<< Back

Perusahaan Sekuritas Terbaik: Perhatikan Tips Memilih di Sini

Bagi kamu yang sudah terjun ke dunia investasi, perusahaan sekuritas dan broker tentu memiliki peran penting dalam menjembatani investor dan bursa efek di mana saham itu dibeli dan dijual. Karenanya, perusahaan sekuritas terbaik memiliki andil agar kamu bisa mengoptimalkan investasi yang kamu miliki, bukannya sebaliknya.

Lalu bagaimana sih cara memilih perusahaan sekuritas atau broker dealer yang tepat dan sesuai dengan kamu? Simak terus penjelasannya di artikel berikut ini.

Pahami Perusahaan Sekuritas yang Terpercaya

Setidaknya ada beberapa poin penting yang harus dimiliki oleh perusahaan sekuritas. Beberapa di antaranya adalah:

1. Terdaftar di OJK dan BEI

Yang pertama kali perlu kamu lakukan sebelum membuka rekening saham di suatu perusahaan sekuritas adalah mengecek bila perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Kamu bisa memeriksanya dengan mengunjungi website resminya atau menghubungi kontak yang tersedia di sana.

2. Punya Rekam Jejak yang Baik

Perusahaan sekuritas yang kamu pilih haruslah memiliki rekam jejak yang baik dan terhindar dari penipuan terhadap investornya. Karenanya, kamu perlu melakukan riset sendiri guna memastikan perusahaan yang kamu pilih sudah betul-betul terpercaya.

3. MKBD Tinggi

Di samping itu, perusahaan sekuritas terbaik sebaiknya memiliki Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang tinggi. Lewat MKBD, investor dapat mengetahui sehatnya keuangan di perusahaan tersebut. Dengan kata lain, perusahaan dengan MKBD yang tinggi menunjukkan kinerja dan manajemen perusahaan yang bagus, baik dari dalam maupun luar.

BEI menyebut bila minimal MKBD sebesar Rp25 miliar. Namun, jika ingin memilih perusahaan sekuritas kelas tinggi, MKBD minimal yang disasar adalah Rp250 miliar, seperti yang dikatakan Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia Edwin Sebayang.

Kamu bisa melihat rekam MKBD perusahaan sekuritas lewat di bagian overview Detail Profil Anggota Bursa di laman resmi BEI.

Pilih yang Mudah Akses Buka Rekening dan Tempat Fisiknya

Perusahaan sekuritas yang baik adalah yang dapat memberikan kemudahan dan tidak berbelit-belit dalam pembukaan rekening saham. Pendaftaran rekening juga akan lebih mudah bila dilakukan di aplikasi atau web.

Dalam pembukaan rekening, ada pula perusahaan sekuritas yang membutuhkan pendaftar mendatangi kantor pusat maupun cabang. Tempat tersebut perlu menjadi pertimbangan untuk memudahkanmu. Tempat yang dekat dan mudah aksesnya akan memudahkanmu pula dalam melakukan transaksi dan hal lain yang berkaitan.

Modal awal pembukaan rekening masing-masing perusahaan berbeda-beda. Ada yang mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dalam hal ini, kamu perlu menyesuaikan dana yang kamu punya dengan modal yang ditetapkan oleh perusahaan.

Kenali Fasilitas dan Riset yang Ditawarkan

Perusahaan sekuritas yang baik menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan investor dalam bertransaksi. Sekarang ini, aplikasi mobile app sangat berguna bagi investor dalam melakukan transaksi sekaligus melihat perkembangan di bursa efek.

Transaksi saham juga akan lebih lancar bila perusahaan sekuritas menyediakan riset dan pembaharuan bursa efek secara real time. Namun, perhatikan pula pentingnya kemudahan dalam memakai aplikasi. Tim riset yang bagus juga setidaknya dapat melakukan rekap 70% dari keseluruhan IHSG.

Lalu, kamu mungkin juga melakukan pertimbangan akan fasilitas tambahan berupa pinjaman margin, khususnya bila kamu sudah ahli dalam transaksi saham. Di sisi lain, ada sebagian investor yang hanya ingin bertransaksi di saham syariah, dan perusahaan sekuritas yang menyediakan rekening saham syariah bisa menjadi pilihan.

Pelajari Biaya yang Dibebankan

Ada biaya yang dibebankan perusahaan terhadap investor, dan tugasmu untuk mengetahui secara rinci biaya tersebut. Biasanya biaya yang dibebankan ini termasuk ke tiap transaksi jual beli saham. Biaya layanan broker juga akan dibebankan, khususnya bila kamu menggunakan layanan penuh.

Ada baiknya kamu memeriksa rincian biaya-biaya dengan teliti dan sesuaikan dengan dana yang kamu miliki. Selain itu, pastikan pula tidak ada biaya yang terlihat rumit, tidak jelas, atau bahkan memberikan iming-iming yang mencurigakan.

Cari Tahu Jenis Layanan yang Cocok

Perusahaan sekuritas menyediakan jasa yang beragam di dalam pelayanannya. Hal yang pertama kamu harus ketahui adalah jasa apa yang kamu cari.

Institusi vs Retail

Setidaknya ada dua tipe utama investor yang menentukan pelayanan yang akan disediakan broker atau pialang dari perusahaan sekuritas. Dua tipe itu adalah institusi dan ritel.

  • Broker Institusi khusus melayani lembaga atau perusahaan lain, beberapa contohnya adalah perusahaan asuransi dan reksa dana. Perusahaan investor ini pun pada dasarnya berinvestasi bagi orang lain.
  • Broker Retail adalah broker yang menangani investor individu atau perorangan. Jika kamu termasuk investor perorangan, kemungkinan besar kamu berinvestasi untuk tujuan personal, seperti simpanan masa depan atau tabungan pendidikan anak.

Memilih di antara dua tipe di atas cukuplah mudah dan kamu pun tentu sudah mengetahui untuk siapa kamu berinvestasi. Namun, ada opsi selanjutnya yang harus kamu pilih terkait jenis layanan broker apa yang akan kamu terima.

Layanan Penuh vs Diskon vs Robo

Jenis ini menentukan porsi keterlibatan broker terhadap transaksi yang kamu lakukan di bursa efek. Ada tiga jenis layanan broker yang bisa kamu gunakan. Ketahui pula bila perusahaan sekuritas bisa juga menyediakan tidak hanya satu, tapi beberapa layanan dari jenis-jenis berikut.

  • Layanan Penuh atau tradisional menawarkan produk layanan broker yang luas dengan fee yang lebih besar dibanding jenis lainnya. Layanan yang didapat bisa berupa konsultasi keuangan dan pajak, perkembangan saham, serta analisis bursa efek terbaru.
  • Layanan Diskon sama-sama menyediakan saran dan strategi seperti layanan penuh. Namun investor perlu melakukan riset dan melakukan transaksi sendiri lewat sistem internet, baik melalui desktop atau aplikasi ponsel.
  • Layanan Robo-advisor adalah yang paling murah dan punya sedikit hubungan dengan broker. Sekalipun ada campur tangan broker, algoritma yang dimiliki robo-advisor untuk menentukan portofolio investor akan sulit diubah. Karenanya, kamu jadi tidak leluasa menentukan transaksi yang dipilih.

Tips Memilih Broker dan Layanan  

Khusus kamu investor retail, menyesuaikan layanan broker mungkin akan membingungkan. Tapi, di antara layanan penuh dan diskon bisa disesuaikan berdasarkan pengalaman dan ilmu yang kamu punya.

  • Jika kamu masih pemula dan masih sedikit pengalaman, layanan penuh tentu menjadi pilihan terbaik. Perhatikan pula fee broker yang ditawarkan. Harga tentu menentukan kualitas dan range jasa yang ditawarkan.
  • Sebaliknya, layanan diskon dan robo-advisor menjadi pilihan yang bagus untuk investor yang sudah mengerti saham dan merasa bila campur tangan broker tidak sepenuhnya diperlukan, terlebih dengan fee yang lebih mahal.

Tidak bisa dipungkiri bila perusahaan sekuritas terbaik memiliki broker yang andal. Adapun hal yang perlu diperhatikan saat memilih jasa broker, di antaranya:

  • Punya reputasi baik. Hal ini bisa dilihat dari kemudahan untuk dihubungi serta paham betul aturan-aturan dan membaca kondisi bursa. Selain itu, broker profesional juga terdaftar di badan resmi, seperti BAPPEBTI dan BBJ.
  • Respon cepat, yakni dalam hal memproses dana masuk dan keluar investor.
  • Biaya komisi, bunga, serta selisih harga dan jual yang terjangkau.
  • Mengerti dan bisa menyesuaikan kondisi keuangan investor atau trader.

Memilih perusahaan sekuritas yang tepat dan sesuai memang memerlukan ketelitian. Meski terdengar rumit, nantinya tentu usahamu dalam memilih akan terbayar dengan transaksi saham yang berjalan lebih lancar.

Guna mendukung aktivitas investasi atau trading, kamu bisa memanfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi di mana saja dan kapan saja. Unduh aplikasi RHB Tradesmart di Playstore dan Appstore sekarang.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal