<< Back

Cara Membeli Saham dan Deteksi Siklus Bursa dengan Helicopter View

cara membeli saham

Jual beli saham tak dilakukan asal-asalan. Demi mendapatkan imbal optimal, maka investor atau trader harus melakukannya dengan cermat. Dimulai dengan cara membeli saham yang tepat karena ini akan berpengaruh pada hasil di masa depan. Penting untuk dipertimbangkan dengan baik agar bisa mendatangkan hasil yang memuaskan. Mari cari tahu pembelian saham yang tepat, termasuk dengan melakukan deteksi siklus bursa memakai helicopter view

Cara Membeli Saham yang Disarankan

Bagi seorang investor atau trader, teknik pembelian saham yang tepat sangat penting untuk diperhatikan. Tak bisa melakukan pembelian asal-asalan begitu saja karena ini akan berpengaruh pada portfolio juga potensi imbal yang akan didapat. Berikut adalah cara membeli saham yang direkomendasikan:

  1. Pilih Sekuritas Terbaik

Pertama, harus dipilih dulu perusahaan sekuritas yang terbaik dan legal. Ini paling penting karena bagaimanapun juga perusahaan inilah yang akan menjadi perantara dalam pembelian saham. Pastikan dulu bahwa sekuritas yang dipilih sudah beroperasi legal. Pilih juga sekuritas dengan aplikasi mobile yang mudah untuk diakses kapan saja secara fleksibel. 

  1. Lakukan Penyetoran Deposit

Supaya bisa membeli saham, maka harus ada uangnya. Uang inilah yang nantinya akan dipakai sebagai modal dan biasa disebut sebagai deposit. Sebelum melakukan penyetoran, maka Smart People perlu membuat RDN dulu atau Rekening Dana Nasabah. Proses pembuatannya mudah, apalagi jika sudah ada aplikasi dari sekuritas yang dipilih maka tinggal ikuti instruksi saja. 

  1. Ambil Saham yang Kuat

Pastikan untuk memilih jenis saham yang kuat dan potensial. Ini juga menjadi poin penting dalam pembelian saham. Lakukan analisis mendalam supaya tahu mana jenis saham yang kira-kira bisa mendatangkan hasil optimal. Jika memang ingin mendapatkan hasil memuaskan, maka jangan ragu mengeluarkan lebih banyak modal supaya bisa mendapatkan saham yang kuat dan stabil. 

  1. Tentukan Penawaran Harga Beli

Sebelum melakukan pembelian secara resmi, umumnya investor atau trader akan menentukan penawaran harga terlebih dahulu. Barulah nanti jika sudah ada harga yang cocok dengan penawaran dari investor lain maka saham resmi dimiliki dan masuk ke portfolio. Pastikan penawaran harganya tidak terlalu jauh dari harga standar saham tersebut di bursa. 

Deteksi Siklus dengan Helicopter View

Sebelum membeli saham, memang penting sekali untuk melakukan analisis terlebih dahulu. Terutama analisis kondisi pasar saham atau bursa tempat jual beli saham. Fluktuasi harga memang sudah pasti akan terjadi di pasar dan hal ini sebaiknya diwaspadai oleh para investor maupun trader

Salah satu metode yang dianggap efektif dalam melihat kondisi ini adalah helicopter view. Ini merupakan sebuah cara berpikir sistematis dimana kita akan diajak untuk melihat berbagai macam aspek. Jika ingin mengamati siklus bursa saham lewat metode ini, maka semua jenis aspek harus diperhatikan. 

Perlu dipahami bahwa ada 4 jenis siklus yang ada di pasar saham. Berikut adalah 4 siklus tersebut:

  • Akumulasi: fase pasar saham berada di rentang terendah. 
  • Partisipasi: pasar saham mulai bergerak naik dan mengonfirmasi uptrend.
  • Distribusi: fase dimana harga saham dominan tiba-tiba jatuh tajam dan volume transaksinya besar. 
  • Kapitulasi: fase terakhir dimana pergerakan harga akan menurun atau terjadi downtrend

Trader bisa mengamati setiap siklus tersebut dengan menggunakan teknik helicopter view. Jadi dilihat dari berbagai aspek, mulai dari harga terendah dan tertinggi saham, volume transaksi, dan masih banyak lagi. Tentunya hasil analisis dan aspek yang terlibat akan berbeda-beda, tergantung pada kondisi atau siklus pasar saham pada saat itu. 

Untuk mempermudah Smart People dalam melakukan deteksi siklus pasar saham dengan metode helicopter view ini, maka dibutuhkan data analisis yang memadai. Itulah mengapa penting untuk memilih sekuritas yang tak hanya memfasilitasi transaksi tapi juga memberi informasi. Hal ini akan membantu proses analisis jadi jauh lebih mudah dan akurat. 

Kenapa RHB Tradesmart

Salah satu rekomendasi platform atau perusahaan sekuritas terbaik untuk jual beli saham adalah RHB Tradesmart. Tersedia pula dalam bentuk aplikasi yang mudah untuk diunduh dan diakses secara praktis. RHB ini akan menjadi solusi tepat bagi siapa saja yang ingin memulai investasi tanpa perlu ribet. 

RHB Tradesmart menghadirkan fitur ARO yang sangat membantu para trader untuk mengambil keputusan. Tersedia ARO Signal yang memungkinkan pengguna mengetahui jenis saham apa saja yang sedang trending. Lalu ARO Library yang menunjukkan berbagai jenis indikator penting dalam jual beli saham. Selain itu, pengambilan keputusan dalam dunia saham jadi jauh lebih mudah dan efektif berkat adanya dukungan ARO Technical

RHB juga menjadi pilihan tepat karena sudah terdaftar secara resmi di OJK. Semua aktivitas jual beli saham berjalan secara legal di bawah pengawasan OJK. Biaya transaksinya juga terbilang terjangkau, masih sangat relevan dengan  trader profesional maupun pemula. Fee transaksi jual belinya bisa mencapai titik terendah 0,08%. 

Kemudahan membeli saham lewat RHB Tradesmart akan mempermudah Smart People untuk berinvestasi saham. Gunakan fitur ARO untuk mendukung pengambilan keputusan investasi yang jauh lebih bijak dan tepat sasaran. Hanya dengan dana deposit di RDN minimal Rp100.000,00 Smart People sudah bisa mulai transaksi pembelian dan investasi saham secara mudah. 

Jangan lupa, terapkan cara membeli saham yang sudah dibahas sebelumnya. Teknik pembelian saham yang tepat akan membantu Smart People mendapatkan imbal hasil optimal. Pastikan untuk tidak terburu-buru, lakukan analisis yang matang dan pertimbangkan potensi saham di masa depan. Begitu juga saat akan melakukan penjualan, pastikan untuk membuat perhitungan yang matang agar bisa mendapat hasil memuaskan dari capital gain

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal