<< Back

DCA dan Cara Menggunakannya dengan Tepat, Investor Harus Tahu!

Apakah saat ini Smart People sedang mencari informasi yang berkaitan dengan cara investasi saham? Sebelum terjun pada dunia investasi, Smart People tentu harus membekali diri sehingga tidak terjebak pada investasi bodong. Apalagi kini banyak pemuda yang terjebak karena berbagai penawaran yang menggiurkan, lho.

Agar terhindar dari hal-hal yang merugikan, Smart People sangat beruntung membaca artikel ini. Pasalnya, dalam artikel ini akan kami ulas berbagai informasi menarik khususnya bagi Smart People yang hendak melakukan investasi. Oleh karena itu, simak ulasan pada artikel ini hingga tuntas.

Arti DCA

Sebagai pemula dalam melakukan investasi saham, Smart People tentu harus mengetahui berbagai istilah yang ada pada investasi saham. Salah satunya adalah DCA. Apakah Smart People pernah mendengarnya?

Perlu diketahui, istilah DCA adalah salah satu istilah yang penting untuk Smart People pahami. Dollar Cost Averaging sering disingkat sebagai DCA merupakan suatu strategi dalam melakukan investasi saham. Strategi ini sangat cocok bagi Smart People yang hendak melakukan investasi saham.

Banyak sekali teori yang berkaitan dengan DCA. Misalnya saja teori dari Graham yang mengatakan bahwa DCA merupakan suatu program investasi dengan cara investor membeli saham dalam nominal yang statis alias sama pada tiap bulannya. DCA ini menjadi alternatif yang sangat menarik bagi para investor dalam melakukan investasi di pasar modal, lho.

Masih berkaitan dengan teori Graham, DCA sebenarnya mirip dengan metode buy and hold. Hal tersebut memiliki arti bahwa seorang investor akan membeli suatu saham kemudian menahannya dalam periode tertentu. Hanya saja, investor harus disiplin dalam melakukan setoran investasi dalam jangka waktu tertentu dengan nominal yang tidak mengalami fluktuatif.

Selain teori di atas, terdapat suatu penelitian mengenai tips investasi saham menggunakan DCA. Penelitian yang dilakukan oleh Dubil menyatakan bahwa seorang investor yang menanam saham menggunakan DCA pasti akan mendapatkan imbal hasil yang memuaskan bahkan memiliki risiko yang kecil.

Sebagai calon investor atau investor pemula, tentu akan sangat baik bila menggunakan metode DCA dalam melakukan investasi. Investor tidak akan mengalami ketergantungan dalam mengatur volatilitas harga saham yang berubah-ubah. Hal ini dikarenakan metode DCA dilakukan dalam rentang waktu tertentu sehingga harga saham tidak akan mengalami fluktuatif.

Manfaat DCA Bagi Investor

Selain memiliki risiko yang kecil, ada banyak manfaat bila investor menggunakan metode DCA. Apalagi tips trading saham ini patut Smart People terapkan dalam melakukan investasi. Lantas, apa saja manfaatnya menggunakan DCA?

  • Metode ini dapat digunakan untuk melakukan reduksi terhadap kesalahan-kesalahan para investor saat menentukan waktu pembelian saham.  Cara investasi saham ini sudah banyak dilakukan di berbagai negara yang maju dan telah memberikan impact yang nyata dan bermanfaat dalam penentuan waktu periode berinvestasi.
  • Bagi investor pemula, metode MCA sangat membantu dalam mengatur penyetoran saham tiap periodenya. Mereka tidak akan mengalami keterlambatan dalam menyetor saham tiap bulannya.
  • Para investor juga tidak perlu bingung dalam menentukan besarnya setoran saham. Apalagi sebagai investor pemula, tentu kita akan mengalami kesulitan dalam menentukan besarnya saham yang disetor tiap bulannya bahkan perlu melakukan berbagai pertimbangan. Namun dengan menggunakan metode DCA ini kita tidak perlu bingung karena setorannya akan sama setiap bulannya dalam periode tertentu.
  • Setiap saham yang ditanam akan memberikan nilai akhir yang tinggi dari nilai awal. Hal ini tentunya sangat memberikan imbal hasil yang positif bagi para investor khususnya para pemula dan menjadi tips investasi saham yang patut dipercaya.
  • Investor tidak memerlukan nominal uang yang banyak ketika hendak membeli saham. Mereka dalam melakukan penanaman saham dengan penyetoran tiap bulan seperti menabung di bank sehingga terasa sangat ringan.
  • Tidak akan menimbulkan stress atau panic selling bagi para investor ketika pasar dalam kondisi ambruk. Metode DCA akan memberikan rasa aman dan perlindungan bagi investor ketika pasar mengalami jatuh.

Cara Menggunakan DCA

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Smart People harus memahami penggunaan DCA dengan tepat. Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Berikut beberapa cara dalam menerapkan DCA saat melakukan investasi saham.

  • Carilah saham yang ditawarkan dalam jangka yang panjang. Misalnya dicairkan dalam kurun waktu lebih dari lima tahun. Hal ini untuk menghindari harga saham yang tiba-tiba anjlok.
  • Pilihlah periode waktu setoran yang singkat misalnya metode setoran bulanan. Cara investasi saham ini untuk menghindari risiko yang besar bila diterapkan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Ikuti berbagai program DCA dari penyedia yang resmi seperti program dari pemerintah sehingga terhindar dari penipuan atau penyalahgunaan investasi saham.
  • Terapkan mindset kita seperti menabung di bank. Tips investasi saham menggunakan DCA ini dilakukan setiap bulan atau periode tertentu sehingga mirip dengan menabung di bank.

Itulah informasi penting mengenai metode DCA khususnya bagi Smart People yang hendak melakukan investasi saham terpercaya. Untuk memudahkan Smart People dalam melakukan investasi saham melalui metode DCA, maka segera download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal