<< Back

Cara Konsisten Investasi? Perkuat Tujuan Investasi, Ini Penjelasannya!

Smart People tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah investasi. Jenisnya yang beragam dengan imbal hasil yang menyesuaikan tentu membuat banyak orang penasaran dengannya. Bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa tujuan berinvestasi sama saja dengan tujuan asuransi.

Memahami Apa Itu Investasi

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan masa depan yang jauh lebih baik, bukan? Inilah mengapa, investasi seringkali diperbincangkan sehubungan dengan hal tersebut. Pasalnya, investasi merupakan sebuah penanaman modal yang harapannya akan memberi imbal hasil di masa depan.

Investasi sendiri dapat dibedakan pada beberapa hal, terutama dari jangka waktunya. Pertama, terdapat investasi jangka pendek yang kerap dilakukan untuk keadaan darurat, kemudian ada juga jangka panjang yang dapat dipakai untuk keperluan dan tujuan di masa depan.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menyebutkan jika investasi merupakan penanaman modal yang biasanya dilakukan untuk jangka panjang dengan cara pembelian saham atau surat berharga. Di luar itu, ada banyak lagi jenis investasi yang bisa dilakukan, mulai dari emas, properti, dan sebagainya.

Jika dilakukan secara konsisten, investasi merupakan cara untuk meningkatkan pendapatan dengan usaha yang minimal. Sejumlah investor senior bahkan kerap mengatakan bahwa uang akan tetap dihasilkan meskipun pada saat mereka tidur sekalipun.

Apa Tujuan Investasi

Beberapa orang menganggap bahwa asuransi sama saja dengan investasi. Padahal jika ditelisik lebih mendalam, keduanya merupakan hal yang berbeda. Hal ini karena aktivitas investasi dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan imbal hasil dengan risiko tertentu.

Secara umum, tujuan berinvestasi disamakan dengan jangka waktu investasi tersebut dilakukan. Semua orang memiliki tujuannya masing-masing dalam berinvestasi, ada yang memang untuk keperluan mendesak hingga untuk memenuhi kebutuhannya di masa yang akan datang.

Hal-hal tersebut tentu sedikit berbeda dengan tujuan asuransi yang tidak mendatangkan imbal hasil dalam jumlah besar, namun memberikan proteksi dari berbagai risiko. Perbedaan ini membuat banyak orang akan memprioritaskan salah satunya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Meski demikian, ternyata ada satu jenis asuransi yang sekilas mirip dengan investasi, yakni asuransi unit link di mana asuransi ini memberikan perlindungan serta manfaat investasi secara sekaligus. Premi yang dibayarkan digunakan sebagai perlindungan sekaligus modal investasi masa depan.

Mengapa Harus Memulai Investasi Sejak Dini? Apa Tujuan Investasi?

Sebaiknya, investasi dilakukan sedini mungkin terutama jika Smart People sudah memiliki tujuan finansial dalam jangka panjang. Lebih lanjut, berikut beberapa alasan yang membuat Smart People harus mulai menjalankan investasi sejak dini:

1. Membantu tercapainya tujuan finansial

Smart People tentu mempunyai berbagai tujuan masa depan seperti membeli rumah, kendaraan, hingga menabung untuk kebutuhan pernikahan dan anak. Jika hanya mengandalkan gaji bulanan, tujuan finansial tersebut tentu baru bisa dicapai dalam jangka waktu yang lama.

Dengan berinvestasi, setidaknya tujuan finansial yang Smart People canangkan akan lebih mudah tercapai. Misalnya saat akan berumah tangga nantinya, keinginan memiliki rumah sendiri tentu bisa saja terwujud tanpa bingung mencari sumber pinjaman.

Investasi sedari dini juga akan meminimalisir risiko dalam mewujudkan tujuan finansial tersebut. Terlebih, imbal hasil dari investasi dinilai akan terus meningkatkan nilai uang di masa depan sehingga berbagai target dapat tercapai secara lebih optimal.

2. Memberikan passive income

Passive income pada dasarnya merupakan pendapatan yang datang secara pasif. Dengan kata lain, seseorang yang memiliki passive income dapat memperoleh penghasilan tanpa harus bekerja. Investasi menjadi salah satu cara yang mudah dilakukan untuk mendapatkan pendapatan pasif ini.

Setelah menaruh uang dalam instrumen investasi tertentu, Smart People tidak perlu melakukan banyak hal, terutama menganalisis performa dan melakukan jual-beli instrumen sesuai kebutuhan. Seiring berjalannya waktu, Smart People akan mendapatkan imbal hasil dari aktivitas tersebut.

Menariknya, selain dijadikan sebagai penambah penghasilan investasi juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama. Kalaupun dijadikan sebagai penghasilan sampingan, tentu imbal hasil yang Smart People terima akan jauh lebih besar.

3. Lebih siap menghadapi risiko masa depan

Sejatinya kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Investasi menjadi salah satu cara untuk menoleransi bahkan meminimalisir terjadinya berbagai risiko tersebut. Dengan menjalankan investasi, Smart People dapat mengatur dan mengelola keuangan secara lebih bijak.

Dibandingkan hanya menghabiskan uang untuk keperluan yang kurang penting, akan lebih baik jika mengalokasikan uang dalam berbagai instrumen investasi. Smart People juga dapat memilih jenis instrumen investasi yang risikonya kecil seperti reksadana atau emas.

Berinvestasi sejak dini juga akan mengajarkan kita bagaimana mengalokasikan sebagian pendapatan yang akan digunakan di masa depan. Hal ini tentu juga akan menjadi kebiasaan yang baik untuk dapat lebih disiplin terhadap uang yang dimiliki.

Demikian beberapa hal mengenai tujuan investasi yang sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Meskipun terlihat mirip, antara tujuan asuransi dengan investasi memang tidak dapat disamaratakan. Smart People perlu memastikan kebutuhan masing-masing guna memilih mana yang akan dipilih.

Jika memutuskan untuk mulai berinvestasi, terutama investasi saham, pastikan Smart People tidak lupa memilih aplikasi investasi yang tepat. Pilih RHB Tradesmart ID yang sudah dikenal kaya akan fitur namun tidak mudah mengalami lag. Download RHB Tradesmart ID di Play Store atau App Store sekarang!

Referensi:

Bayu, Irfan. (2023). Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Investasi Mulai Dari Sekarang. Media Keuangan Kementerian Keuangan

Sahabat Pegadaian. (2023). 3 Tujuan Investasi yang Harus Diketahui Investor Pemula. Pegadaian.co.id

Tim Redaksi. (2023). 6 Alasan Pentingnya Investasi Sejak Dini. Cermati.com

Widyawinata, Rena. (2023). Asuransi vs Investasi: Mana yang Lebih Baik dan Didahulukan?. Glints.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal