<< Back

Daftar Saham 9 Naga di Indonesia, Mana yang Paling Potensial?

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘9 Naga’. Istilah ini merujuk pada 9 pengusaha sukses dengan bisnisnya yang begitu besar di tanah air. Suksesnya bisnis yang dijalankan oleh 9 Naga ini tentu saja menjadikan saham perusahaannya kerap diincar oleh investor. Simak daftar saham 9 Naga berikut ini yang bisa  Smart People pertimbangkan untuk dikoleksi.    

Mengenal Pengusaha 9 Naga dan Saham Perusahaannya  

Meskipun istilah 9 Naga sudah makin besar gaungnya, namun kepastian akan siapa saja pengusaha yang termasuk ke dalam 9 Naga ini sama sekali belum ada. Namun, ada beberapa nama pengusaha besar Indonesia yang dianggap layak untuk masuk dan dikategorikan ke dalam daftar 9 Naga tersebut. Berikut ini adalah pengusaha yang dianggap sebagai 9 Naga dan saham perusahaannya. 

  1. Robert Budi Hartono 

Robert Budi Hartono merupakan konglomerat Indonesia yang menjadi pemilik dari Grup Djarum dan PT. Bank Central Asia Tbk. (BBCA). Melalui PT. Dwimuria Investama Andalan yang dimilikinya, Robert Budi Hartono menguasai saham BBCA sebanyak 54,942% per tahun 2023. Saham BBCA ini sendiri merupakan salah satu saham blue chip dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar. 

  1. Rusdi Kirana 

Rusdi Kirana merupakan tokoh dibalik berdirinya Lion Air, maskapai penerbangan dengan tarif murah di Indonesia. Perusahaan maskapai penerbangan yang dimilikinya ini berhasil menjadikannya salah satu pengusaha ternama di tanah air. Saat ini, perusahaan maskapai Lion Air miliknya masih dalam tahap rencana untuk IPO (Initial Public Offering) alias melantai di bursa saham. 

  1. Sofjan Wanandi

Sofjan Wanandi merupakan konglomerat Indonesia yang menjadi pemilik dari Gemala Group atau sekarang dikenal dengan nama Santini Group. Bisnis milik Sofjan Wanandi ini bergerak di bidang produksi suku cadang otomotif, infrastruktur, sumber daya alam, hingga pengembangan properti dan jasa. 

  1. Edwin Soeryadjaya

Edwin Soeryadjaya merupakan pengusaha Indonesia yang juga putra dari William Soeryadjaya, pendiri Astra International. Pada saat berada di bawah kepemimpinan Edwin Soeryadjaya, Astra melantai di bursa saham dan menjadi IPO terbesar kala itu. Konglomerat satu ini merupakan pendiri dari PT. Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) yang bergerak di bidang investasi. 

  1. Jacob Soetoyo

Jacob Soetoyo juga kerap disebut-sebut sebagai salah satu dari 9 Naga di Indonesia. Pria ini merupakan presiden direktur dari PT. Gesit Sarana Perkasa, perusahaan yang di antaranya bergerak di bidang properti dan sumber daya alam. Melalui perusahaannya, Jacob Soetoyo disebut menjadi pemegang saham PT. Alakasa Industrindo Tbk. (ALKA) sebanyak 77% per Mei 2023.  

  1. James Riady 

Nama James Riady bisa dibilang cukup familier di telinga masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, pria ini merupakan sosok penting dibalik Grup Lippo dengan bisnisnya yang menggurita, di antaranya bisnis rumah sakit seperti RS Siloam. Salah satu emiten saham yang dimiliki oleh James Riady adalah PT. Siloam International Hospital Tbk. (SILO). 

  1. Tomy Winata 

Tomy Winata merupakan pengusaha sukses Indonesia yang menjadi pemilik dari Grup Artha Graha atau dikenal juga dengan istilah Artha Graha Network. Perusahaan yang dimilikinya ini bergerak di berbagai bidang, seperti perbankan serta properti dan infrastruktur. Salah satu emiten saham yang dimilikinya adalah PT. Bank Artha Graha Internasional Tbk. (INPC). 

  1. Anthoni Salim

Anthoni Salim merupakan pengusaha yang menjadi sosok penting dibalik Salim Group. Smart People mungkin sudah sering menikmati produk dari perusahaannya yang bergerak di bidang pangan ini, seperti Indomie, Bimoli, dan lainnya. Beberapa emiten saham milik Salim Group seperti PT. Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) dan PT. Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN). 

  1. Dato Sri Tahir 

Dato Sri Tahir merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia yang menjadi pemilik dari Mayapada Group. Mayapada Group merupakan perusahaan yang bergerak di banyak bidang, di antaranya perbankan dan rumah sakit. Beberapa emiten saham milik Dato Sri Tahir adalah PT. Bank Mayapada Internasional Tbk. (MAYA) dan PT. Sejahtera Anugrahjaya Tbk. (SRAJ). 

Saham 9 Naga Mana yang Potensial untuk Dikoleksi? 

Deretan saham 9 Naga memang dikenal menunjukkan performa yang bagus dan stabil di pasar saham, namun saham mana yang sekiranya cocok untuk Smart People koleksi? Jika misalnya Smart People ingin mengoleksi saham untuk jangka panjang, saham dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar bisa menjadi pilihan. 

Salah satu saham dari 9 Naga yang mungkin bisa dipertimbangkan adalah saham PT. Bank Central Asia Tbk. (BBCA). Saham BBCA merupakan salah satu saham blue chip yang ada di Indonesia, serta sudah dikenal dengan harga sahamnya yang cenderung stabil. Saham BBCA juga merupakan salah satu dari daftar saham perbankan favorit di tanah air. 

Koleksi Saham 9 Naga via RHB Tradesmart ID   

Saham dari perusahaan-perusahaan milik 9 Naga bisa dibilang sebagai saham yang kerap diincar oleh investor. Pengaruh dari nama besarnya sebagai pengusaha memang membuat perusahaan yang dikelolanya memperoleh perhatian lebih. Smart People bisa pilih saham 9 Naga yang sesuai kebutuhan investasi dengan lebih mudah menggunakan fitur Smart Analyzer dari RHB Tradesmart ID. 

Smart Analyzer memungkinkan Smart People untuk memantau pergerakan saham-saham milik 9 Naga secara real time. Analisis atas saham-saham tersebut bisa menjadi patokan nantinya dalam memutuskan saham milik 9 Naga mana yang kiranya cocok untuk Smart People miliki. Investasi sahamnya sendiri bisa Smart People mulai dengan dana awal mulai dari Rp100.000 saja, loh!   

RHB Tradesmart ID menghadirkan pengalaman investasi saham yang beda dari biasanya. Unduh aplikasinya sekarang juga dan manfaatkan fitur SMART untuk meraup imbal hasil impian. 

Sumber: 

Redaksi CNBC Indonesia. 2023, Juli 02. Menelusuri Jejak 9 Naga di Indonesia, Siapa Mereka? CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/news/20230702161854-4-450514/menelusuri-jejak-9-naga-di-indonesia-siapa-mereka

Fakhriansyah, M. 2023, Juni 17. Jejak 9 Naga, Penguasa Bisnis RI yang Penuh Misteri. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/news/20230617132251-4-446809/jejak-9-naga-penguasa-bisnis-ri-yang-penuh-misteri

Adriansyah, Taufiq Dali. 2023, September 28. Mengenal 9 Naga, Pengusaha Kaya Terkenal di Era Orde Baru yang Didominasi Keturunan Tionghoa di Indonesia. Harian Haluan. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://www.harianhaluan.com/bisnis/1010318445/mengenal-9-naga-pengusaha-kaya-terkenal-di-era-orde-baru-yang-didominasi-keturunan-tionghoa-di-indonesia

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal