ini karena emiten akan lebih memilih menginvestasikan kembali pendapatannya tersebut.

Hal ini dilakukan karena emiten tersebut sedang fokus mengembangkan bisnisnya dalam jangka pendek. Selain itu harga saham growth ini biasanya juga terlihat mahal karena diperdagangkan dengan PER yang tinggi.

Oleh karena pemilih saham growth tidak mendapatkan dividen, maka kesempatan investor mendapatkan uang lebih adalah dengan menjual saham tersebut di kemudian hari. Apabila emiten tidak memiliki performa yang baik, nilai saham growth juga akan berkurang dan membuat para investor merugi.

Kategori Growth Stocks

Saham-saham growth terlihat cukup menarik dan menjanjikan, namun tetap memiliki risiko. Meski demikian, penting juga untuk Smart People mengetahui bahwa jenis saham ini terbagi menjadi dua, yaitu saham well-known dan lesser-known.

1. Saham well-known

Saham growth stocks yang satu ini memiliki ciri-ciri yang mirip dengan saham blue chip. Tidak hanya memiliki pertumbuhan yang tinggi, namun juga menjadi leader dalam industri yang sejenis. Perusahaan dengan saham ini dikenal luas oleh para investor karena reputasinya.

2. Saham lesser-known

Saham ini tetap memiliki ciri-ciri saham growth, namun bukan merupakan leader dalam dunia industri. Umumnya, saham lesser-known berasal dari saham-saham perusahaan kecil atau perusahaan daerah yang belum terlalu populer di kalangan emiten maupun investor.

Contoh Growth Stocks Terkenal

Ada banyak saham growth yang sudah dikenal luas oleh publik sebagai saham-saham terpercaya. Umumnya, saham-saham tersebut juga sudah masuk ke dalam daftar IDX Growth30 secara rutin setiap tahunnya, seperti:

1. BBCA

BBCA tentu sudah banyak diketahui oleh publik. Saham PT Bank Central Asia di sektor finansial ini memberikan performa yang sangat mengesankan sehingga banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya pada saham blue chip tersebut.

Saham ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan kebutuhan sektor keuangan yang semakin tinggi. Reputasi perusahaan juga terbilang tinggi sehingga Smart People tidak perlu ragu memilih saham BBCA untuk investasi jangka panjang maupun pendek.

2. ADRO

Saham growth juga banyak yang berasal dari sektor energi, termasuk saham dari emiten PT Adaro Energy, Tbk yang satu ini. Saham tersebut terus menunjukkan performa yang sangat baik sehingga patut menjadi saham yang harus Smart People pertimbangkan.

Dari segi reputasi, para investor tentu sudah sangat mengenal saham ADRO. Terlebih, emiten saham ini juga dikenal sebagai salah satu leader dalam dunia industri energi. Tidak mengherankan jika banyak investor yang mengincar ingin membeli saham tersebut.

3. EMTK

Saham-saham di bidang teknologi dan penyiaran seperti EMTK juga kerap dipilih untuk diinvestasikan. Saham dari emiten PT Elang Mahkota Teknologi, Tbk tersebut bahkan menjadi salah satu saham leader di dunia penyiaran dan teknologi saat ini.

Performa yang diberikan oleh saham tersebut juga cukup mengesankan meskipun sempat mengalami sedikit penurunan dalam beberapa waktu belakangan ini. Namun, bukan berarti Smart People tidak akan mendapatkan banyak imbal hasil jika berinvestasi saham tersebut.

Contoh Growth Stocks yang Kurang Dikenal

Tidak hanya saham-saham terkenal saja yang masuk ke dalam daftar growth stocks. Ada juga saham-saham yang mungkin saja belum Smart People ketahui namun tetap memiliki performa yang sangat mengesankan, seperti:

1. GJTL

Smart People mungkin jarang mendengar saham GJTL dari PT Gajah Tunggal, Tbk. Meski demikian, saham yang bergerak di sektor industri ban ini menjadi salah satu yang terbesar. Kendati kurang banyak diketahui, performa saham ini dirasakan selalu mengalami peningkatan.

2. MIKA

Saham dari PT. Mitra Keluarga Karyasehat Tbk mungkin juga kurang familiar bagi Smart People. Padahal, saham ini termasuk ke dalam daftar terbaik saham-saham growth yang terbit pada Mei 2024 lalu. Tentu bisa menjadi pertimbangan yang tepat untuk berinvestasi.

Rekomendasi Growth Stocks untuk 2024

Memilih saham-saham growth bisa dilakukan dengan melihat saham-saham yang masuk ke dalam IDX Growth30. Ada beberapa saham yang bisa dipilih, mulai dari saham-saham di sektor energi, telekomunikasi, hingga keuangan.

Adapun saham-saham yang bisa menjadi pertimbangan seperti TLKM, BBCA, KLBF, hingga AMRT bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memiliki reputasi baik, emiten saham tersebut juga tumbuh secara pesat dan menjadi pilihan bagi banyak kalangan masyarakat.

Itulah beberapa hal mengenai growth stocks beserta dengan contoh dan rekomendasinya. Bagi Smart People yang ingin khusus mendapatkan imbal hasil, saham jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski demikian, pastikan Smart People selalu melakukan analisis dan memperhatikan potensi risikonya sehingga tetap mendapat imbal hasil yang sepadan.

Nah, untuk mendapatkan informasi lebih mengenai saham-saham potensial, Smart People wajib menggunakan aplikasi investasi berkualitas. Seperti RHB Tradesmart ID yang sudah dibekali dengan berbagai fitur smart yang akan membantu aktivitas investasi menjadi semakin mudah. Download sekarang di Play Store atau App Store!

Referensi:

Haidar, Aiq. (2022). Ciri-Ciri Saham Growth Stocks, Lengkap Beserta Contohnya. IDXChannel.com

Hayes, Adam. (2023). Growth Stock: What It Is, Examples, vs. Value Stock. Investopedia.com

Medina, M. Ichsan. (2023). Growth Stock: Arti, Karakteristik, dan Cara Mengetahuinya. Glints.com

Tim Redaksi. (2024). IDX Index Fact Sheet IDXG30 May 2024. Diakses dari https://www.idx.co.id/Media/2hvnt5nv/fs-idxg30-2024-05.pdf

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal