<< Back

Contekkan Investasi Emiten 2024, Ini Deretan Emiten Potensial!

Bagi para investor, salah satu hal yang begitu dinanti jelang pergantian tahun adalah prediksi mengenai emiten yang potensial di tahun baru nanti. Jika memang sesuai prediksi, mengoleksi emiten tersebut di tahun baru 2024 ini tentu akan mendatangkan imbal hasil yang diharapkan. Smart People bisa simak prediksi emiten yang potensial untuk investasi emiten 2024 di bawah ini.  

Kondisi Sektor Emiten di Tahun 2023 

Berdasarkan data kinerja sektoral yang dirilis oleh IDX untuk periode semester 1 2023, terlihat bahwa dari 11 sektor yang ada di pasar saham, hanya 4 sektor yang menunjukkan peningkatan kinerja atau positif kinerjanya, yakni sektor properti dan real estate, sektor barang konsumsi primer, sektor barang konsumsi non-primer, serta sektor transportasi. 

Sedangkan untuk 7 sektor lainnya, yakni sektor energi, kesehatan, industrial, infrastruktur, keuangan, teknologi, serta bahan baku, mengalami penurunan hingga bahkan anjloknya performa di semester 1 tahun 2023 tersebut. Sektor energi mencatatkan penurunan yang paling besar, yakni anjlok sebesar 25% sepanjang Januari hingga Mei 2023.   

Sektor Emiten Potensial Tahun 2024

Memasuki tahun baru 2024 ini, Smart People sudah bisa mulai menyusun rencana investasi baru, termasuk memutuskan ingin menambah koleksi saham yang mana pada portofolio. Sebagai bahan pertimbangan untuk investasi emiten 2024, Smart People bisa intip deretan sektor emiten yang dianggap potensial di tahun 2024 ini. 

  1. Sektor Keuangan

Emiten sektor keuangan diprediksi bakal bagus performanya di tahun 2024 ini, terkhusus saham perbankan. Alasan di balik prediksi ini adalah keputusan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) untuk menahan suku bunga acuan di level 5,25% hingga 5,50%. Selain itu, The Fed, juga mengisyaratkan akan memangkas suku bunga sebanyak 3 kali di tahun baru ini. 

Suku bunga yang lebih rendah akan menarik minat para debitur untuk meminjam dana ke bank, agar bisa melakukan ekspansi bisnis dengan biaya pinjaman yang lebih rendah. Makin banyak ekspansi bisnis, maka kredit perbankan akan makin tumbuh. Bank Indonesia (BI) sendiri memproyeksikan pertumbuhan perbankan Indonesia berada di kisaran 10% hingga 20% di tahun 2024. 

Tidak hanya perekonomian Indonesia yang akan makin meningkat, kondisi tersebut juga akan membuat perusahaan perbankan bisa meningkatkan Net Interest Margin (NIM), dari besarnya kredit yang berhasil disalurkan. Angka NIM yang semakin besar menjadi indikasi bahwa potensi imbal hasil perbankan dari dana yang disalurkan semakin besar pula. 

  1. Sektor Teknologi

Rendahnya suku bunga sesuai dengan keputusan The Fed juga berimbas positif pada sektor teknologi, membuat emitennya dianggap potensial di tahun 2024 ini. Suku bunga yang rendah akan membantu menurunkan beban operasional pada perusahaan-perusahaan teknologi, sehingga berdampak baik pada laba perusahaan teknologi dan efisiensi beban perusahaan itu nantinya. 

  1. Sektor Properti dan Real Estate 

Suku bunga yang rendah juga berpotensi untuk mendongkrak performa emiten sektor properti dan real estate. Pasalnya, jika suku bunga acuan menjadi lebih rendah, maka akan lebih banyak orang yang tertarik untuk melakukan pembelian properti karena bunga pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tentu juga akan lebih rendah besarannya. 

Selain itu, sinyal penurunan suku bunga di tahun 2024 oleh The Fed, membuat para investor memprediksi bahwa BI juga akan melakukan pelonggaran acuan suku bunga pada 2024, yang sejalan dengan target inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Kondisi inilah yang bisa mendorong investor properti untuk membeli properti dengan bunga pinjaman yang lebih rendah. 

  1. Sektor Barang Konsumsi Primer 

Sektor barang konsumsi primer atau non-siklikal diprediksi juga bakal bagus performanya di tahun ini. Hal ini disebabkan karena kondisi ekonomi domestik sudah mulai membaik, serta inflasi yang masih terkendali. Selain itu, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) diperkirakan juga bakal mendongkrak performa emiten sektor ini. 

Masa jelang Pemilihan Umum (Pemilu) juga dianggap menjadi salah satu katalis positif bagi emiten sektor barang konsumsi primer. Meningkatnya daya beli untuk beberapa agenda politik, misalnya seperti kampanye, dianggap bisa menjadi pendukung naiknya performa emiten sektor barang konsumsi primer tersebut. 

  1. Sektor Infrastruktur 

Tahun 2024 yang juga merupakan tahun politik di Indonesia, diprediksi juga bakal membuat moncer emiten sektor infrastruktur. Pasalnya, sektor infrastruktur dan konstruksi kerap mendapatkan perhatian lebih selama tahun politik berlangsung. Pada tahun politik, biasanya pemerintah kerap kali meningkatkan investasi pada proyek infrastruktur untuk mendapatkan dukungan politik. 

Investasi Emiten 2024 yang Potensial di RHB Tradesmart ID 

Berdasarkan prediksi mengenai sektor potensial di tahun 2024 ini, Smart People bisa mulai mempertimbangkan emiten mana dari sektor-sektor tersebut yang ingin dijadikan koleksi investasi emiten 2024. Agar pertimbangannya jadi bisa makin matang, Smart People bisa manfaatkan fitur Smart Analyzer dari RHB Tradesmart ID. 

Smart Analyzer merupakan fitur unggulan dari aplikasi investasi dan trading saham RHB Tradesmart ID, yang bisa membantu Smart People sebagai investor untuk menganalisis saham incaran. Jadi, Smart People bisa terbantu untuk mengambil keputusan untuk melakukan pembelian atas emiten di sektor yang dianggap potensial tahun 2024 tersebut atau tidak. 

Segera koleksi saham dari emiten-emiten potensial pilihan Smart People di tahun 2024 dengan menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya sekarang juga, lalu manfaatkan deretan fitur SMART-nya untuk bisa mendapatkan imbal hasil impian di tahun 2024.  

Sumber: 

Setiawati, Susi. 2023, Desember 15. 3 Sektor Ini Dapat Durian Runtuh Tahun Depan. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/research/20231215071952-128-497548/3-sektor-ini-dapat-durian-runtuh-tahun-depan

Nityakanti, Pulina. 2023, Desember 05. Simak Rekomendasi Sektor Saham yang Menarik pada Tahun 2024. Kontan.co.id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024 melalui https://investasi.kontan.co.id/news/simak-rekomendasi-sektor-saham-yang-menarik-pada-tahun-2024

Ramadhani, Pipit Ika. 2023, Desember 13. BEI Beberkan Sektor Saham yang Bakal Cuan pada 2024. Liputan 6. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024 melalui https://www.liputan6.com/saham/read/5480645/bei-beberkan-sektor-saham-yang-bakal-cuan-pada-2024?page=4

Anam, Khoirul. 2024, Januari 8. Deretan Sektor Saham yang Bawa Cuan di Tahun Politik. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20240108125037-17-503745/deretan-sektor-saham-yang-bawa-cuan-di-tahun-politik

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal