<< Back

Fakta Tentang Konsep Price Earning Ratio dalam Dunia Saham

price earning ratio

Price Earning Ratio atau PER menjadi salah satu istilah penting yang harus Smart People pahami dalam dunia saham. Ini merupakan bagian penting yang akan membantu investor menentukan pilihan mereka. Mari kenali lebih dalam apa sebenarnya PER itu dan apa saja manfaatnya bagi para investor yang berinvestasi di dunia saham.

Apa Itu Price Earning Ratio

Di bidang keuangan, memang ada beberapa jenis rasio yang nantinya bisa jadi bahan analisis fundamental. Termasuk salah satunya adalah PER ini. Umumnya, PER akan dipakai untuk mengukur dan menganalisis risiko. Selain itu PER juga bisa membantu menilai mahal atau murahnya sebuah saham sesuai kemampuan perusahaan tersebut untuk menghasilkan imbal hasil bersih. 

Singkatnya, Price Earning Ratio adalah sebuah besaran angka yang biasa digunakan untuk memprediksi valuasi harga dari sebuah saham. Nantinya PER ini akan menjadi angka yang masuk ke analisis fundamental keuangan dari sebuah perusahaan. PER akan menunjukkan indikasi harga saham saat ini setara dengan berapa jumlah imbal hasil bersih dalam kurun waktu satu tahun. 

Sebagai catatan, semakin tinggi price earning ratio maka akan semakin besar pula harga saham tersebut. Artinya, semakin bagus pula performa dari tiap lembar saham perusahaan tersebut. Performa yang dimaksud di sini adalah performa saham untuk menghasilkan imbal hasil yang optimal baik bagi perusahaan maupun pemegang saham itu sendiri. 

Sampai di sini jelas bahwa PER memiliki peran penting dalam analisis fundamental sebuah saham. Investor harus mempertimbangkannya baik-baik agar bisa menjatuhkan pilihan pada jenis saham yang tepat. Jika bisa melakukan analisis yang tepat maka Smart People bisa saja mendapatkan imbal hasil lebih besar. 

Manfaat

Tentunya PER ini memiliki manfaat tertentu sehingga dianggap penting dalam dunia investasi saham. Sebagai investor, Smart People harus paham apa saja manfaat dari PER. Berikut adalah beberapa manfaat yang diberikan:

  1. Mempermudah Evaluasi Investasi Prospektif

Manfaat yang pertama adalah mempermudah evaluasi investasi prospektif. Bagaimanapun juga investasi saham pasti dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan imbal hasil optimal. Setiap investor pasti ingin menyusun strategi terbaik agar bisa mencapai target finansial mereka lewat imbal hasil investasi saham tersebut. 

PER akan membantu Smart People untuk mengetahui lebih jelas, saham mana yang punya potensi untuk memberi imbal hasil besar di masa depan. Melalui analisis PER ini, Smart People bisa tahu mana pilihan saham yang bagus dan potensial. Smart People juga dapat lebih mudah memahami kondisi imbal hasil dari saham perusahaan tersebut. 

  1. Membantu Investor untuk Mengambil Keputusan

Analisis PER juga akan membantu investor untuk mengambil keputusan penting dalam berinvestasi. Dalam melakukan investasi saham, Smart People pasti berusaha untuk berhati-hati. Setiap keputusan yang diambil harus melalui pertimbangan matang terlebih dahulu agar tidak salah langkah dan merugikan diri sendiri. 

PER dapat menjadi dasar bagi investor dalam mengambil keputusan. Sebelum berinvestasi, sudah pasti investor akan berusaha untuk melakukan analisis dan mempelajari prospek dari saham yang ingin dibeli. Dalam hal ini PER bisa menjadi acuan dan mempermudah investor menemukan mana saham yang paling tepat. 

  1. Membantu Memperkirakan Nilai Pasar Suatu Saham

Dalam kegiatan jual beli saham, Smart People juga harus memahami nilai pasar dari sebuah saham. Hal ini tidak hanya berlaku bagi investor tetapi juga bagi pengusaha yang ingin menjual saham dari perusahaan mereka. Mereka harus memahami PER sehingga bisa lebih mudah mengambil keputusan ke depannya. 

Perhitungan PER akan memiliki peran supaya persepsi pasar di suatu saham bisa dipahami dengan baik. Dari sini Smart People juga bisa memahami kondisi naik turunnya nilai saham yang kemudian akan mengarahkan investor pada kondisi perusahaan tersebut. 

Cara Menghitung

Tentunya para investor perlu memahami seperti apa cara menghitung PER yang benar. Apabila Smart People sudah tahu seperti apa cara menghitung PER dan bagaimana langkah analisisnya maka investasi bisa berjalan lebih efektif. Berikut adalah rumus Price Earning Ratio yang bisa dijadikan sebagai acuan:

PER = Closing Price : EPS

Apa itu EPS? EPS merupakan Earning Per Share. Ini merupakan poin penting yang terlibat dalam perhitungan PER. Sementara itu closing price merupakan harga per lembar saham saat bursa ditutup. 

Mari buat contoh perhitungannya! Katakanlah ada dua perusahaan yaitu PT A dan PT B. PT A memiliki closing price sebesar Rp50.000,00 dan PT B tercatat memiliki closing price Rp5.000,00. Kemudian untuk EPS PT A diketahui Rp4.000 selama setahun dan PT B adalah Rp100,00. Berikut perhitungan PER bagi kedua perusahaan tersebut:

PER PT A: Rp50.000,00 : Rp4.000,00 = 12,5

PER PT B: Rp5000,00 : Rp100,00 = 50

Dari sini bisa diketahui bahwa PER PT A ternyata lebih rendah dibandingkan PT B. Ingat kembali teori sebelumnya mengenai PER. Semakin tinggi nilai PER dari perusahaan berarti menunjukkan bahwa perusahaan tersebut punya nilai saham yang tinggi dan akan mengalami perkembangan. 

Hanya saja perlu diketahui bahwa perusahaan dengan nilai PER yang terlalu tinggi juga punya nilai volatilitas yang tinggi. Hal ini menandakan bahwa nilai saham tersebut overvalued atau terlalu tinggi nilainya. Ini juga harus jadi pertimbangan agar Smart People tidak terjebak dalam situasi yang merugikan. 

Price Earning Ratio jelas menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan para investor. Analisis yang cermat bisa memberi imbal hasil optimal jika Smart People juga memakai aplikasi investasi yang tepat. Pilih RHB Tradesmart ID yang sudah dilengkapi fitur analisis canggih dan menawarkan biaya transaksi terjangkau. Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga!

Sumber:

Hadijah, Siti. (2021, Desember 14). Price Earning Ratio (PER): Pengertian, Cara Menghitungnya. Diakses pada tanggal 7 Mei 2023 melalui https://www.cermati.com/artikel/price-earning-ratio-per-pengertian-cara-menghitungnya.

Wahhab, Abdul. (2023, Januari 12). Price Earning Ratio (PER) Adalah: Memahami Apa Itu P/E Ratio. Diakses pada tanggal 7 Mei 2023 melalui https://landx.id/blog/price-earning-ratio-adalah/.Pamela. (2023, April 26). Price Earning Ratio, Cara Mudah Cari Saham Murah. Diakses pada tanggal 7 Mei 2023 melalui https://ajaib.co.id/price-earning-ratio-adalah/.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal