<< Back

Fakta Tentang Financial Planning yang Perlu Kamu Ketahui!

Setiap orang pasti ingin mencapai tujuan finansial tertentu dalam hidupnya. Ada yang ingin membeli rumah dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan, ada yang ingin mengumpulkan uang untuk pensiun kelak, dan masih banyak lagi. Agar tujuan finansial itu bisa tercapai, dibutuhkan yang namanya financial planning atau perencanaan keuangan. 

Apa Itu Financial Planning?

Financial planning atau perencanaan finansial merupakan perencanaan yang memuat detail tentang kondisi finansial terkini seseorang, berikut dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang finansialnya. Financial planning juga mencakup ragam strategi yang akan digunakan untuk mewujudkan tujuan finansial tersebut. 

Financial planning yang bagus harus memuat detail mengenai cash flow atau arus kas, tabungan, utang, investasi, asuransi, serta elemen penting lainnya dalam kehidupan finansial. Adanya financial planning bisa membantu mengatasi stres terkait keuangan, mendukung pemenuhan kebutuhan terkini, serta sedikit demi sedikit mulai mempersiapkan untuk tujuan jangka panjang. 

Manfaat Perencanaan Finansial

Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan financial planning. Dengan adanya financial planning, Smart People bisa terbantu dalam mencapai tujuan finansial karena memang sudah dibuat sekaligus strateginya dalam financial planning.  Baik itu tujuan finansial jangka pendek atau jangka panjang bisa dibantu dicapai dengan financial planning

Selain itu, dengan adanya financial planning maka Smart People bisa punya persiapan sekiranya di masa depan terjadi hal darurat, seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, hingga jatuh sakit, yang mau tidak mau membuat Smart People harus menyediakan dana yang cukup. Dalam financial planning, pasti ada alokasi untuk dana darurat yang bisa dipakai di saat seperti ini. 

Dengan melakukan financial planning juga, Smart People bisa merasa aman secara finansial. Tidak ada lagi yang namanya takut akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan setiap bulannya, karena memang pengeluaran sudah diatur sedemikian rupa agar bisa sesuai dengan pendapatan yang diterima. Tidak hanya itu saja, bujet untuk tabungan, investasi, dan dana darurat pun sudah tersedia.

Area Perencanaan Finansial

  1. Tujuan Finansial 

Saat membuat rencana, tentu ada tujuan yang ingin dicapai. Maka dari itu, dalam rencana finansial, harus ada yang namanya tujuan finansial. Smart People bisa bedakan tujuan finansial tersebut menjadi tujuan finansial jangka pendek yang diharapkan bisa tercapai dalam jangka waktu 5 tahun ke depan, serta tujuan jangka panjang untuk dicapai dalam 10 tahun yang akan datang. 

  1. Jumlah Kekayaan Bersih 

Area financial planning juga mencakup kekayaan bersih atau net worth. Smart People bisa mengetahui kekayaan bersih yang dimiliki dengan membuat daftar aset apa saja yang dimiliki, termasuk investasi, dan daftar utang. Jumlah kekayaan bersih akan diketahui dengan cara mengurangkan daftar aset dengan utang yang dimiliki. 

  1. Rencana Bujet dan Arus Kas

Dalam financial planning, juga harus ada perencanaan untuk bujet dan arus kas yang nantinya akan membuat Smart People mengetahui, kemana saja keluarnya aliran dana selama ini. Sekiranya ada bujet yang bisa dipotong, maka Smart People pun bisa melakukannya. Smart People bisa pisahkan antara bujet untuk kebutuhan dan bujet untuk keinginan. 

  1. Dana Darurat 

Dana darurat penting adanya saat seseorang berada di kondisi darurat, seperti kehilangan pekerjaan ataupun jatuh sakit. Adanya dana darurat akan bisa menghindarkan diri dari sulitnya pemenuhan kebutuhan sehari-hari, karena pendapatan dialihkan untuk dana darurat tersebut. Jumlah dana darurat baiknya bisa mencukupi biaya hidup selama 3 hingga 6 bulan.  

  1. Asuransi 

Asuransi merupakan pemberi perlindungan bagi kondisi finansial. Saat Smart People berada di posisi genting misalnya akibat sakit dan harus membayar biaya pengobatan yang besar, asuransi bisa membantu memberi jaminan atas pengobatan tersebut. Beberapa asuransi yang tepat untuk dimiliki seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. 

Cara Melakukan Financial Planning 

Rencana finansial bisa Smart People lakukan sendiri atau juga bisa meminta bantuan dari profesional untuk menyusunnya. Perencanaan finansial ini bisa dimulai dan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan area perencanaan finansial yang disebutkan di atas, seperti membuat tujuan finansial, mencari tahu jumlah kekayaan bersih, menghitung bujet, menyimpan dana darurat, dan memiliki asuransi. 

Sekiranya Smart People sudah terlanjur punya utang, jangan lupa juga untuk membuat perencanaan agar utang tersebut bisa sedikit demi sedikit dilunasi. Semakin cepat utang berkurang, maka akan semakin baik pula dampaknya bagi kondisi keuangan dan standar kehidupan. Tidak lupa juga, alokasikan juga dana untuk kebutuhan investasi. 

Sempurnakan Financial Planning dengan Investasi Saham 

Investasi merupakan salah satu bentuk aset dalam rencana finansial, termasuk tentunya investasi dalam bentuk saham. Jika Smart People belum punya aset berupa saham, saatnya Smart People mulai dari sekarang untuk memilikinya, dengan menggunakan dukungan dari aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID

RHB Tradesmart ID memungkinkan Smart People yang masih pemula, untuk merasakan kemudahan dalam investasi saham. Adanya fitur Smart Analyzer memungkinkan Smart People untuk menganalisis saham yang jadi incaran. Biaya transaksi pun dijamin terjangkau dan aman di kantong, karena adanya fitur Smart Rate dan Smart Fee dari RHB Tradesmart ID. 

Jika ingin tujuan finansial Smart People tercapai, lakukanlah financial planning atau rencana keuangan mulai dari sekarang. Adanya rencana finansial bisa membantu untuk mewujudkan tujuan finansial jangka pendek dan jangka panjang dalam kehidupan. Smart People pun jadinya akan merasa aman dan independen dalam hal finansial. 

Sempurnakan rencana finansial Smart People dengan investasi saham via RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID untuk bisa merasakan investasi saham yang mudah dan ekonomis. 

Sumber: 

Manning, Liz. (2023, Februari 15). Financial Plans: Meanin, Purpose, dan Key Components. Investopedia. Diakses pada tanggal 8 Mei 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/f/financial_plan.asp

Charles Schwab Team. 8 Components of a Good Financial Plan. Charles Schwab. Diakses pada tanggal 8 Mei 2023 melalui https://www.schwab.com/financial-planning-collection/8-components-of-good-financial-plan

Voigt, Kevin & Benson, Alana. (2022, Desember 06). What Is a Financial Plan, and How Can I Make One? Nerdwallet. Diakses pada tanggal 8 Mei 2023 melalui https://www.nerdwallet.com/article/investing/what-is-a-financial-plan

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal