<< Back

Catat! Ini Waktu yang Tepat untuk Mengecek Pasar Saham di Aplikasi Trading Saham

Pasar Saham

Memang benar kalau aplikasi trading saham memudahkan Smart People untuk mengecek kondisi pasar saham. Pun begitu, bukan berarti Smart People harus mengeceknya setiap waktu. Ada waktu-waktu khusus yang direkomendasikan untuk mengecek pergerakan pasar saham. Penasaran kapan saja waktu mengecek pergerakan pasar saham tersebut? Simak ulasannya di sini. 

Waktu Mengecek Pasar Saham 

Sebenarnya, tidak ada ketentuan waktu tertentu mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengecek pergerakan pasar saham di aplikasi trading saham. Namun, ada baiknya Smart People memilih waktu khusus untuk mengecek pasar saham ini, agar Smart People gak setiap saat melakukan pengecekan tersebut. Berikut rekomendasi waktu pengecekan pasar saham tersebut. 

  1. Lakukan Pengecekan secara Berkala 

Smart People bisa mengecek pergerakan pasar saham secara berkala, misalnya per minggu, per awal bulan, atau bisa juga per akhir bulan. Dengan begini, Smart People gak harus setiap hari mengecek pasar saham, sehingga membuat aktivitas lain menjadi terabaikan karena terlalu fokus mengamati pergerakan pasar saham.  

  1. Lakukan Pengecekan Saat Situasi Gak Kondusif 

Pengecekan pasar saham juga direkomendasikan saat situasi gak kondusif, misalnya ketika ada gejolak politik atau ekonomi sebuah perusahaan ataupun negara. Gejolak politik dan ekonomi ini biasanya akan berefek pada harga saham, baik itu membuat naik harganya atau bisa juga menjadi anjlok. 

Waktu Perdagangan Saham

Pengecekan pasar saham di aplikasi trading saham bisa dilakukan saat jam perdagangan saham. Sesuai dengan surat keputusan PT. Bursa Efek Indonesia perihal Perubahan Waktu Perdagangan atas Transaksi Bursa dan Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas, perdagangan efek di Pasar Reguler, Pasar Tunai, dan Pasar Negosiasi dilakukan pada waktu berikut dengan berpedoman pada waktu JATS.  

  1. Pasar Reguler

Perdagangan efek di Pasar Reguler dilakukan pada hari Senin hingga Jumat. Perdagangan Sesi I Pasar Reguler dilakukan mulai pukul 09:00:00 sampai dengan 11:30:00. Sedangkan untuk perdagangan Sesi II Pasar Reguler dilangsungkan mulai pukul 13:30:00 sampai dengan pukul 14:49:59. 

Pada Pasar Reguler sendiri menggunakan sesi pra-pembukaan, pra-penutupan, dan pasca-penutupan yang dilakukan setiap hari bursa. Waktu pra-pembukaan dilakukan pada pukul 08:45:00 hingga 08:59:00 dengan agenda anggota bursa efek memasukkan penawaran jual dan/atau permintaan beli. 

Selanjutnya, sesi pra-pembukaan dilakukan mulai pada pukul 08:59:01 hingga 08:59:59 dengan agenda JATS melakukan proses pembentukan harga pembukaan dan memperjumpakan penawaran jual dengan dengan permintaan beli pada harga pembukaan, berdasarkan atas price dan time priority

Kemudian, di sesi pra-penutupan ada 3 jadwal yang tersedia. Jadwal pertama mulai dari pukul 14:50:00 hingga 14:58:00 dengan agenda angora bursa efek memasukkan penawaran jual dan/atau permintaan beli. Jadwal selanjutnya pada pukul 14:58:01 hingga 15:00:00, dilakukan agenda berupa rentang waktu penutupan perdagangan secara acak. 

Pada jadwal terakhir sesi pra-penutupan, yakni mulai dari pukul 15:00:01 hingga 15:00:59. Pada jadwal ini, agendanya adalah JATS melakukan proses pembentukan harga penutupan dan memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli pada harga penutupan berdasarkan price dan time priority. 

Terakhir, ada sesi pasca penutupan yang dilakukan mulai pukul 15:01:00 hingga 15:15:00. Agenda jadwal ini adalah anggota bursa efek hanya dapat memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli pada harga penutupan, dan JATS memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli untuk efek yang sama secara menyeluruh ataupun secara sebagian yang berdasarkan dengan time priority

  1. Pasar Tunai 

Berbeda dengan perdagangan efek di Pasar Reguler, perdagangan efek di Pasar Tunai dilakukan setiap hari Senin hingga Jumat, dengan hanya 1 sesi perdagangan saja. Sesi I perdagangan efek di Pasar Tunai tersebut berlangsung mulai dari pukul 09:00:00 sampai dengan pukul 11:30:00 sesuai waktu JATS. 

  1. Pasar Negosiasi 

Perdagangan efek Pasar Negosiasi dilakukan mulai dari hari Senin hingga Jumat. Terdapat 2 sesi perdagangan efek di Pasar Negosiasi ini. Sesi I perdagangan Pasar Negosiasi dilakukan mulai pukul 09:00:00 sampai dengan pukul 11:30:00. Sedangkan untuk Sesi II, perdagangan efek Pasar Negosiasi dilakukan mulai pukul 13:30:00 sampai dengan 15:30:00. 

Kenapa RHB Tradesmart ID?  

Gak bisa dipungkiri kalau proses mengamati pergerakan pasar saham merupakan hal yang terbilang susah-susah gampang untuk dilakukan. Smart People tentu akan kerepotan jika harus mengamati pergerakan pasar saham setiap waktu, hanya untuk mengetahui pergerakan saham yang sudah diincar sebelumnya. Namun jika gak dicek, pasti akan menimbulkan rasa penasaran. 

Beranjak dari kondisi ini, RHB Tradesmart ID yang merupakan aplikasi trading saham online menghadirkan fitur Smart Analyzer bagi para penggunanya. Salah satu manfaat utama yang bisa Smart People peroleh dari aplikasi ini adalah memudahkan Smart People dalam memantau pergerakan pasar saham, khususnya saham favorit yang telah Smart People incar. 

Smart People gak perlu harus mengecek pasar saham setiap saat, karena RHB Tradesmart ID ini akan memberikan langsung notifikasi mengenai pergerakan saham yang Smart People incar. Gak cukup hanya memperlihatkan pergerakan sahamnya saja, RHB Tradesmart ID pun menghadirkan analisis atas saham tersebut, serta rekomendasi tindakan yang tepat dilakukan atas saham tersebut. 

Bagaimana, sudah tahu sekarang kapan waktu yang tepat untuk mengecek pergerakan bursa saham tersebut. Smart People cukup cek pasar saham secara berkala, lalu disesuaikan dengan waktu perdagangan efek di masing-masing tipe pasarnya. Dengan begini, Smart People gak akan kehilangan banyak waktu hanya karena mengecek pasar saham di setiap saat. 

Agar Smart People lebih mudah dalam mengecek pergerakan pasar bursa saham, Smart People bisa gunakan aplikasi trading saham, RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID, untuk merasakan kemudahan dalam berinvestasi dan trading saham. 

Sumber: 

Tim RHB Tradesmart ID. (2022, Juni 06). 3 Fitur ARO Si Smart Analyzer Milik RHB yang Gak Boleh Kamu Lewatkan. RHB Tradesmart. Diakses pada tanggal 10 November 2022 melalui https://rhbtradesmart.co.id/article/aro-is-your-smart-analyzer/

Tim RHB Tradesmart ID. (2021, Oktober 20). Kenali Waktu-Waktu Yang Tepat Mengecek Saham Kamu Agar Lebih Efisien. RHB Tradesmart. Diakses pada tanggal 10 November 2022 melalui https://rhbtradesmart.co.id/article/kenali-waktu-waktu-yang-tepat-mengecek-saham-kamu-agar-lebih-efisien/

Tim IDX. Mekanisme dan Jam Perdagangan. IDX. Diakses pada tanggal 10 November 2022 melalui https://www.idx.co.id/produk/mekanisme-dan-jam-perdagangan/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal