<< Back

Baru Mulai Trading Saham, Invest Berapa, Ya?

Jual beli saham di bursa saat ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Ada sejumlah cara pembelian maupun penjualan saham yang dapat dilakukan secara mudah, bahkan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui gadget.

Buat Smart People yang tertarik untuk berkecimpung di dunia investasi saham online, tentunya Smart People perlu menyiapkan diri untuk menjalankan aktivitas trading dan investasi tersebut. Apalagi, membeli saham perusahaan ini memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Persiapan Dana Bagi Investor dan Trader

Siapa pun kini bisa melakukan jual beli saham secara nyaman dan mudah. Bahkan meskipun harus menyiapkan modal sekalipun, hal ini tentu tidak akan menjadi penghalang karena berbagai imbal hasil positif yang bisa didapatkan di depan mata.

Supaya lebih sukses dalam menjalankan aktivitas trading dan investasi saham secara online, maka Smart People pun perlu menyiapkan dana untuk pembelian maupun persiapan lain untuk proses penjualan saham. Untuk membeli saham, Smart People wajib menyiapkan dana yang sesuai dengan harga saham serta pembayaran biaya transaksi untuk sekuritas (fee broker).

Adapun besarannya tentu berbeda-beda, terutama untuk harga saham itu sendiri. Namun untuk biaya transaksi, apabila transaksi dilakukan secara online biasanya akan dikenakan 0,15% dari nilai transaksi pembelian saham. Sementara untuk penjualan saham, nilai jual tersebut akan ditambah 0,1% yang merupakan Pajak Penghasilan Final.

Selain itu, pembelian saham juga dapat dilakukan secara perhitungan lembar. Untuk itulah dikenal istilah lot di mana 1 lot sendiri sama dengan 100 lembar saham. Adapun harga per lembarnya disesuaikan juga dengan jumlah lot saham dan harga yang saham perusahaan yang akan dibeli. 

Sebagai contoh, Smart People ingin investasi saham online sehingga membeli 3 lot saham PT XYZ yang harganya adalah 1.000 per lembar saham. Pada saat Smart People akan membeli, Smart People menghubungi pihak broker dengan biaya transaksi sebesar 0,25 persen.

Maka dari itu, total modal yang harus disiapkan adalah sebesar 3 lot x 100 saham x Rp1.000 yang kemudian ditambah fee broker sebesar 0,25 persen dari subtotal penghitungan sebelumnya. Dengan begitu, total yang harus disiapkan adalah Rp300.750 untuk pembelian saham di perusahaan tersebut.

Tentunya, biaya ini juga masih di luar biaya lain yang mungkin saja Smart People butuhkan, terutama untuk berbagai persiapan materi dan informasi investasi, konsultasi, atau hal-hal lainnya yang menunjang persiapan Smart People dalam menjalankan trading dan investasi saham.

Tips Membeli Saham Bagi Pemula

Untuk bisa membeli saham dan menjalankan investasi maupun trading, maka diperlukan beberapa syarat sebagai berikut. Tidak perlu khawatir dengan berbagai syarat berikut karena relatif mudah dan tidak menyulitkan.

1. Persiapan dokumen

Hal pertama yang perlu disiapkan terutama buat Smart People yang baru belajar trading saham adalah sejumlah dokumen untuk beberapa keperluan. Adapun dokumen yang dimaksud di antaranya adalah KTP, NPWP, buku tabungan, dan jangan lupa juga materai.

2. Persiapan pendaftaran investasi

Langkah berikutnya adalah Smart People perlu datang ke perusahaan sekuritas terpercaya atau melakukan pendaftaran secara online. Perlu dipastikan kembali perusahaan sekuritas tersebut harus benar-benar aman dan terjamin kualitasnya karena mendapat izin usaha dan diawasi OJK.

Jika sudah memastikan ingin memilih perusahaan sekuritas yang mana, maka Smart People bisa langsung mengisi formulir sebagai investor yang sudah disediakan. Selanjutnya, Smart People perlu menyetorkan dana awal ke nomor rekening dana investor atau RDI dengan nominal sesuai ketentuan.

3. Akses transaksi saham

Ketika Smart People sudah menjalankan semua proses di atas, maka Smart People akan diberikan akses untuk masuk ke akun dashboard dan menjalankan transaksi penjualan dan pembelian saham. Akses yang dimaksud tentunya berupa PIN, password, hingga User ID yang pasti berbeda dengan identitas Smart People.

Modal Lain Persiapan Investasi

Bisa dibilang, modal awal yang digunakan untuk belajar investasi saham online sangatlah terjangkau. Kendati demikian, di balik modal finansial yang dibutuhkan tentunya ada beberapa persiapan lain yang juga diperlukan guna mencapai kesuksesan berinvestasi atau dalam kegiatan jual beli saham online.

1. Tekun mencari informasi

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah bagaimana Smart People mencari berbagai sumber informasi untuk menjalankan aktivitas trading dan investasi saham online. Smart People dapat berkonsultasi mengenai modal awal kepada para teman yang sudah berpengalaman, hingga konsultasi ke pihak sekuritas.

Tentunya, Smart People juga sebaiknya tidak hanya mengSmart Peoplelkan orang lain. Aktif mencari berbagai info dan mempelajari berbagai saham perusahaan yang punya fundamental bagus tentunya akan sangat berpengaruh terhadap segala imbal hasil yang bisa saja Smart People dapatkan nantinya.

2. Memanfaatkan akun demo

Perusahaan sekuritas Smart People menyediakan akun demo untuk trading atau investasi saham online? Tidak perlu merasa bimbang atau takut, langsung saja manfaatkan fasilitas seperti ini secara bijak dan terarah.

Tentunya, hal tersebut sangat bermanfaat buat Smart People untuk mengukur kemampuan ataupun untuk melatih analisis terhadap pergerakan saham. Dengan begitu, Smart People juga akan lebih siap menjalankan aktivitas trading dan berbagai kemungkinan lain yang bisa datang.

Itulah beberapa hal tentang modal awal berinvestasi saham dan segala persiapannya. Bagaimana, cukup mudah dan dapat diaplikasikan segera bukan?

Yuk, langsung pakai aplikasi investasi dan trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi di mana saja dan kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store sekarang!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal