<< Back

Bullish Vs Bearish Saham di Pasar Modal, Apa Perbedaannya?

Sebagai investor saham, sudah seharusnya Smart People mengetahui makna dari istilah-istilah yang erat kaitannya dengan investasi saham, di antaranya adalah bullish dan bearish. Kedua istilah fundamental ini secara umum digunakan untuk menggambarkan kondisi pasar modal atau pasar saham. Simak pengertian berikut dengan perbedaan antara bullish dan bearish saham di bawah ini. 

Apa Itu Bullish

Istilah bullish merujuk pada kondisi di mana terjadi kenaikan harga saham di pasar modal. Penggunaan istilah bullish pada dasarnya digunakan untuk menggambarkan kondisi pasar modal yang sedang mengalami tren kenaikan harga, namun tidak jarang juga digunakan dalam menggambarkan tren harga saham hingga karakter dari investor saham tersebut. 

Saat saham ataupun pasar modal sedang dalam kondisi bullish, maknanya harga dari saham tersebut mengalami kenaikan secara berkelanjutan dalam periode waktu tertentu. Biasanya, suatu saham dianggap sedang mengalami bullish ketika harganya mengalami kenaikan hingga 20%. Kondisi bullish ini biasanya akan bertahan selama beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun.

Kondisi bullish berperan dalam makin mendongkrak harga saham, sehingga membuatnya semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena kecenderungan untuk membeli saham pada saat kondisinya sedang bullish. Para investor pun berpotensi untuk meraup imbal hasil yang lebih tinggi pada saat harga saham dan pasar modal sedang bullish

Apa Itu Bearish?

Berbanding terbalik dengan kondisi bullish, ada yang namanya kondisi bearish. Pada saat sebuah saham ataupun pasar modal disebut dalam kondisi bearish, maknanya sedang terjadi penurunan harga yang berkelanjutan di periode waktu tersebut. Biasanya, kondisi bearish ditandai dengan penurunan harga saham hingga 20% atau bahkan lebih. 

Jika kondisi bullish dipenuhi dengan rasa optimis akan terus meningkatnya harga saham, kondisi bearish malah dipenuhi dengan rasa pesimis dan ketakutan akan harga saham atau kondisi pasar modal secara keseluruhan yang akan makin menurun. Sentimen negatif memenuhi pasar modal pada kondisi bearish, membuat investor biasanya akan memilih untuk menjual sahamnya agar tidak merugi. 

Meskipun kondisi bearish kerap ditakuti oleh banyak investor, namun tetap saja ada hal baik yang bisa dimanfaatkan saat kondisi pasar modal sedang bearish. Salah satu peran kondisi bearish adalah memungkinkan investor jangka panjang untuk menemukan banyak saham yang bernilai bagus dengan harga yang lebih rendah dibanding biasanya. 

Bullish Vs Bearish, Apa Bedanya? 

  1. Arah Performa Saham 

Perbedaan utama antara bullish saham dengan bearish saham tentu saja terletak pada arah performa dari saham tersebut. Saat kondisi sedang bullish, saham menunjukkan performa yang meningkat secara berkelanjutan, bahkan mencapai hingga 20% atau lebih. Sedangkan saat kondisi sedang bearish, performa saham mengalami penurunan karena sentimen negatif di pasar modal. 

  1. Posisi Investor 

Perbedaan selanjutnya yang umum terjadi saat bullish ataupun bearish adalah posisi yang diambil oleh investor. Saat saham atau pasar modal sedang dalam kondisi bullish, investor dipenuhi dengan rasa optimis dan biasanya mengambil long position alias berharap asetnya akan terus mengalami kenaikan harga, sehingga potensi imbal hasil yang makin besar bisa didapatkan.

Sebaliknya, dalam kondisi bearish biasanya investor akan memilih untuk mengambil short position, seperti dengan melakukan penjualan atas aset saham yang dimilikinya. Hal ini dilakukan karena rasa pesimis akan performa saham yang terus-menerus mengalami penurunan, sehingga muncul ketakutan akan besarnya loss atau kerugian yang mungkin akan dihadapi.  

  1. Aktivitas IPO 

IPO (Initial Public Offering) alias penawaran saham perdana biasanya dilakukan pada saat kondisi pasar modal sedang bullish. Hal ini disebabkan karena tingginya sentimen positif di pasar modal, yang kemudian bisa membuat investor merasa lebih tertarik untuk menginvestasikan uangnya dalam jumlah besar. 

Hal yang berbeda ditunjukkan pada saat kondisi pasar modal sedang bearish. Biasanya, emiten menghindari untuk IPO pada saat kondisi pasar modal sedang bearish. Hal ini disebabkan karena biasanya investor tidak begitu tertarik untuk berinvestasi pada saat sentimen negatif di pasar modal sedang begitu tinggi. 

  1. Pertumbuhan PDB  

Perbedaan antara bullish dan bearish juga bisa dilihat dari efeknya pada pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) atau GDP (Gross Domestic Product). Pada saat kondisi pasar modal sedang bullish, biasanya PDB mengalami pertumbuhan yang tinggi, salah satunya ditandai dengan makin meningkatnya angka penjualan. 

Sebaliknya, saat kondisi pasar modal sedang bearish, PDB diekspektasikan akan mengalami pertumbuhan yang lambat. Selain itu, permintaan atau demand juga akan mengalami penurunan di bidang ekonomi, sehingga membuat angka penjualan pun juga turut menurun. Hal inilah yang kemudian membuat performa dari sebuah industri makin lama makin menurun. 

Atur Strategi Investasi Saat Bullish dan Bearish dengan RHB Tradesmart ID 

Sebagai investor, Smart People membutuhkan strategi yang mumpuni pada saat terjadi bullish saham maupun bearish saham. Dengan adanya strategi investasi yang matang, maka potensi memperoleh imbal hasil maksimal pada saat bullish maupun bearish bisa diwujudkan, serta tentunya bisa menghindari potensi loss yang signifikan, terutama pada saat kondisi bearish

Agar bisa membantu pengambilan keputusan investasi saham nantinya, Smart People bisa manfaatkan fitur Smart Analyzer dari RHB Tradesmart ID. Dengan menggunakan Smart Analyzer, Smart People bisa memantau pergerakan harga saham secara real time, sekaligus memperoleh commentary atau ulasan mengenai saham yang dimiliki ataupun saham incaran. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi saham online yang cocok digunakan oleh para pemula di bidang investasi saham. Unduh aplikasinya sekarang juga dan manfaatkan fitur SMART-nya untuk raup imbal hasil potensial. 

Sumber: 

Baker, Brian. 2023, September 08. Bullish vs. bearish investors: What’s the difference? Bankrate. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024 melalui https://www.bankrate.com/investing/what-it-means-bullish-bearish/

Sureka, Shraddha. 2024, Januari 24. Bull Market vs Bear Market. Wallstreet Mojo. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024 melalui https://www.wallstreetmojo.com/bull-market-vs-bear-market/

Kramer, Leslie. 2022, Mei 20. An Overview of Bull and Bear Markets. Investopedia. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024 melalui https://www.investopedia.com/insights/digging-deeper-bull-and-bear-markets/

 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal