<< Back

Belum Dapat Imbal Hasil Investasi Saham? Simak 5 Kemungkinan Penyebabnya!

investasi saham

Setiap investor saham tentu ingin mendapatkan imbal hasil yang besar dari investasi yang dilakukannya. Sayangnya, tidak semua investor bisa mewujudkan keinginannya itu dengan mudah. Kegagalan dalam mendapatkan imbal hasil yang diinginkan, kerap mengakibatkan para investor saham, khususnya yang masih pemula, akhirnya memutuskan untuk stop investasi saham

Belum kunjung diperolehnya imbal hasil, bisa jadi disebabkan karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh investor sendiri saat berinvestasi. Namun, mereka malah tidak menyadari kesalahan yang dibuat tersebut. Agar Smart People tidak berada di kondisi yang sama, simak apa saja kemungkinan alasan investasi saham tidak kunjung memberikan imbal hasil berikut ini. 

  1. Tidak Melakukan Analisis Fundamental Saham

Jika imbal hasil tidak kunjung Smart People dapatkan, bisa jadi hal itu disebabkan karena Smart People tidak memahami dengan benar mengenai fundamental saham saat memilih saham yang dikoleksi. Padahal, analisis atas fundamental saham ini bisa memberikan gambaran mengenai performa saham tersebut di pasar saham. 

Dengan melakukan analisis fundamental saham terlebih dahulu, Smart People bisa memilih saham-saham yang memang bakal mendatangkan imbal hasil yang diinginkan di masa depan. Namun, jika pemilihan saham dilakukan dengan cara asal-asalan tanpa analisis terlebih dahulu, maka harus siap dengan kemungkinan sulitnya mendapatkan imbal hasil atas investasi tersebut. 

  1. Investasi Hanya Karena Ikut-ikutan Teman 

Makin meleknya orang-orang akan pentingnya investasi saham, menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah investor saham. Sayangnya, tidak semua orang yang terjun ke dunia saham itu benar-benar mengerti cara kerja saham tersebut. Keikutsertaannya dalam investasi lebih didasarkan atas FOMO (Fear of Missing Out) alias hanya sekadar ikut-ikutan tren saja. 

Mengingat masing-masing orang punya profil risiko yang berbeda-beda, hal itu membuat strategi investasi orang lain belum tentu bakal cocok untuk Smart People gunakan. Bisa jadi strategi itu berhasil untuk dirinya, namun malah gagal saat coba diaplikasikan ke diri sendiri. Makanya, penting untuk membekali diri dengan pengetahuan seputar saham, jika ingin dapat imbal hasil. 

  1. Tidak Sabar dalam Berinvestasi 

Salah satu kunci untuk bisa mendapatkan imbal hasil dari investasi yang dilakukan adalah sabar. Kesabaran ini terutama sekali begitu diperlukan saat Smart People memutuskan investasi jangka panjang. Tidak ada imbal hasil yang bisa didapatkan dalam sekejap mata, makanya Smart People harus sabar menanti untuk bisa mendapatkan imbal hasil yang diinginkan. 

Kebanyakan orang, khususnya yang belum paham benar cara kerja saham, tidak sabar menanti hingga harga saham yang dikoleksinya mengalami peningkatan. Apalagi jika harga sahamnya tersebut mengalami penurunan, segala kemungkinan terburuk pasti sudah muncul di pikirannya. Alhasil, saham pun akhirnya dijual kembali dengan harga yang mungkin di bawah harga pembeliannya.  

  1. Tergiur untuk Membeli Saham Murah Namun Tidak Potensial 

Alasan lain yang bikin imbal hasil tidak kunjung juga didapatkan adalah karena Smart People sebagai investor saham mudah sekali tergiur untuk membeli saham-saham dengan harga yang murah, padahal saham tersebut sama sekali tidak potensial. Jadi, keinginan untuk menjual saham tersebut dengan harga yang lebih tinggi pun sulit untuk diwujudkan. 

Tidak bisa dipungkiri kalau pemilihan saham dengan harga murah didasari atas terbatasnya modal atau dana untuk investasi. Namun, bukan berarti Smart People menjadi kalap karena melihat saham-saham berharga murah. Lebih baik membeli sedikit saham dengan harga mahal tapi potensial, daripada membeli banyak saham berharga murah namun tidak potensial. 

  1. Mudah Panik 

Turunnya harga saham memang kerap memicu kepanikan bagi para investor saham. Akibatnya, tidak sedikit investor yang kemudian melakukan panic selling atau menjual saham yang dimilikinya dengan harga berapapun. Hal ini sih niatnya dilakukan untuk menghindari makin jatuhnya harga saham. Kedengarannya memang pilihan yang bagus, namun nyatanya malah kebalikannya. 

Kepanikan mungkin dirasakan, namun jangan sampai hal itu membuat Smart People gegabah dalam mengambil keputusan. Jika memang Smart People memahami fundamental saham, Smart People bakal bisa dengan mudah memutuskan apakah saham itu masih layak dipertahankan atau tidak. Sekiranya sebuah saham fundamentalnya bagus, maka turunnya harga saham tidak perlu dikhawatirkan. 

Optimalkan Imbal Hasil dengan Investasi Saham via RHB Tradesmart ID 

Mulailah investasi saham dari sekarang, agar imbal hasil pun makin dekat dengan jangkauan. Rancang strategi investasi yang pas untuk Smart People, jangan hanya ikut-ikutan, agar bisa mendapatkan imbal hasil yang diinginkan. Smart People bisa mengoptimalkan imbal hasil investasi dengan memilih RHB Tradesmart ID sebagai aplikasi pendukung aktivitas investasi. 

RHB Tradesmart ID punya fitur Smart Analyzer yang bakal bantu Smart People untuk memilih saham yang tepat berdasarkan hasil analisisnya. Selain itu, biaya transaksi saham yang terjangkau dengan adanya fitur Smart Fee dan bunga margin yang ekonomis dalam bentuk Smart Rate, akan bantu Smart People mewujudkan imbal hasil optimal dari investasi yang dilakukan. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi dan trading saham yang tepat untuk Smart People jadikan pilihan. Ragam fitur unggulan yang dimilikinya bakal dukung aktivitas investasi Smart People, sehingga bisa meraih imbal hasil yang diinginkan. Tunggu apa lagi, yuk unduh aplikasinya sekarang

Sumber: 

Friedberg, Barbara. (2021, Desember 10). Why People Lose Money in the Market. The Balance. Diakses pada tanggal 11 Juni 2023 melalui https://www.thebalancemoney.com/why-people-lose-money-in-the-market-4144737

Artzberger, William. (2022, Mei 15). Avoid These 8 Common Investing Mistakes. Investopedia. Diakses pada tanggal 11 Juni 2023 melalui https://www.investopedia.com/articles/stocks/07/beat_the_mistakes.asp

Leeds, Peter. (2022, November 03). 10 Common Stock Investing Mistakes To Avoid. The Balance. Diakses pada tanggal 11 Juni 2023 melalui https://www.thebalancemoney.com/common-investing-mistakes-you-must-avoid-4104189

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal