<< Back

Gak Tahu Apa Yang Harus Dilihat Dari Perusahaan Baru IPO? Ini Listnya

ipo

Emiten yang melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) sering menjadi incaran bagi banyak investor. Sentimen positif ini tentu terjadi karena investor mengharapkan imbal hasil yang tinggi dari saham-saham tersebut. Perlu edukasi untuk investor yang ingin menanamkan modal atau investasi saham online yang baru IPO.

Meski nilai saham IPO biasanya akan naik signifikan pada hari pertama perdagangan, sebaiknya Smart People tetap melakukan analisis terlebih dahulu sebelum membeli saham tersebut. Berikut beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dari perusahaan yang baru IPO.

Calon investor sebaiknya memahami beberapa ‘jurus’ sebelum memutuskan membeli saham IPO. Perhatikan karakteristik perusahaannya dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut.

1. Tujuan perusahaan melakukan IPO

Hal yang perlu diperhatikan dari perusahaan yang melakukan IPO adalah tujuannya. Sebelum Smart People membeli saham IPO tersebut, sebaiknya pahami dulu apa tujuan emiten melakukan IPO.

Perusahaan dapat melakukan penjualan saham perdana atau IPO dengan beberapa tujuan seperti ekspansi bisnis atau membayar utang perusahaan. Jika perusahaan IPO karena membutuhkan dana untuk ekspansi bisnis yang lebih besar, Smart People bisa memanfaatkannya untuk investasi jangka panjang.

Namun pertimbangkan ulang jika tujuan perusahaan melakukan IPO adalah untuk membayar utang perusahaan. Hal ini penting untuk dipertimbangkan agar Smart People tidak mengalami risiko yang tidak diinginkan.

2. Membaca prospektus perusahaan IPO

Selain tujuan IPO, poin penting yang perlu Smart People pertimbangkan adalah prospektus perusahaan supaya tidak salah pilih. Hal yang paling penting dalam membaca prospektus perusahaan adalah terkait laporan keuangannya. Meski kebanyakan laporan keuangan yang disediakan cukup terbatas hanya 2,3 tahun ke belakang tetapi Smart People tetap bisa menggunakannya.

Melalui laporan keuangan perusahaan, Smart People dapat mengecek bagaimana kondisi kesehatan keuangan emiten yang melakukan penawaran IPO. Prospektus yang diterbitkan sebelum perusahaan melakukan IPO dapat menjadi pertimbangkan sebelum Smart People membelinya.

Prospektus perusahaan untuk bahan pertimbangan investasi saham online yang IPO tidak hanya berisi laporan keuangan, melainkan beberapa informasi lain seperti riwayat usaha, jenis atau sektor usaha, dan prospek bisnis.

3. Jumlah saham yang di-IPO-kan

Apabila saham yang di-IPO-kan semakin sedikit, semakin besar peluang harga saham tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada saham IPO ini biasanya juga bertahan cukup lama sehingga bisa menjadi pilihan Smart People untuk investasi jangka panjang.

Beberapa perusahaan mungkin juga menggunakan strategi IPO untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya yang sudah dibuat perusahaan. Biasanya akan ditandai dengan aksi korporasi lain yang mengikuti setelah peluncuran saham IPO dari emiten tersebut.

4. Respon pasar terhadap saham IPO

Hal penting lainnya yang sebaiknya dipertimbangkan Smart People sebelum membeli saham IPO adalah respons pelaku pasar terhadap saham IPO tersebut. Respon pasar yang positif dapat menaikkan harga saham secara signifikan yang membuat saham IPO menjadi incaran banyak investor.

Smart People juga bisa belajar investasi saham dengan membeli saham-saham IPO yang banyak direkomendasikan. Smart People dapat mencari informasinya melalui internet, berita saham, atau lainnya.

5. Analisis faktor fundamental perusahaan IPO

Tidak kalah penting juga untuk mempertimbangkan faktor fundamental dari perusahaan yang melakukan IPO. Smart People dapat melakukan analisis fundamental pada perusahaan tersebut sebelum memutuskan untuk membeli sahamnya.

Perhatikan beberapa indikator yang digunakan untuk analisis fundamental seperti Price to Book Value (PVB), Price Earning Ratio (PER), dan lain sebagainya. Selain itu, harga saham yang ditawarkan juga bisa menjadi pertimbangan yang penting untuk Smart People masukan.

Jika saham IPO yang ditawarkan terlalu murah, biasanya fundamental perusahaan tersebut juga tidak terlalu bagus. Hal ini cukup penting untuk prospek harga saham kedepannya meski di awal-awal harganya mengalami kenaikan.

Fitur Smart Rate RHB yang Menarik

Apabila Smart People tertarik untuk investasi saham dari perusahaan IPO tetapi saldo di rekening saham tidak mencukupi, bisa menggunakan fasilitas margin saham yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas. Nah, untuk Smart People yang belum memiliki rekening margin, saat ini ada promo menarik dari Smart Rate RHB yang menawarkan bunga margin sangat mantap.

Smart People hanya dikenai bunga margin 9% per tahun atau 0,025% per hari. Jika dibandingkan bunga margin pasar saat ini yang berkisar 15% hingga 18% per tahun, tentunya Smart Rate menjadi bunga margin terendah nomor 1 saat ini.

Bisa dipakai untuk para trader, baik yang sudah profesional maupun yang masih belajar saham pemula sekalipun. Asalkan mampu membaca tren, mengelola risiko, dan menganalisis saham, maka tidak ada salahnya menggunakan margin trading.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dari perusahaan yang baru IPO. Sebelum investasi saham online pada saham-saham online, pastikan Smart People sudah melakukan analisis terlebih dahulu.Tertarik untuk berinvestasi di pasar saham? Smart People kini bisa melakukannya melalui aplikasi saham online dari RHB Sekuritas. Aplikasi RHB TradeSmart menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu transaksi jual beli saham lebih mudah. Download aplikasi RHB TradeSmart di Play Store dan App Store untuk mendapatkan beragam manfaatnya.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal