<< Back

Frugal Living: 3 Cara Jitu Penerapan di Investasi Saham

Belakangan, mungkin Smart People kerap kali mendengar istilah frugal living. Secara garis besar, istilah ini merujuk pada gaya hidup hemat dengan tujuan agar bisa menabung lebih banyak. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, konsep ini juga bisa diaplikasikan saat investasi saham. Simak bagaimana penerapan konsep living frugal saat berinvestasi di bawah ini.  

Pengertian dan Tujuan Frugal Living

Gaung living frugalmakin lama makin terdengar. Istilah ini merujuk pada gaya hidup yang menekankan pada kesederhanaan dan keminimalisan. Adapun ciri utama dari seseorang yang menganut living frugal adalah memilih untuk membeli barang dengan harga yang paling murah, namun dengan tetap memperhatikan efisiensi dan manfaat penggunaan barang tersebut untuk jangka lama.

Konsep ini bisa dibilang merupakan gaya hidup yang simpel. Alih-alih membeli barang barang yang sama fungsinya, penganut konsep ini hanya akan membeli satu barang saja yang bisa digunakan untuk waktu yang lama. Bagi penganut frugal, lebih baik menyisihkan lebih banyak dana untuk ditabung, alih-alih digunakan untuk membeli barang dengan maksud bermewah-mewahan. 

Tercapainya kebebasan finansial merupakan salah satu tujuan utama dari hidup frugal. Dengan membeli barang yang murah harganya, namun bisa digunakan untuk waktu yang lama, maka pengeluaran akan bisa dihemat untuk beberapa waktu ke depan. Selain itu, dana yang bisa diinvestasikan akan lebih besar jumlahnya, sehingga kebebasan finansial akan makin cepat bisa diraih.  

Cara Melakukan Frugal Living secara Umum 

Orang yang menjalankan hidup frugal tahu benar bahwa harus ada bujet keuangan yang diatur secara khusus, entah itu untuk pengeluaran maupun tabungan. Makanya, tidak mengherankan jika orang yang menjalankan frugal living terbiasa menyusun bujet dan memastikan batas untuk semua pengeluaran yang akan dilakukannya. 

Smart People bisa menjalankan frugal living dengan cara membeli barang berdasarkan kualitasnya, bukan dari kuantitasnya. Barang yang bagus kualitasnya tersebut akan bisa digunakan untuk waktu yang lama, sehingga untuk beberapa waktu ke depan tidak perlu lagi dilakukan pembelian. Pengeluaran bisa dikurangi, sedangkan tabungan akan bisa ditambah. 

Selain itu, orang yang menjalankan gaya hidup frugal living juga terbiasa menyortir barang-barang yang dimilikinya di rumah. Dengan cara ini, mereka akan mengetahui apa saja barang yang sudah dimilikinya, sehingga akan menghindarkan mereka dari kemungkinan membeli barang yang sama untuk kedua kalinya. 

Cara Menerapkan Frugal Living Saat Investasi Saham 

  1. Pertimbangkan Emiten Saham yang Ingin Dikoleksi 

Salah satu ciri dari frugal living adalah hanya membeli barang yang dibutuhkan dan memberikan manfaat, bukannya membelinya hanya karena sekadar ikut-ikutan saja. Nah, prinsip frugal living yang seperti ini bisa dipakai saat akan mengoleksi emiten saham, apakah saham yang dibeli memang sesuai pertimbangan atau sekadar ikut-ikutan beli saham yang sedang happening saja. 

Tidak sedikit saat ini orang-orang yang membeli suatu emiten saham, hanya karena orang lain berbondong-bondong membeli saham tersebut. Padahal, memilih saham bukan hanya sekadar banyak-banyakan pembelinya saja. Pastikan dulu apakah emiten saham itu memang sesuai dengan profil risiko Smart People, serta pastikan bisa mendukung pencapaian tujuan keuangan nantinya.

  1. Atur Bujet untuk Investasi Saham 

Orang yang menjalankan frugal living tentu tahu benar pentingnya penyusunan bujet. Nah, dalam menjalankan investasi saham, penyusunan bujet juga begitu penting untuk Smart People terapkan. Lakukan perhitungan dengan cermat terkait dengan berapa pemasukan yang akan dialokasikan untuk kebutuhan investasi saham ini.

Bujet yang dialokasikan untuk investasi saham jangan sampai membuat alokasi bujet untuk kebutuhan wajib malah menjadi kurang. Nah, tanamkan pada diri sendiri untuk tidak melampaui jumlah bujet yang telah ditentukan untuk investasi saham tersebut. Jangan sampai nanti batasan bujet yang sudah dibuat malah dilanggar karena kalap dan ingin cepat kaya saat investasi saham. 

  1. Pilih Saham yang Berkualitas

Penganut frugal living membeli barang yang harganya terjangkau, namun kualitasnya bukan abal-abal. Barang tersebut bisa digunakan dan bermanfaat untuk waktu yang lama, sehingga tidak perlu sering-sering membelinya. Nah, dalam investasi saham, jalankan konsep frugal living tersebut dengan cara membeli saham yang memang berkualitas. 

Tidak masalah jika harganya murah, Smart People hanya perlu memastikan kalau saham tersebut memang potensial. Cermati dulu bagaimana kondisi saham tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya, karena semakin solid dan bagus sistem kerja emiten saham tersebut, maka prospek saham ke depannya terbilang cukup stabil dan potensial. 

Jalankan Konsep Frugal Investing dengan RHB Tradesmart ID 

Tidak hanya berkonsep frugal saat menjalankan aktivitas sehari-hari, konsep frugal juga bisa diterapkan saat berinvestasi. Smart People bisa gunakan RHB Tradesmart ID, aplikasi investasi dan trading saham, untuk mendukung aktivitas investasi dengan konsep yang sama dengan frugal living tersebut. Memulainya pun bisa dengan modal awal hanya Rp100.000 saja. 

RHB Tradesmart ID punya Smart Analyzer, fitur yang membantu penggunanya untuk menganalisis saham-saham incarannya. Dengan pakai fitur ini, Smart People bisa terbantu dalam menemukan saham yang potensial dan bagus kualitasnya. Pengambilan keputusan-keputusan terkait dengan investasi saham juga bakal jadi lebih mudah dengan adanya fitur canggih satu ini. 

Sudah siap meraup imbal hasil investasi saham di tahun 2024 ini? Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga, lalu mulai investasi saham dengan konsep frugal living sekarang juga.  

Sumber: 

Smith, Lisa. 2023, Agustus 26. Are You As Frugal As Warren Buffett? Investopedia. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/financialcareers/10/buffett-frugal.asp

BFI Admin. 2022, Oktober 21. It’s Frugal – Living, a Thrifty Living Concept that Makes You Rich Quickly. BFI Finance. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui https://www.bfi.co.id/en/blog/mengenal-frugal-living-konsep-hidup-hemat-yang-bikin-cepat-kaya

Linton, Alaya. 12 Frugal – Living Tips to Help You Save More Money. Synchrony. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui https://www.synchronybank.com/blog/12-frugal-living-tips/

 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal