<< Back

Baru Melantai di Bursa Saham, Ini Profil Emiten Saham BATR!

Saham BATR

Pasar saham Indonesia kedatangan emiten baru di bulan Juni 2024, yakni emiten PT Benteng Api Technic Tbk (BATR). BATR yang IPO pada tanggal 10 Juni lalu ditawarkan dengan harga Rp110 per lembar saham dan menghasilkan mengumpulkan dana sebanyak Rp68.200 juta. Bagi yang penasaran dengan emiten baru bursa saham ini, bisa simak profil dan prospeknya di bawah ini. 

Profil Emiten PT Benteng Api Technic Tbk (BATR) 

PT Benteng Apri Technic Tbk (BATR) atau dikenal juga sebagai BAT Refractories merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1997 silam. Perusahaan ini digolongkan ke dalam kelompok perusahaan dengan bidang usaha manufaktur dan perdagangan produk refraktori alias material tahan api dan insulasi tahan panas pada sektor barang baku. 

Perusahaan ini sendiri menyediakan produk-produk refraktori untuk kebutuhan konsumen dalam berbagai industri, misalnya seperti industri besi dan baja, industri peleburan aluminium dan tembaga, nikel dan smelter, industri semen dan kapur, industri petrokimia dan pupuk, industri minyak dan gas, hingga industri makanan dan minuman. 

Saat ini, PT Benteng Api Technic Tbk (BATR) dipimpin oleh Ridwan yang berperan sebagai Presiden Direktur, lalu Agus Hari Pramudianto dan Aswin Asmantono sebagai Direktur. Pada jajaran komisarisnya sendiri, Sugeng Suryadi menjabat sebagai Presiden Komisaris dan M.Rusli Ananda sebagai Komisaris Independen.  

Detail IPO PT Bintang Api Technic Tbk (BATR) 

PT Bintang Api Technic Tbk (BATR) resmi tercatat di BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tanggal 10 Juni 2024. Penawaran umum dilakukan mulai tanggal 3 Juni hingga 6 Juni 2024 dengan harga penawaran sebesar Rp110 per lembar saham. Adapun jumlah saham yang ditawarkan pada masa penawaran umum adalah sebanyak 620.000.000 saham. 

PT Bintang Api Technic Tbk (BATR) yang melepas 20,50% sahamnya ke publik pada saat IPO tersebut kemudian berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp68,2 miliar. Dana yang berhasil dikumpulkan ini direncanakan akan digunakan sebagai dana capex dan opex, yang tujuannya adalah untuk mendukung pengembangan bisnis usaha BATR ke depannya. 

Adaupun detail dari penggunaan dana yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 36,65% atau sekitar Rp24,90 miliar akan digunakan untuk membeli tanah dan bangunan dari pihak yang terafiliasi di Surabaya dan Gresik. Kemudian, sekitar 10,02% atau sekitar Rp6,44 miliar akan digunakan untuk pembangunan dan perbaikan bangunan. 

Selanjutnya, sekitar 5,67% atau sekitar Rp3,65 miliar akan digunakan untuk membeli peralatan laboratorium baru. Lalu, sekitar 6,84% atau sekitar Rp4,4 miliar akan digunakan untuk membeli mesin produksi baru. Sedangkan untuk sisanya sendiri sekitar 38,82% direncanakan untuk digunakan membeli persediaan barang dan bahan baku.

Pihak yang berperan sebagai penjamin emisi utama dari IPO-nya BATR ini adalah PT KGI Sekuritas Indonesia dan PT Sinamarta Gunita sebagai Biro Administrasi Efek. Pada saat IPO-nya BATR ini juga, dilaksanakan program alokasi saham karyawan (employee stock allocation), dengan jumlah saham yang dialokasikan sebanyak 6,2 juta saham biasa atau 1% dari total saham yang ditawarkan.  

Prospek dan Tantangan PT Benteng Api Technic Tbk (BATR) 

Kehadiran PT Benteng Api Technic Tbk (BATR) di BEI bisa dibilang sebagai warna baru. Emiten ini bergerak di industri refraktori atau material tahan api, industri dengan emiten yang terbilang masih sedikit. Inilah yang kemudian membuat emiten satu ini unik dan berpotensi untuk menarik minat para investor ke depannya. 

Ridwan sendiri selaku Direktur Utama BATR menyatakan bahwa dilakukannya IPO seiring dengan adanya proyeksi peningkatan pasar refraktori di Indonesia. Permintaan produk refraktori oleh berbagai industri di Indonesia,seperti industri tembaga, baja, dan nikel, yang semakin meningkat dipercayai akan bisa meningkatkan prospek dari emiten saham BATR ini ke depannya. 

Prospek BATR ke depannya tentu juga didukung oleh kekuatan bisnis dan kondisi keuangan yang baik pula dari emiten tersebut. Perusahaan refraktori ini sendiri nantinya juga berencana untuk menguasai pasar material tahan api di dalam negeri, termasuk juga menjajaki pasar ekspor. Dengan prospek yang terbilang bagus ini, BATR dianggap akan bisa menarik investor di luar sana. 

Terkait dengan tantangan yang mungkin dihadapi oleh BATR, salah satunya adalah kondisi saat ini di mana Indonesia cenderung mengandalkan impor untuk memenuhi permintaan pasar refraktori dalam negeri yang terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2021 saja misalnya, faktor impor pasar refraktori adalah sebesar $204,63 juta, dengan China sebagai penguasa pangsa pasarnya. 

Pantau Pergerakan Saham BATR dengan Smart Analyzer RHB Tradesmart ID 

Prospeknya yang cukup meyakinkan memang membuat BATR menjadi saham potensial untuk dikoleksi. Apalagi sekarang ini belum begitu banyak perusahaan yang bergerak di industri yang sama. Sebelum memutuskan untuk membelinya, Smart People bisa coba pantau dan analisis dulu saham perusahaan refraktori tersebut dengan pakai fitur Smart Analyzer dari RHB Tradesmart ID. 

Smart Analyzer memungkinkan Smart People untuk mendapatkan bantuan untuk menganalisis saham. Smart People juga akan bisa memantau pergerakan saham BATR secara real time. Hasil analisis saham yang diperoleh nantinya akan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi, sehingga tidak perlu takut salah langkah nantinya dalam berinvestasi. 

Unduh dan gunakan RHB Tradesmart ID sekarang juga sebagai pendukung aktivitas investasi saham online Smart People. Raup imbal hasil impian dengan ragam fitur SMART-nya. 

Sumber: 

Toarik, Mashud. 2024, Juni 05. Benteng Api Technic Patok Harga IPO Rp 110, Begini Rencana Penggunaan Dananya. Investor Trust. Diakses pada tanggal 20 Juni 2024 melalui https://investortrust.id/news/benteng-api-technic-patok-harga-ipo-rp-110-begini-rencana-penggunaan-dananya

Puspadini, Mentari. 2024, Juni 10. Resmi IPO, Saham Benteng Api (BATR) Naik 22,73%. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 20 Juni 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20240610090301-17-545148/resmi-ipo-saham-benteng-api–batr–naik-2273

CNBC Indonesia. 2024 Mei 27. Punya Produk Unik, Ini Daya Tarik IPO Saham Produsen Refraktori BATR. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 20 Juni 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20240527161451-19-541519/punya-produk-unik-ini-daya-tarik-ipo-saham-produsen-refraktori-batr

 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal