<< Back

Dampak Kenaikan Suku Bunga Terhadap Investasi Anda di Tahun 2024

Kenaikan Suku Bunga Investasi

Penetapan atas kenaikan suku bunga investasi telah menjadi topik hangat belakangan ini. Terlebih, suku bunga yang naik akan berdampak pada berbagai hal, termasuk investasi. Padahal, suku bunga menjadi salah satu cara menjaga stabilitas mata uang hingga mengendalikan peredaran uang.

5 Penyebab Kenaikan Suku Bunga

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 16-17 Januari 2024 lalu telah memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga BI-Rate sebesar 6% dengan suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25% dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.

Meskipun nilai suku bunga ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, bukan berarti suku bunga ini tidak akan mengalami kenaikan. Berikut beberapa alasan yang dapat menyebabkan kenaikan suku bunga acuan tersebut:

1. Perubahan kebijakan dari Bank Sentral

Salah satu faktor utama yang cukup berpengaruh terhadap kenaikan suku bunga yakni dengan adanya kebijakan baru dari pemerintah dan bank sentral. Kebijakan yang diambil tentu dipertimbangkan dari berbagai hal, termasuk kondisi di dalam maupun luar negeri.

Dalam hal ini, pemerintah dapat menetapkan batas minimal dan maksimal, termasuk suku bunga untuk simpanan maupun pinjaman. Dengan demikian, bank konvensional tidak dapat menetapkan suku bunga simpanan dan pinjaman yang melebihi batas resmi pemerintah.

2. Persaingan bisnis antar bank konvensional

Adanya persaingan pada bank-bank konvensional juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan suku bunga investasi terjadi. Terlebih, bank biasanya akan menaikkan suku bunga deposito dan menurunkan suku bunga pinjaman jangka panjang.

Hal ini tentu saja dilakukan untuk menarik perhatian nasabah agar berinvestasi atau melakukan transaksi pinjaman pada bank tersebut. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi masalah simpanan dana yang menipis pada perbankan.

3. Kebutuhan dana perbankan

Suku bunga yang naik juga dapat terjadi ketika sektor perbankan sedang mengalami kekurangan dana, padahal di sisi lain jumlah pemohon pinjaman sedang meningkat. Dengan demikian, pihak perbankan harus menaikkan suku bunga pinjaman guna memenuhi permintaan tersebut.

Sebaliknya, jika uang simpanan bank cukup banyak namun jumlah pemohon pinjaman sedikit, besaran bunga pinjaman akan diturunkan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan permohonan kredit atau menjadikan nasabah dengan dana lebih untuk dapat disimpan atau diinvestasikan.

4. Jangka waktu pinjaman

Faktor lain yang juga berpengaruh pada kenaikan suku bunga yakni jangka waktu pinjaman atau deposito nasabah pada bank. Semakin lama jangka waktu deposito atau pinjaman yang dimiliki, nilai suku bunga yang diperoleh nasabah juga akan semakin tinggi.

Selain itu, suku bunga juga dapat dipengaruhi oleh hubungan antara bank dan nasabah tersebut. Jika terdapat nasabah utama atau prioritas, tentu akan memiliki penawaran suku bunga yang berbeda dan sesuai dengan aturan maupun ketentuan pihak bank.

5. Target profit bank

Tidak jarang, nilai pinjaman atau deposito juga dapat berubah seiring dengan perubahan pada target setiap bank. Apabila bank ingin mendapatkan imbal hasil yang besar, nilai bunga simpanan akan diturunkan atau malah menaikkan bunga pinjaman.

Tentunya, perubahan nilai suku bunga tersebut harus disesuaikan juga dengan ketentuan resmi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan begitu, bank konvensional tidak diperkenankan untuk menaikkan nilai suku bunga yang terlalu tinggi.

Dampak Kenaikan Suku Bunga Terhadap Pasar Modal

Tetap bertahannya suku bunga acuan ke level 6% secara tidak langsung juga akan berdampak pada kenaikan suku bunga investasi. Secara umum, berikut beberapa dampak yang dapat terjadi, terutama berkaitan dan pasar modal:

1. Meningkatnya suku bunga investasi

Ketika suku bunga acuan dari BI naik, lembaga keuangan dan perbankan akan mengevaluasi bunga obligasi atau simpanan. Terlebih biasanya, kenaikan suku bunga acuan akan diikuti oleh kenaikan bunga pinjaman oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Tidak hanya berdampak bagi investor dalam negeri, peningkatan suku bunga investasi juga dapat dirasakan oleh pasar global. Salah satu dampak positif yang dapat dirasakan yakni mampu menarik perhatian investor asing dalam menanamkan modalnya di Indonesia.

2. Mendorong daya beli

Kenaikan suku bunga pada dasarnya akan menjaga stabilitas nilai rupiah pada saat ekonomi global sedang mengalami ketidakpastian. Suku bunga yang naik dapat mencegah nilai mata uang rupiah mengalami penurunan yang drastis.

Saat BI-Rate mengalami peningkatan, harga barang pokok cenderung akan lebih terkendali. Daya beli masyarakat diharapkan juga akan naik sehingga tidak lupa mencurahkan perhatiannya pada aktivitas investasi dan penanaman modal.

Baca juga: Dampak Meningkatnya Kendaraan Listrik Terhadap Sektor Otomotif Indonesia

3. Meningkatkan peluang investasi di bidang lain

Saat mengetahui suku bunga yang naik pada pasar domestik maupun global, tidak jarang minat masyarakat pada investasi saham akan cenderung turun. Hanya saja, instrumen seperti obligasi cenderung akan naik sehingga investasi yang dipilih masyarakat juga akan beragam.

Oleh karena itu, Smart People sebagai investor diharapkan untuk tetap waspada terhadap keadaan ekonomi, baik nasional maupun global. Terlebih jika suatu emiten tidak mempunyai fundamental yang baik sehingga berdampak kurang baik terhadap kinerja maupun harga sahamnya.

Itulah beberapa hal mengenai penyebab naiknya suku bunga dan apa saja dampak kenaikan suku bunga investasi yang dapat terjadi. Smart People yang ingin berinvestasi sudah pasti harus memperhatikan saham-saham potensial guna mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

Guna mendapatkan informasi seputar saham dan menjalankan investasi secara lebih optimal, Smart People wajib menggunakan aplikasi investasi yang tepat. Gunakan RHB Tradesmart ID dengan fitur terbaik dan minim lag. Download RHB Tradesmart ID dari PlayStore atau App Store sekarang!

Referensi:

Lintang, Indira. (2023). Inilah Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kenaikan Suku Bunga. Inilah.com

Putri, Khoirifa Argisa. (2023). Suku Bunga BI Naik, Begini Efeknya ke Pasar Modal. Infobanknews.com

Setiawati, Susi. (2023). Pengaruh Suku Bunga BI Naik Terhadap Saham, Emiten Ini Untung. CNBCIndonesia.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal