<< Back

Government Bonds VS Corporate Bonds dan Bagaimana RHB TradeSmart ID Membantu Anda Dalam Mencapai Tujuan Investasi

Di Indonesia terdapat dua jenis obligasi (bonds) berdasarkan penerbit yakni government bonds dan corporate bonds. Produk keuangan ini cukup banyak dilirik sebagai investasi selain saham. Pasalnya, obligasi menawarkan imbal hasil yang menarik tetapi dengan risiko yang lebih rendah.

Imbal hasil yang bisa diperoleh investor dari obligasi berupa kupon dan capital gain. Apakah Smart People lebih memilih investasi pada obligasi pemerintah atau obligasi korporasi?

Pengertian Government Bonds

Obligasi pemerintah adalah surat utang (obligasi) yang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Penerbitan obligasi pemerintah biasanya bertujuan sebagai pendanaan untuk proyek-proyek di kementerian atau lembaga pemerintah.

Jenis obligasi ini cukup diminati karena diterbitkan oleh pihak terpercaya yakni pemerintah dan risiko gagal bayar yang lebih rendah. Memiliki pasar yang likuid sehingga mudah jika Smart People ingin menjualnya kembali.

Beberapa obligasi pemerintah diperdagangkan di pasar sekunder, tetapi dengan harga yang mengikuti kondisi pasar. Berbeda jika Smart People membeli obligasi di pasar primer atau saat IPO, harga jualnya sesuai dengan nilai obligasi.

Ketika Smart People membeli obligasi, berarti Smart People berinvestasi kepada pemerintah. Sebagai imbal baliknya, pemerintah akan memberikan kupon yang dibayarkan selama jangka waktu obligasi sampai dengan tanggal jatuh tempo.

Selain itu, Smart People juga bisa mendapatkan imbal hasil berupa capital gain atau selisih harga jual dengan harga beli obligasi. Hal penting yang perlu diperhatikan ketika berinvestasi pada obligasi pemerintah adalah suku bunga yang ditawarkan.

Kebanyakan obligasi pemerintah menyediakan suku bunga tetap. Artinya, imbal hasil yang akan diperoleh nilainya tetap. Ini mungkin terlihat aman, tetapi kurang menguntungkan jika ternyata suku bunga naik.

Misalnya, Smart People membeli obligasi dengan suku bunga tetap sebesar 2% per tahun. Kemudian, ada kenaikan suku bunga global menjadi 3,5 % per tahun. Smart People tetap mendapatkan imbal hasil berdasarkan suku bunga yang lama atau hanya memperoleh 0,5% secara riil.

Pengertian Corporate Bonds

Obligasi korporasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh suatu korporasi atau perusahaan berbadan hukum. Perusahaan yang menerbitkan obligasi ini bisa BUMN, BUMD, maupun perusahaan swasta.

Investor dapat berinvestasi pada obligasi perusahaan ini dengan imbal hasil berupa kupon dan capital gain seperti halnya obligasi pemerintah. Dana yang diinvestasikan dapat digunakan untuk tambahan modal perusahaan.

Sebagai imbalan untuk investor, perusahaan akan memberikan sejumlah bunga selama masa berlaku obligasi atau yang biasa disebut kupon. Ketika masa berlaku obligasi habis atau mencapai tanggal jatuh tempo, pembayaran kupon dihentikan dan investasi awal akan dikembalikan kepada investor.

Jenis dan Contoh Government Bonds

Pemerintah menerbitkan obligasi dengan nilai investasi yang bervariasi dan jangka waktu kurang dari 5 tahun. Beberapa contoh obligasi pemerintah yang menarik untuk dijadikan investasi antara lain:

1. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)

ORI adalah salah satu contoh obligasi pemerintah yang cenderung murah karena berupa ritel. ORI diterbitkan pemerintah Indonesia secara rutin 2 kali dalam setahun.

2. Saving Bond Ritel (SBR)

Contoh obligasi pemerintah berikutnya adalah SBR. Berbeda dengan ORI, obligasi SBR ini tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder.

3. Sukuk Ritel

Sukuk adalah obligasi yang dijalankan sesuai prinsip syariat Islam. Sukuk ritel yang diterbitkan pemerintah biasanya memberikan imbalan melebihi tabungan deposito.

Jenis dan Contoh Corporate Bonds

Penerbitan obligasi korporasi pada umumnya ditujukan untuk ekspansi bisnis. Di Indonesia, jenis obligasi ini yang paling banyak diterbitkan seperti beberapa contoh obligasi berikut.

  1. Obligasi Berkelanjutan I PT Kereta Api Indonesia Seri A Tahun 2022 (kupon 7,1% dan jangka waktu 5 tahun).
  2. Obligasi Berkelanjutan I PT Bank Mandiri Taspen Seri A Tahun 2021 (kupon 6,5% dan jangka waktu 3 tahun).
  3. Obligasi Berkelanjutan I PT Angkasa Pura I Seri D Tahun 2021 (kupon 7,65% dan jangka waktu 10 tahun).

Perbedaan Government dan Corporate Bonds

Untuk memudahkan Smart People memahami corporate dan government bonds, terdapat beberapa perbedaan yang perlu diketahui.

1. Pihak Penerbit Obligasi

Obligasi pemerintah diterbitkan pemerintah Republik Indonesia melalui kementerian keuangan. Sedangkan obligasi korporasi diterbitkan oleh perusahaan tercatat yang memenuhi kriteria.

2. Tujuan Penerbitan Obligasi

Tujuan penerbitan obligasi pemerintah adalah untuk membiayai program-program pembangunan di dalam pemerintahan. Sementara itu, penerbitan obligasi korporasi bertujuan untuk pembiayaan kegiatan perusahaan.

3. Karakteristik Obligasi

Obligasi pemerintah menawarkan coupon rate yang lebih kompetitif dibanding rata-rata bunga deposito. Sedangkan coupon rate pada obligasi korporasi biasanya lebih tinggi daripada rata-rata bunga deposito dan obligasi pemerintah.

Cara Transaksi saham di RHB Tradesmart ID untuk Membeli Saham Government Bonds dan Corporate Bonds

Investasi obligasi pemerintah maupun korporasi semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi RHB TradeSmart ID dari RHB Sekuritas. Bagaimana cara menggunakannya untuk membeli saham?

  1. Buka aplikasi RHB TradeSmart ID (pastikan sudah upgrade ke aplikasi terbaru)
  2. Cari saham atau obligasi (produk investasi yang ingin dibeli)
  3. Klik tombol “Buy” untuk membeli saham atau obligasi
  4. Masukan jumlah unit pembelian
  5. Konfirmasi pembelian

Bagaimana, tertarik untuk berinvestasi pada government dan corporate bonds? Selalu perbarui informasi Smart People mengenai obligasi dan jangan lupa download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store.

Referensi:

Abdullah Azza. 2023. “Catat! Ini 3 Perbedaan Obligasi Pemerintah dan Korporasi”. Bisnis.com

James Chen. 2024. “Government Bond: What It Is, Types, Pros and Cons”. Investopedia.com

James Chen. 2024. “Corporate Bond: Definition and How They’re Bought and Sold”. Investopedia.com

Anggi Mardiana. 2023. “Contoh Obligasi Pemerintah dan Korporasi untuk Pertimbangan Investasi”. Katadata.co.id

Rizqi Akbar. 2023. “Apa Itu Obligasi Pemerintah? Simak Penjelasannya di Sini!”. Flip.id

 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal