<< Back

Begini Cara Memilih dan Membeli Saham yang Tepat

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang paling diminati saat ini. Banyak kalangan pebisnis muda yang memilih saham sebagai bentuk investasi yang mereka pilih dengan alasan bisa untuk investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Terutama setelah banyak tersedia layanan Investasi saham online.

Salah satu alasan mengapa banyak pebisnis sangat antusias untuk ikut berinvestasi saham adalah karena jenis investasi ini memiliki imbal hasil yang cukup lumayan. Investasi saham akan lebih memberikan imbal hasil yang lumayan jika Smart People bisa memilih saham dengan harga terjangkau namun memiliki prospek yang menjanjikan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Smart People gunakan sebagai panduan untuk memilih dan membeli saham terutama untuk Smart People pebisnis dan investor yang masih pemula.

1. Hitung terlebih dahulu imbal hasil atau kerugian yang bisa Smart People dapatkan

Harga saham per lembarnya bisa dipatok minimal dengan harga 50 rupiah saja. Namun untuk membeli saham, ada minimal pembelian yaitu 1 lot yang berjumlah 100 lembar saham. Smart People bisa membeli saham dengan jumlah nilai sesuai kemampuan Smart People.

Hanya saja untuk memilih akan membeli saham yang mana dan dengan harga berapa itu semua harus melalui perhitungan yang cermat. Paling tidak, Smart People harus bisa mendapatkan imbal hasil cuma-cuma meski hanya sedikit saja. Hindari membeli saham yang memiliki potensi imbal hasil minim atau bahkan berpeluang rugi.

Untuk hal ini Smart People bisa memiliki strategi dengan memperhatikan pergerakan saham di pasar keuangan. Jika ternyata pergerakan saham terpantau sebagai pergerakan yang tidak wajar maka sebaiknya hindari membeli saham perusahaan tersebut.

Hindari juga membeli saham hanya dengan patokan harganya murah atau sedang populer di pasar saham. Karena jenis saham semacam itu harus diperhatikan dengan baik kredibilitas yang dimiliki perusahaan pemilik saham.

2. Pilih jenis saham dengan biaya transaksi rendah

Biaya transaksi adalah jenis biaya yang nantinya akan menjadi imbal hasil yang didapatkan oleh perusahaan Investasi saham online yang berkaitan. Memilih jenis saham dengan biaya transaksi yang rendah akan memungkinkan Smart People untuk mendapatkan imbal hasil yang lumayan.

Biaya transaksi adalah biaya yang diberikan untuk pembelian dan penjualan saham.

3. Memilih jenis saham yang terdaftar secara khusus

Ada banyak sekali jenis saham yang ada di pasar keuangan. Smart People paling tidak harus melakukan cara membeli saham dan memilih jenis saham yang sudah terdaftar di dalam daftar saham yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia atau BEI. Jika Smart People masih bingung memilih yang mana karena masih pemula dan belum tahu lebih banyak tentang daftar saham maka bisa memilih saham yang terdaftar dalam indeks IDX30 atau IQ45.

Adalah jenis daftar yang memuat sekitar 45 jenis saham yang unggul di pasar keuangan. Jenis saham yang terdaftar di dalam indeks saham tersebut diklaim memiliki sifat likuiditas yang tinggi, terpercaya dan terbukti memberikan imbal hasil pada investor . Selain itu, perusahaan yang terdaftar di dalamnya diketahui memiliki latar belakang sekaligus nilai fundamental yang bagus.

4. Beli saham bidang perbankan atau kebutuhan harian

Untuk pemula, memilih jenis saham bidang perbankan atau saham dari perusahaan yang  memproduksi kebutuhan harian di Indonesia menjadi salah satu hal yang direkomendasikan. Saham dari perbankan atau perusahaan tersebut terhitung lebih aman serta menjanjikan imbal hasil yang lumayan.

 5.  Pilih harga saham bagus dari faktor valuasi perusahaan

Perlu dipahami bahwa harga saham yang murah bukan berarti memiliki potensi yang merugikan atau kualitas saham yang buruk. Untuk menilai apakah sebuah saham dengan harga murah bagus atau tidak dilihat dari valuasi perusahaan.

Bagaimana cara melihat valuasi perusahaan yang efektif? Cara terbaik adalah dengan melakukan pengukuran melalui faktor Price to Earnings Ratio (PER). Bursa Efek Indonesia dalam pasar saham akan membagi saham ke dalam 3 papan perdagangan. Yaitu papan Utama, papan Pengembangan dan papan Akselerasi.

Modal Utama Menjadi Investor Saham Sukses

Menurut ahli Investasi saham, ada beberapa modal yang harus dikuasai jika ingin menjadi investor yang berhasil sukses. Diantaranya adalah sebagai berikut.

·         Memiliki pola pikir yang mendukung untuk menjadi investor

Bahwa seorang investor harus memiliki pola pikir dalam Investasi saham online untuk bisa selalu mendapatkan imbal hasil yang sepadan dengan modal yang dipakainya. Dan seorang investor juga harus selalu mau belajar untuk investasi yang lebih baik, bukan sekedar mengikuti trend atau ikut-ikutan teman saja.

·         Ketahui metode investasi

Seorang investor pemula juga harus mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan analisis teknikal, fundamental maupun analisis materiil ekonomi dalam melakukan investasi saham.

·         Manajemen keuangan yang baik

Seorang investor juga harus memiliki manajemen keuangan yang baik seperti misalnya bisa menempatkan modal yang diinvestasikan pada beberapa jenis saham dengan nilai fundamental yang potensial.

·         Disiplin dalam perencanaan investasi

Sebelum memulai investasi seorang investor harus sudah memiliki perencanaan investasi yang harus dilakukan dengan disiplin yang ketat sejak awal. Disiplin yang ketat harus menjadi satu kebiasaan yang dimulai sejak awal berinvestasi.

·         Ketahui gaya trading

Dan yang terakhir adalah dengan mengetahui gaya trading atau gaya berinvestasi yang dipakai. Setiap investor saham selalu memiliki gaya trading yang berbeda. Sehingga harus disesuaikan dengan karakter dan kemampuan masing-masing investor.

Itulah beberapa panduan untuk memilih dan membeli saham dalam Investasi saham online khususnya untuk investor pemula. Mau belajar sembari berinvestasi yang mudah dan aman? Yuk download RHB Tradesmart di Play Store maupun App Store!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal