<< Back

Belajar Trading Saham, Mengenal IRR, Fungsi, dan Rumus Perhitungannya

Dalam dunia trading saham, ada beberapa istilah yang penting untuk dipahami dan salah satunya adalah IRR. IRR adalah kependekan dari Internal Rate of Return. Poin ini memiliki peran penting dalam trading saham sehingga wajib untuk dipahami pemula. Smart People, mari kita belajar trading saham lebih jauh lagi dengan mengenal apa itu IRR dan seperti apa fungsinya. 

Pengertian

IRR merupakan sebuah indikator dari tingkat efisiensi sebuah langkah investasi. IRR ini juga dikenal sebagai teknik untuk menghitung jumlah bunga dari sebuah hasil investasi. Tak hanya sekadar menghitung namun IRR juga akan menyamakan bunga tersebut dengan nilai investasi saat ini sesuai perhitungan kas bersih di masa depan. 

Smart People bisa lebih mudah memahami IRR sebagai sebuah metrik yang akan dipakai dalam analisis keuangan saat memperkirakan nilai potensi imbal hasil investasi. Jika nilai perhitungan IRR ini lebih besar daripada nilai modal yang sudah ditanamkan investor, maka tak perlu ragu untuk melakukan investasi. Sebaliknya, jika hasil perhitungan IRR lebih kecil dari modal maka sebaiknya investasi tersebut dihindari. 

Metrik ini memiliki fungsi penting dalam analisis investasi. Tentu IRR akan membantu para investor untuk mengambil langkah atau pilihan tepat sehingga imbal yang diterima bisa optimal. Namun sebagai salah satu metrik analisis investasi, IRR juga punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Kelebihan dan Kekurangan IRR

Sebagai salah satu faktor pertimbangan investasi, IRR punya faktor plus dan minus. Smart People sebaiknya tahu dulu apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut sehingga bisa membuat pertimbangan apakah memang metrik ini layak dipakai atau tidak. Mari mulai dulu dari kelebihan yang dimiliki oleh IRR. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

  • IRR bisa langsung menunjukkan apakah sebuah investasi layak atau tidak. 
  • Metode perhitungan ini mempertimbangkan setiap arus yang ada sehingga dinilai lebih akurat. 
  • Metode ini memakai konsep time value of money dan risiko arus masuk di masa depan untuk menghitung imbal modal investasi. 

Dari segi kelebihannya memang tampaknya IRR layak dijadikan metrik perhitungan yang efektif. Namun, jangan lupa perhatikan juga apa saja kekurangan dari IRR ini. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki:

  • Butuh cost of capital saat melakukan perhitungan dengan teknik IRR.
  • Tidak selalu mendapatkan hasil yang tepat. 
  • IRR hanya dapat memberikan hasil maksimal saat investasi tercatat memiliki capital berupa rasio. 

Tak salah jika Smart People ingin menggunakan IRR sebagai salah satu aspek analisis investasi. Namun, untuk mengimbangi kekurangannya maka Smart People bisa menggunakan metrik analisis yang lain. Jadi bisa saling melengkapi dan membantu investor mendapatkan keputusan terbaik sesuai dengan ekspektasi imbal investasi. 

Fungsi IRR

Sebenarnya apa saja fungsi utama dari metode perhitungan satu ini? Saat belajar trading saham, Smart People akan dihadapkan pada beberapa jenis metrik analisis salah satunya IRR. Tentu setiap metrik tersebut punya fungsi masing-masing. Berikut adalah beberapa fungsi yang dijalankan oleh metode perhitungan IRR:

 1. Membuat Perbandingan Hasil Perusahaan

Fungsi pertama, IRR akan membantu membuat perbandingan hasil sebuah perusahaan dalam mendirikan operasi baru atau memperluas operasi yang sudah ada. IRR ini jadi tidak hanya penting bagi investor namun juga perusahaan. Perhitungan ini akan membantu perusahaan menilai mana yang lebih baik, membuka bidang operasi baru atau mengoptimalkan yang sudah ada sebelumnya.

 2. Bahan Evaluasi Pembelian Kembali Saham

Bagi perusahaan, IRR juga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi pembelian kembali saham. Contohnya, jika sebuah perusahaan menyediakan dana besar untuk membeli kembali saham miliknya maka analisis IRR ini harus bisa menunjukkan bahwa saham tersebut adalah investasi yang lebih baik. Dalam hal ini maka perhitungan IRR-nya lebih tinggi dari pemakaian dana. 

 3. Membantu Pembuatan Keputusan Keuangan

Hasil perhitungan IRR ini akan membantu Smart People membuat keputusan keuangan. Contoh mudahnya, dengan IRR seseorang bisa menentukan hendak menyimpan uang dalam bentuk deposito atau menginvestasikannya di emiten saham. IRR akan menunjukkan perbandingan imbal hasil dari beberapa jenis investasi sehingga bisa diambil keputusan mana yang paling baik. 

 4. Memberikan Tingkat Laju Pengembalian Investasi

Melalui IRR, Smart People bisa melihat tingkat laju pengembalian investasi. Nantinya IRR akan menunjukkan seberapa cepat investor mendapatkan imbal hasil yang sesuai atau melebihi modal investasi. Jadi bisa diperkirakan mana aset yang akan mendatangkan laju pengembalian lebih tinggi. 

 5. Mempermudah Investor Mencapai Imbal Optimal

Tak bisa dipungkiri bahwa IRR adalah sebuah metode yang akan membantu para investor untuk mencapai imbal investasi optimal. Hasil perhitungan IRR nantinya akan memperlihatkan mana yang memberi imbal lebih banyak. Ini akan menjadi petunjuk akurat bagi investor sehingga instrumen yang dipakai bisa bekerja secara efektif memberi pengembalian modal. 

Rumus Menghitung IRR

Belajar trading saham khususnya topik IRR ini tak akan lengkap jika belum mengulik cara perhitungannya. Prinsipnya, perhitungan IRR nantinya akan mendapatkan net present value atau NPV=0. Jadi agar bisa mendapatkan hasil akhir dari IRR, maka kita perlu menemukan discount rate yang bisa menghasilkan NPV positif. Rumus perhitungannya sebagai berikut:

IRR=i1 + NPV1NPV1 – NPV2 i2 – i1

Keterangan rumus:

i1: tingkat diskonto yang bisa membawa hasil NPV +

i2: tingkat diskonto yang memberikan hasil NPV –

NPV1: Net present value yang positif

NPV 2: Net present value yang negatif. 

Tingkat kerumitan perhitungan IRR ini sangat dipengaruhi oleh angka-angka yang terlibat. Meskipun rumit, cobalah untuk tetap melakukan perhitungan dengan metode tersebut. Metode ini akan sangat membantu Smart People untuk mendapatkan langkah investasi dengan imbal terbaik. 

Belajar trading saham memang tak mudah. Ada banyak istilah dan hal-hal yang perlu dikuasai. Namun tak perlu ragu, Smart People bisa melakukannya secara perlahan. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi kepada investor yang lebih berpengalaman agar bisa mendapatkan bimbingan yang akurat.

Bagi Smart People yang tertarik dengan dunia saham juga bisa belajar melalui RHB Tradesmart. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah Smart People yang ingin trading maupun investasi saham. Langsung Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store supaya transaksi saham Smart People semakin lancar.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal