<< Back

Manfaat Investasi Saham Kamu untuk 3 Hal Ini!

Melakukan trading saham artinya adalah menjual atau membeli saham dalam waktu yang cukup singkat. Saat trading saham, trader akan membeli saham dengan harga murah dan menjualnya di harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan capital gain dari selisih harga jual beli.

Namun, harga saham yang tidak pasti ini terkadang membuat trader pemula sering mengalami loss atau kerugian. Agar selalu mendapatkan capital gain saat trading saham, maka perlu rasanya seorang trader pemula untuk belajar tips trading saham. Salah satu tipsnya adalah harus tepat saat mengambil keputusan.

Keputusan bisa dikatakan tepat jika seorang trader dapat membeli saham saat harga sedang koreksi. Nah, untuk tahu kapan harga saham mengalami koreksi maupun kenaikan, seorang trader perlu mengikuti perkembangan harga saham agar tidak salah ambil keputusan.

4 Manfaat Melakukan Trading Saham

Trading saham saat ini cukup populer dikarenakan banyak orang yang mendapatkan manfaat dari trading ini. Manfaat yang diperoleh bisa berupa capital gain, pengetahuan, dan lain sebagainya. Berikut ini serba-serbi mengenai trading saham yang perlu kamu ketahui.

Modal Kecil menjadi Modal Besar

Untuk yang kamu yang berminat trading saham tapi hanya mempunyai uang dingin dalam jumlah kecil, kamu jangan berkecil hati. Mengapa? Pasalnya, modal yang perlu dipersiapkan untuk trading saham tidak melulu harus besar. Dengan modal kecil, sekarang ini kamu bisa menjadi trader saham. Salah satu faktornya adalah karena ada beberapa saham yang masih sangat murah.

Tujuan dari trading saham sendiri adalah membuat modal kecil bertumbuh menjadi besar. Sebagai seorang trader yang masih pemula, lebih baik memulai trading saham dengan modal kecil untuk meminimalisir kerugian jika mengalami loss.

Capital Gain

Manfaat yang paling dicari seorang trader saham adalah capital gain. Capital gain adalah selisih harga beli dengan harga jual. Dengan kata lain, jika seorang trader membeli dengan harga yang murah dan menjualnya di saat harga sedang tinggi, maka capital atau modal trader tersebut bertumbuh dan bernilai lebih.

Capital gain akan lebih mudah didapatkan jika seorang trader dapat menganalisa harga saham dengan teliti. Terdapat berbagai teknik untuk analisis harga saham. Untuk melakukan trading saham jangka pendek, biasanya analisis yang digunakan adalah Technical Analysis dengan time frame yang disesuaikan. Kamu hanya harus mempelajarinya secara mendalam agar dapat menguasainya saat trading.

Modal Pensiun

Kalau kamu menyukai kegiatan trading saham ini, maka trading saham ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah modal untuk pensiun kamu lho. Namun, trading saham ini biasanya digunakan untuk mendapatkan capital gain dengan jangka pendek. Sedangkan, tipe trading saham yang sesuai untuk modal pensiun adalah tipe trading jangka panjang atau disebut dengan investing.

Investor sendiri ada banyak tipenya, ada value investor dan growth investor. Keduanya memakai time frame dengan jangka waktu yang lama dengan harapan capital gain yang didapatkan juga lebih besar. Tipe saham yang dipilih untuk melakukan investing ini biasanya adalah saham bluechip atau saham dengan kapitalisasi pasar yang besar dengan potensi pertumbuhan perusahaan yang cukup confident.

Mendapatkan Ilmu Bermanfaat

Menjadi pintar bukan saja dengan bersekolah, tetapi melakukan trading juga akan membuat pintar. Ada banyak ilmu yang bisa diperoleh seorang trader jika rutin melakukan kegiatan ini. Ilmu tersebut diperoleh dari rekan sesama trader, dari membaca buku, atau dari eksperimen melakukan trading.

Jadi. semakin banyak teman yang kamu punya, pasti kamu akan makin berwawasan dan mempunyai potensi yang lebih besar untuk mengambil keputusan tepat saat membeli saham. Maka tugas trader pemula adalah belajar, berkumpul dengan trader pro, dan menghabiskan waktu untuk membaca buku saja agar cepat mahir melakukan trading.

3 Tips Alokasi Dana dari Hasil Capital Gain yang Diperoleh

Manfaat trading saham memang cukup menjanjikan jika perusahaan yang kamu beli sahamnya bertumbuh dengan baik. Pertumbuhan perusahaan biasanya dibarengi dengan pertumbuhan harga saham yang signifikan. Jika perusahaan yang kamu beli sahamnya bertumbuh secara signifikan maka capital gain yang diperoleh dari pertumbuhan harga saham juga akan semakin besar.

Menghabiskan capital gain yang diperoleh untuk hal-hal konsumtif tentu boleh-boleh saja, akan tetapi akan lebih baik jika hasil tersebut diinvestasikan ke hal yang lebih bermanfaat bukan? Ikuti tips berikut agar capital gain yang kamu peroleh bisa bertumbuh lagi.

Membeli Properti

Properti seperti tanah atau rumah adalah investasi yang paling baik. Kalau kamu memperoleh capital gain yang besar dari trading saham, pilihan terbaik untuk menghabiskan capital gain yang diperoleh adalah membeli property. Harga properti yang semakin naik seiring dengan berjalannya waktu tentu akan membuat rencana keuanganmu menjadi lebih cepat tercapai.

Membuka Bisnis/Membuat Perusahaan

Capital gain yang kamu peroleh juga bisa dijadikan modal untuk memulai berbisnis. Tetapi, kalau kamu mau memulai bisnis sebaiknya pilih bisnis yang tidak akan pernah mati. Contohnya adalah membuka bisnis kuliner atau pakaian. Bisnis dengan dasar kebutuhan pokok dinilai lebih menjanjikan asalkan manajemen usaha tersebut dapat diatur dengan baik.

Menambah Kepemilikan Saham

Hal yang paling mudah untuk mengalokasikan capital gain yang diperoleh adalah menambah kepemilikan saham. Dengan menambah kepemilikan saham, maka potensi modal untuk bertumbuh lebih besar menjadi lebih mudah. Semakin banyak saham yang kamu punya, jika saham tersebut naik harganya, maka capital gain juga akan semakin bertumbuh menjadi lebih besar.

Nah, itu tadi tips alokasi dana dari manfaat investasi saham. Semoga membantu, ya!

Untuk memulai investasi dan trading saham online, kamu bisa menggunakan aplikasi RHBTRADESMARTID. Aplikasi ini akan memudahkanmu berinvestasi di mana saja dan kapan saja. Nikmati pula berbagai fitur menarik yang akan membantumu dalam berinvestasi. Download aplikasinya sekarang juga di Play Store dan App Store, gratis!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal