<< Back

Gen Z Mau Punya Gaji 2 Digit? Ini Daftar Pekerjaannya!

Gaji 2 digit

Dalam memilih suatu pekerjaan, tidak jarang kita akan senantiasa mempertimbangkan besaran gaji yang ditawarkan. Terlebih saat ini, tidak sedikit pekerjaan yang menawarkan gaji 2 digit baik bagi mereka yang sudah berpengalaman hingga bagi para gen z dan fresh graduate sekalipun.

Daftar Pekerjaan dengan Gaji 2 Digit

Memiliki penghasilan 2 digit sama saja dengan gaji belasan juta rupiah setiap bulannya. Tentu saja, ini merupakan angka yang fantastis. Sayangnya, hanya beberapa jenis pekerjaan saja yang bisa menawarkan gaji sebesar itu untuk para lulusan baru, misalnya seperti berikut.

1. Industri tambang dan migas

Tidak dapat dipungkiri, industri migas dan pertambangan sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu bidang industri dengan gaji yang tinggi. Untuk industri pertambangan dan migas skala BUMN saja, gaji per bulan bisa mencapai 11-15 juta rupiah, bahkan lebih.

Sebagai contoh, untuk fresh graduate yang bekerja di PT Freeport, Smart People dapat mengantongi gaji hingga 10-40 juta per bulan tergantung dari jabatannya. Tentu saja belum termasuk dengan berbagai fasilitas dan tunjangan tambahan lainnya.

Smart People juga dapat menjajal profesi pekerjaan gaji 2 digit yang satu ini di sektor swasta, baik dari perusahaan dalam negeri maupun luar negeri seperti Total atau Chevron. Gajinya tidak perlu diragukan lagi, bahkan bisa mencapai 2-3 kali lipat dari gaji staf BUMN.

2. Pilot

Bukan rahasia umum lagi jika pilot menjadi salah satu profesi dengan penghasilan yang tinggi. Untuk menjadi pilot yang andal, dibutuhkan pendidikan dan pelatihan selama 1-2 tahun. Meskipun begitu, karir yang ditawarkan cenderung stabil dengan gaji menggiurkan.

Umumnya, karir yang dimaksud terdiri dari 3 jenjang, yaitu second officer (SO), first officer (FO), hingga captain. Bagi lulusan baru yang masih pada jenjang SO saja, Smart People setidaknya bisa menghasilkan 15-20 juta rupiah per bulan.

Kendati demikian, jumlah atau nominal pastinya tentu akan berbeda tergantung maskapan pilot tersebut. Selain itu, berbagai tunjangan dan bonus lain di luar gaji pokok juga tidak jarang akan tetap menanti. Dapat dibayangkan betapa menggiurkan gajinya, bukan?

3. Software engineer

Beberapa orang juga akan memilih profesi dan karir di bidang IT untuk bisa mendapatkan gaji 2 digit. Salah satu jenis pekerjaan yang dapat Smart People pilih adalah software engineer, yang bertanggung jawab mendesain dan merancang suatu sistem komputer maupun aplikasi.

Lingkup kerjanya cukup luas, mulai dari analisis kebutuhan pengguna, melakukan konstruksi software, hingga uji coba. Meski demikian, kebutuhan di dunia kerja untuk bidang profesi ini sangatlah tinggi sehingga untuk fresh graduate saja, bisa mendapatkan gaji hingga 15 juta!

4. Ahli sipil dan konstruksi

Bidang konstruksi dan properti sudah semakin berkembang saat ini sehingga membuat banyak perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidangnya. Smart People lulusan Teknik Sipil atau Arsitektur tentu perlu mengetahui peluang yang ada di berbagai perusahaan hingga instansi.

Bagi para fresh graduate saja, bekerja di bidang ini bisa mendapatkan gaji 2 digit. Hal ini seperti pada ahli konstruksi di DKI Jakarta yang dapat memperoleh gaji bulanan hingga 20 juta rupiah, bahkan jika berpengalaman bisa mendapatkan hingga 60 juta rupiah!

5. Digital marketing manager

Siapa bilang seorang Gen Z tidak bisa menjadi seorang manager? Di berbagai startup, akan sangat memungkinkan hal tersebut, terutama jika memiliki skill yang mumpuni. Bahkan, gaji 2 digit akan sangat mungkin Smart People dapatkan jika menjadi manager digital marketing.

Digital marketing manager memiliki tanggung jawab untuk mengelola upaya pemasaran digital suatu perusahaan. Tidak hanya membutuhkan keterampilan marketing dan analisis tren, Smart People juga harus mampu menyusun strategi pemasaran itu sendiri.

6. Influencer/Content creator

Smart People yang sedang mencari pekerjaan paruh waktu gaji 2 digit juga bisa menjajal profesi kekinian yang satu ini. Meskipun pada dasarnya seorang content creator dapat bekerja di berbagai perusahaan atau agensi, tidak menutup kemungkinan juga bisa menjadi influencer.

Pasalnya, keduanya sama-sama memerlukan skill untuk memproduksi konten digital yang menarik dan berpengaruh terhadap audiens. Apalagi di zaman yang serba digital seperti saat ini. Semakin viral dan konsisten konten yang Smart People buat, penghasilan bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

7. Investor saham

Smart People juga dapat menjadi seorang investor, terutama investor saham, jika ingin mendapatkan gaji hingga 2 digit. Saham menjadi instrumen investasi dengan imbal hasil yang besar dan berlipat ganda jika dijalankan secara tepat dan maksimal.

Menjadi investor saham yang sukses memang bukan hal yang mudah, namun tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk itu, Smart People sudah pasti membutuhkan aplikasi investasi yang tepat guna mendukung semua aktivitas investasi yang akan dijalankan, seperti RHB Tradesmart ID.

Selain banyaknya fitur yang tersedia, aplikasi ini juga dikenal anti-lag sehingga cocok digunakan kapan saja dan di mana saja. Download RHB Tradesmart ID di Play Store atau App Store sekarang juga dan raih kesempatan gaji 2 digit di depan mata!

Referensi:

Hasibuan, Linda. (2022). Ada yang Rp100 Juta, Ini 10 Profesi dengan Gaji Tertinggi RI. CNBC Indonesia

Purbowati, Deni. (2021). 6 Profesi dengan Gaji Double Digit di Indonesia Saat Ini. Akupintar.id

Ranitta, Angela. (2023). 10 Profesi Menjanjikan yang Berani Bayar Kamu Gaji Dua Digit. Girlsbeyond.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal