<< Back

Bukan Cuma Tubuh yang Butuh Check Up, Kamu Juga Perlu Financial Check Up! Ini Alasannya! 

Financial Check Up, Kesehatan Keuangan

Tidak semua orang menyadari pentingnya mengecek kesehatan keuangan atau financial check up. Padahal, dengan melakukan hal tersebut secara rutin, maka seseorang bisa memastikan bahwa kondisi keuangan stabil, sehingga tujuan keuangan pun bisa diwujudkan secara bertahap. Bagi yang masih penasaran apa itu financial check up sekaligus manfaatnya, yuk simak ulasannya di sini.  

Apa Itu Financial Check Up?

Tidak hanya kesehatan tubuh saja yang harus diperiksa secara rutin, melainkan juga kondisi keuangan atau finansial. Oleh sebab itu, penting sifatnya bagi Smart People untuk melakukan financial check up. Financial check up merujuk pada pengecekan yang dilakukan secara menyeluruh atas kondisi keuangan atau finansial, untuk mencari tahu apakah kondisi sehat atau tidak. 

Adapun tujuan utama dilakukannya financial check up ini adalah untuk memahami bagaimana cara seseorang mengelola uang yang dimilikinya, serta mencari tahu apakah cara pengelolaan tersebut sudah membawanya mewujudkan tujuan keuangan yang sudah ditentukan sebelumnya. Sekiranya ada kesalahan atau kekurangan, maka perlu dilakukan perubahan untuk mengatasinya. 

Financial check up biasanya dilakukan setahun sekali, umumnya di awal ataupun pada akhir tahun. Namun, ada juga yang melakukan pengecekan kondisi keuangan ini setelah terjadinya peristiwa atau event besar dalam kehidupannya, seperti pernikahan, perceraian, kelahiran, kematian, dan lainnya 

Manfaat Melakukan Financial Check Up 

  1. Mengetahui dengan Pasti Kondisi Keuangan 

Financial check up bermanfaat untuk mengetahui dengan pasti, bagaimana sih sebenarnya kondisi keuangan saat ini, apakah kondisinya sehat atau ternyata sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja. Jika ternyata kondisinya sedang tidak sehat, tentu perubahan bisa segera dilakukan, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan secara tiba-tiba. 

  1. Membantu Mengontrol Pengeluaran 

Dengan melakukan financial check up, seseorang akan menyadari bagaimana seharusnya alokasi bujet dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ada bujet untuk kebutuhan rutin, keinginan, tabungan, dan lain sebagainya. Dengan alokasi bujet yang jelas ini, tentunya akan bisa membantu orang tersebut dalam hal mengontrol pengeluarannya, sehingga pengeluaran bisa terkendali dan tidak berlebihan. 

  1. Mendukung Persiapan Tabungan Masa Depan 

Pelaksanaan financial check up juga bermanfaat untuk mendukung suksesnya proses menyiapkan tabungan masa depan. Hidup tentu saja tidak hanya akan berlangsung di masa sekarang saja, melainkan juga masa depan. Nah, dengan mengetahui kondisi keuangan dan memastikannya sehat, seseorang bisa mulai menyiapkan tabungannya untuk menghabiskan waktu di usia senjanya nanti. 

  1. Membantu Pengambilan Keputusan Terkait Keuangan 

Pengecekan secara rutin atas kondisi keuangan juga akan membantu seseorang dalam hal pengambilan keputusan keuangan. Misalnya saja, jika kondisi keuangan sedang tidak sehat, bisa saja beberapa rencana untuk memenuhi keinginan ditunda dulu untuk sementara waktu, hingga nanti kondisi keuangan sudah stabil atau sehat kembali. 

Cara Melakukan Financial Check Up 

  1. Tentukan atau Evaluasi Tujuan Keuangan 

Untuk memulai financial check up, hal pertama yang harus Smart People lakukan adalah menentukan tujuan keuangan. Jika sebelumnya tujuan keuangan sudah disusun, lakukan evaluasi untuk mengetahui apakah tujuan keuangan itu berhasil diwujudkan atau tidak. Dengan adanya tujuan keuangan ini, maka akan jelas hal apa yang ingin dicapai dengan uang yang dimiliki. 

  1. Cek Semua Pos Pemasukan dan Pos Pengeluaran 

Selanjutnya, lakukan pengecekan pada semua sumber pemasukan dan pengeluaran. Smart People. Kalkulasikan berapa total semua pemasukan yang diterima, serta berapa banyak jumlah pengeluarannya. Hitung semuanya tanpa terkecuali. Dengan mengetahui total dari pemasukan dan pengeluaran, maka akan bisa dilihat apakah pemasukan lebih besar dari pengeluaran atau sebaliknya. 

  1. Cek Imbal Hasil dari Aset yang Dimiliki 

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengecek imbal hasil atau return dari rangkaian aset investasi yang dimiliki, entah itu dalam bentuk saham, emas, reksa dana, dan lainnya. Cari tahu apakah imbal hasil yang didapatkan tersebut sudah sesuai dengan perkiraan, lebih, atau mungkin kurang. Jika misalnya imbal hasilnya selalu menurun dari ekspektasi, maka mungkin bisa diganti dengan aset lainnya. 

  1. Siapkan Dana Darurat 

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat saat melakukan pengecekan kesehatan finansial. Jumlah dana darurat ini biasanya sebesar 6 hingga 12 kali pengeluaran dalam sebulan. Jika dana darurat sebelumnya sudah ada namun jumlahnya belum sesuai ketentuan umumnya, Smart People bisa tambahkan. Sedangkan jika belum, mulailah untuk mengumpulkan dana darurat tersebut. 

Tips untuk Menghindari Kondisi Keuangan Tidak Sehat 

Semua orang tentu ingin punya kondisi keuangan yang sehat. Makanya, sebisa mungkin hindarilah hal-hal yang bisa memicu buruknya kondisi keuangan. Ada beragam tips yang bisa diaplikasikan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu yang paling utama adalah melakukan budgeting, sehingga pengeluaran akan terkendali dan tidak besar dibanding pemasukan. 

Ciptakan Kondisi Keuangan yang Sehat dengan Investasi Saham 

Instrumen investasi yang bisa mendatangkan imbal hasil yang diinginkan, merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kondisi keuangan yang sehat tersebut. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Smart People untuk memulai investasi saham jangka panjang mulai dari sekarang. Agar aktivitas investasi bisa makin optimal, berinvestasilah dengan pakai RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi dan trading saham yang bisa dimulai dengan modal awal Rp100.000 saja. Selain ekonomis, aplikasi ini juga punya deretan fitur unggulan, di antaranya adalah Smart Analyzer. Fitur satu ini bisa bantu Smart People menganalisis saham, sehingga bisa mengambil tindakan yang tepat saat melakukan investasi. 

Mulailah investasi saham dari sekarang, agar imbal hasil bisa segera didapatkan. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID untuk mendukung aktivitas investasi saham tersebut.

Sumber: 

Fowles, Deborah. (2021, November 16). How To Do An Annual Financial Checkup. The Balance. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2023 melalui https://www.thebalancemoney.com/how-to-do-an-annual-financial-checkup-1289800

Probasco, Jim. (2022, Maret 21). How To Conduct a Financial Checkup. Investopedia. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2023 melalui https://www.investopedia.com/personal-finance/how-conduct-financial-checkup/

Mahdi. (2023, Mei 25). Jangan Lupa Lakukan Financial Check-Up Demi Keuangan yang Sehat. DJKN Kemenkeu. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2023 melalui https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/16145/Jangan-Lupa-Lakukan-Financial-Check-Up-Demi-Keuangan-yang-Sehat.html

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal