<< Back

Dilirik Sejak Pandemi, Ini 10 Daftar Saham Rumah Sakit di Indonesia! 

Saham Rumah Sakit

Bursa Efek Indonesia (BEI) membagi emiten saham ke dalam beberapa sektor, salah satunya adalah sektor layanan kesehatan atau healthcare. Pada sektor healthcare ini, salah satu sub-sektornya adalah healthcare providers atau penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit. Bagi Smart People yang ingin mengoleksinya, yuk simak daftar saham rumah sakit di bawah ini.

Apa Itu Saham Rumah Sakit

Saham rumah sakit merupakan salah satu sub-sektor saham pada sektor healthcare di BEI. Adapun emiten saham di sub-sektor ini merupakan pemilik deretan rumah sakit swasta ternama di tanah air, seperti Siloam dan Hermina. Pada saat ini, jumlah emiten saham rumah sakit yang melantai di BEI masih terbilang sedikit, yakni jumlahnya hanya belasan saja.  

10 Saham Rumah Sakit di Indonesia dengan Nilai Kapitalisasi Tertinggi 2023 

  1. PT. Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. 

PT. Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) merupakan emiten yang dikenal dengan rumah sakit Mitra Keluarga-nya. Pada akhir tahun 2022 lalu, jaringan rumah sakit Mitra Keluarga meliputi sebanyak 18 rumah sakit Mitra Keluarga dan 9 rumah sakit Grup Kasih, yang telah melayani lebih 2,89 juta pasien. Adapun kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai Rp37,82 triliun. 

  1. PT. Siloam International Hospitals Tbk. 

Saham emiten rumah sakit selanjutnya adalah SILO, yang merupakan saham milik PT. Siloam International Hospitals Tbk. Emiten yang merupakan anak perusahaan PT. Lippo Karawaci Tbk. ini sudah memiliki lebih dari 40 rumah sakit yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Pada saat ini, nilai kapitalisasi pasar SILO mencapai angka Rp29,15 triliun. 

  1. PT. Medikaloka Hermina Tbk.

Saham rumah sakit selanjutnya yang nilai kapitalisasi pasarnya terbilang tinggi adalah HEAL, saham milik PT. Medikaloka Hermina, Tbk. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 40 rumah sakit Hermina di Indonesia, yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar HEAL mencapai Rp19,12 triliun.  

  1. PT. Famon Awal Bros Sedaya Tbk. 

PT. Famon Awal Bros Sedaya Tbk (PRAY) atau Primaya Group merupakan emiten yang menaungi Primaya Hospital. Primaya Hospital merupakan nama rumah sakit yang menjadi pengganti nama RS Awal Bros pada tahun 2020 silam. Hingga saat ini, sudah ada belasan Primaya Hospital yang didirikan. Adapun nilai kapitalisasi pasar PRAY mencapai Rp9,91 triliun. 

  1. PT. Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk. 

PT. Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk (SRAJ) merupakan emiten saham rumah sakit yang menaungi Mayapada Hospital atau rumah sakit Mayapada. Hingga akhir tahun 2022 lalu, terdapat 5 rumah sakit Mayapada yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Surabaya. Nilai kapitalisasi pasar dari saham emiten ini mencapai Rp7,02 triliun.  

  1. PT. Sarana Meditama Metropolitan Tbk. 

PT. Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) merupakan emiten yang menaungi rumah sakit EMC atau EMC Healthcare. Sejauh ini, terdapat 7 EMC Healthcare yang tersebar di Tangerang, Bekasi, Jakarta, dan Bogor. Nilai kapitalisasi pasar emiten PT. Sarana Meditama Metropolitan Tbk. ini mencapai Rp6,44 triliun. 

  1. PT. Bundamedik Tbk. 

PT. Bundamedik Tbk (BHMS) merupakan emiten yang terkenal dengan rumah sakit Bunda. Hingga akhir tahun 2022 lalu, BHMS memiliki 5 rumah sakit, di mana 2 rumah sakitnya merupakan rumah sakit ibu dan anak, sedangkan 3 lainnya merupakan rumah sakit umum. Nilai kapitalisasi pasar PT. Bundamedik Tbk. pada saat ini mencapai Rp3,37 triliun.  

  1. PT. Murni Sadar Tbk. 

PT. Murni Sadar Tbk (MTMH) merupakan perusahaan yang hingga akhir tahun 2022 lalu memiliki total 6 rumah sakit, dengan rincian 5 rumah sakit Murni Teguh dan 1 rumah sakit ibu dan anak Rosiva. Emiten satu ini masih terbilang baru di BEI, karena baru melantai di BEI pada tahun 2022 lalu. Saat ini, MTMH memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp2,96 triliun. 

  1. PT. Kedoya Adyaraya Tbk. 

PT. Kedoya Adyaraya Tbk (RSGK) merupakan perusahaan yang menaungi 2 rumah sakit, yakni GRHA Kedoya dan GRHA MM2100. Kedua rumah sakit ini masing-masing berlokasi di Jakarta Barat dan Bekasi, Jawa Barat. Pada saat ini, nilai kapitalisasi pasar dari RSGK mencapai angka Rp1,18 triliun. 

  1. PT. Royal Prima Tbk. 

PT. Royal Prima Tbk (PRIM) merupakan perusahaan yang menaungi rumah sakit Royal Prima. Hingga saat ini, terdapat 3 rumah sakit Royal Prima, yang berada di Medan dan Jambi. Rumah sakit Royal Prima ini merupakan salah satu rumah sakit terbesar di Sumatera. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar PRIM mencapai angka Rp3,81 miliar. 

Beli Saham Rumah Sakit via RHB Tradesmart ID 

Saham rumah sakit merupakan saham yang bisa Smart People pertimbangkan untuk dikoleksi, terutama jika ingin membangun portofolio yang terdiversifikasi. Untuk bisa menemukan saham rumah sakit yang performanya bagus, Smart People bisa manfaatkan RHB Tradesmart ID yang dirancang secara khusus sehingga bisa ramah untuk pemula di bidang investasi saham. 

RHB Tradesmart ID dilengkapi dengan fitur Smart Analyzer, di mana dengan memanfaatkan fitur ini, Smart People bisa lebih mudah menganalisis performa saham. Biaya transaksi investasi saham pun dijamin terjangkau, karena RHB Tradesmart ID punya fitur unggulan berupa Smart Rate dan Smart Fee. Dengan begini, imbal hasil pun bisa maksimal didapatkan. 

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan manfaatkan semua fitur unggulannya. Rasakan pengalaman investasi saham yang lebih mudah hanya di RHB Tradesmart ID. 

Sumber: 

Tim IDN Financials. Saham Sektor Kesehatan Sub-Sektor Penyedia Jasa Kesehatan. IDN Financials. Diakses pada tanggal 14 oktober 2023 melalui https://www.idnfinancials.com/id/company/industry/healthcare-provider-f12

Soenarso, Sugeng Adji. (2023, Juni 11). Intip Rekomendasi Saham Rumah Sakit Pilihan. Kontan. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2023 melalui https://investasi.kontan.co.id/news/intip-rekomendasi-saham-rumah-sakit-pilihan

Andrianto, Robertus. (2022, September 21). 10 Rumah Sakit Ini Tercatat di BEI, Bisa Kamu Beli Sahamnya! CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2023 melalui https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220921152945-72-373926/10-rumah-sakit-ini-tercatat-di-bei-bisa-kamu-beli-sahamnya/2

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal