<< Back

Kenali Pentingnya Memiliki Dana Darurat, Apa Saja?

Halo, para calon investor dan trader sukses! Siap untuk belajar hal baru lagi terkait pengelolaan keuangan? Kali ini, kita bukannya belajar trading saham, namu pentingnya memiliki dana darurat. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan dana darurat, bukan? Sudah punya juga dong pastinya? Atau justru belum? Perlukah?

Buat para pemain lama atau bahkan bagi para pemula di dunia investasi yang mungkin masih kurang familiar dengan konsep dana darurat, tidak perlu khawatir. Hari ini Sahamin akan memberi kamu info mengenai apa itu dana darurat dan mengapa dana darurat sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Simak dibawah ini, ya!

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Dana Darurat?

Jadi, dana darurat adalah dana yang dipersiapkan sebelumnya untuk mengantisipasi keadaan-keadaan darurat yang tidak terduga yang membutuhkan dana tunai sesegera mungkin. Itulah mengapa disebut dengan dana darurat, karena dana ini diperuntukkan untuk saat-saat paling genting.

Contohnya seperti saat kamu secara tidak terduga diberhentikan bekerja, atau saat bisnis kamu tidak produktif lagi karena situasi seperti pandemi, dan banyak kejadian lainnya yang tidak terduga dan kamu membutuhkan sumber dana untuk kebutuhan sehari-hari.

Dana darurat membuat kamu terhindar dari godaan untuk melakukan pinjaman di kala kamu membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat. Itulah mengapa peran dana darurat sangat signifikan dalam membangun kehidupan finansial yang sehat.

Gimana Cara Menghitung Dana Darurat?

Berapa idealnya dana darurat yang harus disediakan seseorang? Sebenarnya, tidak ada patokan jumlah tertentu yang harus dicapai oleh seseorang terkait dana darurat, karena setiap orang memiliki kondisi keuangan yang berbeda-beda.

Namun, ada metode penghitungan yang cukup sering digunakan dan sangat layak untuk diterapkan sebagai patokan dalam menyisihkan dana darurat ini.

Dana Darurat Jomblo

Untuk kamu para jomblowan dan jomblowati yang tidak memiliki tanggungan, maka idealnya dana darurat kamu adalah 3-6 kali jumlah pengeluaran rutin bulanan kamu.

Pusing? Pakai contoh soal, ya. Misalnya, apabila pengeluaran bulanan kamu sekitar 2 juta rupiah perbulan, makan dana darurat yang harus kamu siapkan adalah 6-12 juta.

Dana Darurat Bagi Kamu Yang Sudah Married

Sedangkan, apabila kamu telah berkeluarga, tentu saja secara otomatis kamu memiliki tanggungan, dan tentu saja dana darurat yang harus kamu siapkan pun menjadi lebih besar.

Bagi yang sudah berkeluarga, idealnya dana darurat yang dimiliki adalah 6-12 kali pengeluaran rutin bulanan. Contohnya, apabila keluarga kamu memiliki satu anak dengan pengeluaran rutin sekitar 5 juta perbulannya, maka dana darurat yang harus Anda siapkan adalah 30-60 juta.

Penghitungan angka ideal dana darurat menggunakan patokan tiga hingga dua belas bulan ini sebenarnya berasal dari asumsi bahwa jangka waktu tersebut adalah waktu yang akan digunakan oleh orang yang bersangkutan untuk mencari pekerjaan baru apabila kondisi kedaruratan yang dialami adalah PHK (Pemutusan Hubungan Pekerjaan).

Dengan hilangnya sumber pendapatan, diharapkan dana darurat tersebut dapat memenuhi kebutuhan rutin keluarga hingga didapatkan pekerjaan atau sumber pendapatan yang baru lagi.

Semakin tinggi pengeluaran rutin bulanan kamu atau keluargamu, maka akan semakin besar juga nilai dana darurat yang harus disediakan. Maka dari itu penting pula untuk memonitor pengeluaran bulanan kamu dan keluarga. Memilah antara kebutuhan primer, sekunder, dan tersier dapat membantu kamu dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran bulanan, sehingga nilai dana darurat yang harus disiapkan pun dapat tercapai dengan cepat.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus, Wajib, Kudu Punya Dana Darurat!

Setelah memahami tentang apa itu dana darurat dan bagaimana cara menghitung nilai ideal dana darurat bagi kamu dan keluarga. Sahamin akan menjabarkan lagi tentang beberapa manfaat memiliki dana darurat serta seberapa pentingnya memiliki dana darurat:

1. Supaya Kamu Gak Pusing dan Bingung

Dengan adanya dana darurat Kamu tidak perlu lagi kebingungan mencari dana tunai ketika ada keadaan darurat seperti kerusakan mayor kendaraan, rumah butuh perbaikan cepat, atau ada keluarga dekat yang meninggal, dan masih banyak kemungkinan keadaan darurat lainnya.

Apabila kamu memiliki dana darurat, kamu dapat langsung menggunakannya sesuai kebutuhannya, sehingga alokasi dana tabungan dan investasi lainnya masih dapat tersimpan dengan aman.

2. Anti Hutang-Hutang Club

Hal ini merupakan salah satu manfaat utama dari kepemilikan dana darurat, yaitu Kamu dapat menghindari pengambilan pinjaman yang tidak perlu. Apabila kamu memiliki dana yang memadai, maka kamu tidak akan terjebak dalam kondisi tidak menguntungkan seperti berhutang.

Karena pada keadaan darurat seperti PHK, mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan rutin justru dapat berakibat semakin merugikan bagi keluarga dalam jangka waktu yang bahkan tidak bisa diduga. Karena bunga pinjaman akan terus bertumbuh, sedangkan sumber dana untuk membayar masih belum jelas.

3. Dana Investasi Aman Sentosa 

Dengan adanya dana darurat, dana investasi kamu akan aman dan tidak perlu dijual. Investasi adalah menanamkan modal pada suatu perusahaan, pasti ada harapan dimana modal tersebut akan terus bertumbuh nilainya dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan.

Apabila modal yang ditanam tersebut harus “dicabut” secara tiba-tiba karena kebutuhan mendesak, tentu saja akan sangat disayangkan bukan. Apalagi apabila investasi tersebut harus diambil dalam keadaan “cut loss” atau merugi.

Hal tersebut tentu saja sebisa mungkin dihindari, oleh karena itulah ketersediaan dana darurat akan melindungi aset-aset dan investasi kamu agar tidak dijual dengan harga yang rendah.

4. Save It For The Right Moment

Maksudnya adalah apabila kamu selalu siap sedia dengan dana darurat, ketika tidak ada keadaan darurat dan mendesak maka kamu dapat memanfaatkan dana tersebut untuk kesempatan langka yang menguntungkan.

Contohnya saja seperti ketika ada penawaran properti yang prospeknya baik namun unitnya terbatas, atau penawaran bisnis menarik dengan prospek menjanjikan yang waktunya terbatas. Momentum-momentum tersebut dapat diambil dengan memanfaatkan dana darurat yang ada.

Tapi, ingat! pastikan bahwa penawaran-penawaran tersebut aman dan memiliki prospek yang baik. Selain itu, tetaplah ingat untuk mulai mengumpulkan dana darurat lagi sesegera mungkin.

5. Hidup Tenang dan Terjamin

Hal ini adalah tujuan utama dari menyediakan dana darurat. Dengan adanya dana darurat, harapannya setiap keluarga ataupun orang yang masih lajang dapat merasakan keadaan finansial yang tenang dan terjamin ketika hal-hal darurat yang tidak terduga terjadi.

Dana darurat dapat menjadi solusi bagi keadaan-keadaan tersebut, dan tentu saja dengan rasa tenang dan jaminan keamanan tersebut Kamu dapat menjalani hidup dengan lebih berkualitas.

Itulah alasan-alasan mengapa memiliki dana darurat memiliki peranan penting dalam pengelolaan keuangan kita. Maka dari itu mulai sekarang ayo kita lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan dan selalu ingat untuk sedia payung sebelum hujan. Sediakanlah dana darurat bagi kamu dan keluargamu, sebelum keadaan darurat datang.

Jika kamu mau berinvestasi saham, pelajari cara investasi saham online, strategi investasi, dan pilihan saham yang memiliki fundamental baik. Manfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi dimana saja & kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Playstore dan Appstore sekarang.

Investment

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal