<< Back

8 Tips Merencanakan Keuangan Agar Mencapai Financial Freedom

Apakah Smart People termasuk golongan orang-orang yang ingin hidup mapan dan memiliki kondisi keuangan yang stabil? Jawabannya sudah pasti iya, dong? Siapa sih yang gak mau hidup nyaman dengan kondisi finansial yang baik? Hal yang satu ini tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Kalau Smart People adalah orang yang belajar trading saham, kemungkinan Smart People sudah pernah dengar kata berikut ini.

Financial freedom. Mungkin Smart People adalah salah satu orang yang menjadikan ini sebagai resolusi hidup di tahun ini. Ya, memang bagi sebagian orang; terutama orang-orang yang memiliki literasi keuangan yang baik, akan menjadikan financial freedom ini sebagai target finansialnya.

Tapi, tahukah Smart People apa itu financial freedom?

Sebetulnya pengertian financial freedom itu sendiri bersifat subjektif. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa financial freedom itu dengan menjadi kaya raya, banyak uang atau mungkin bisa bebas traveling keliling dunia. Jadi, masing-masing orang memiliki persepsi tersendiri terhadap arti financial freedom.

Jika kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, financial freedom berarti kebebasan finansial. Bebas dari apa sih? Maksudnya, kalian memiliki kendali penuh dalam mengatur uangmu secara mandiri, serta tidak terbebani oleh cicilan dan hutang piutang. Yang paling penting Smart People dapat mencukupi segala kebutuhan dan gaya hidup tanpa harus aktif bekerja.

Seseorang dengan kebebasan finansial akan mendapatkan penghasilan rutin dari aset produktif yang dimilikinya. Biasanya pemasukan mereka akan lebih besar dari jumlah pengeluarannya. Menarik bukan? Tentu saja iya, makanya banyak millennial yang menjadikan financial freedom ini sebagai life goals-nya di kemudian hari.

Lantas, bagaimanakah cara mengatur keuangan agar bisa mencapai financial freedom? Nah, Smart People dapat menyimak beberapa tipsnya pada artikel berikut ini.

1. Kenali Kondisi Keuanganmu

Langkah awal yang harus Smart People lakukan adalah memahami kondisi keuanganmu saat ini. Hal ini perlu dilakukan karena masing-masing orang memiliki profil finansial yang berbeda-beda. Perhatikan jumlah pendapatan dan pengeluaranmu setiap bulannya. Buatlah rincian biaya secara detail dan berkala, untuk memudahkanmu dalam mengeceknya. Lihatlah apakah penghasilanmu lebih tinggi dari pengeluarannya, atau mungkin sebaliknya.

Selain itu, penting juga untuk Smart People mengetahui jumlah tunggakan serta utang yang Smart People miliki dan berkomitmenlah untuk melunasinya. Dengan begitu, Smart People bisa lebih fokus dalam menentukan tujuan finansial ke depannya.

2. Menentukan Tujuan Finansial

Memiliki tujuan finansial akan membantumu dalam menyusun strategi untuk mencapainya. Hal ini juga penting dilakukan untuk mempermudah Smart People dalam memilih dan memilah mana yang harus menjadi kebutuhan prioritas.

Dengan mengetahui tujuan finansial, Smart People juga akan lebih bijak untuk memutuskan jumlah pengeluaranmu setiap bulannya. Smart People juga perlu memiliki target tentang berapa banyak uang akan Smart People miliki di rekeningmu, gaya hidup seperti apa yang akan Smart People jalani, dan di umur berapa Smart People akan mencapai tujuan finansial mu tersebut.

3. Membuat Anggaran Bulanan

Ini merupakan salah satu cara terbaik agar Smart People bisa mencegah untuk belanja hal-hal yang tidak perlu dan dapat mengontrol pengeluaranmu setiap bulannya.

Dengan membuat daftar anggaran bulanan seperti ini, dapat memastikan bahwa tagihan yang Smart People miliki akan terbayarkan tepat waktu dan tabungan tetap berjalan lancar.

Anggaran bulanan juga berfungsi sebagai pedoman agar Smart People bisa mengatur strategi keuangan yang tepat untuk mencapai kebebasan secara finansial.

4. Memisahkan Antara Rekening Pribadi, Tabungan, dan Dana Darurat

Setelah Smart People mengetahui jumlah rata-rata pengeluaranmu dalam sebulan, maka hal lain yang perlu Smart People perhatikan adalah memisahkan antara rekening pribadi, tabungan, dana darurat.

Mengapa ini penting? Hal ini perlu dilakukan agar uang tabungan Smart People untuk masa depan dan dana yang Smart People siapkan untuk keadaan darurat tidak tercampur dengan uang yang Smart People gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, dengan demikian Smart People berhasil untuk menerapkan salah satu strategi yang tepat menuju financial freedom.

5. Segera Lunasi Hutang

Tidak terbebani oleh hutang merupakan salah satu ciri dari tercapainya kebebasan finansial. Jika Smart People memiliki hutang dengan bunga berjalan yang cukup tinggi, maka Smart People harus segera melunasinya.

Namun, jika Smart People belum memiliki cukup uang untuk melunasinya, yang harus Smart People lakukan adalah mengelola hutang yang ada dengan baik. Karena kalau Smart People salah dalam mengelola hutang, itu bisa menjadi financial disaster yang akan mengacaukan kondisi keuanganmu di masa depan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi maka Smart People harus pintar dalam mengelola cash flow dengan sebaik mungkin dan segera melunasi hutang-hutang yang ada ketika dana yang Smart People miliki sudah mencukupi.

6. Mulai Berhemat

Memulai berhemat dengan cara hidup lebih sederhana tidak akan membuat Smart People mati gaya lho! Dengan menerapkan gaya hidup sederhana, Smart People setidaknya bisa menghemat 50% dari pendapatan Smart People setiap bulannya.

Misalnya, daripada Smart People membeli kopi di coffee shop yang tentu saja harganya jauh lebih mahal, Smart People bisa lho membuat kopi ‘ala’ coffee shop di rumah sendiri. Selain harganya lebih murah, Smart People juga bisa lho berkreasi sesuSmart People. Dengan begitu Smart People sudah berhasil menjalankan gaya hidup sederhana, namun tetap menikmatinya.

Smart People tidak perlu menghabiskan uangmu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan hidup sesuai kemampuan. Perlu diingat juga bahwa dengan berhemat akan membawamu selangkah lebih maju menuju kebebasan finansial.

7. Cari Sumber Pendapatan Lain

Smart People tidak bisa hanya mengandalkan pendapatan utama yang Smart People terima setiap bulannya untuk bisa mencapai financial freedom. Smart People bisa mendapatkan penghasilan tambahan lain salah satunya dengan cara berbisnis.

Seperti yang Smart People tahu bahwa sebenarnya apa saja bisa menjadi peluang bisnis. Smart People bisa menjadikan hobi Smart People sebagai peluang usaha. Misalnya Smart People hobi memasak, Smart People bisa membuka usaha catering rumahan dengan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama mu.

8. Berinvestasi

Selain berbisnis cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan berinvestasi. Smart People bisa memilih instrumen investasi dengan resiko yang paling kecil seperti deposito, reksadana, investasi emas. Jika Smart People sudah mendalami dunia investasi, Smart People bisa merambah ke investasi saham dan obligasi.

Tahukah Smart People kalau 8 orang terkaya di dunia berkecimpung di dunia saham? Ya, sebut saja Warren Buffet, Jeff Bezos, Bernard Arnault dan lain-lain. Pembelian saham pertama Warren Buffet pun berasal dari emiten perusahaan tekstil bernama Berkshire Hathaway di 1962, dan beliau memegang mayoritas saham perusahaan itu hanya dalam 3 tahun saja! Sangat luar biasa!

Jadikan investasi ini sebagai kendaraan yang akan membawamu menuju financial freedom. Pastikan juga kendaraanmu aman dan nyaman. Smart People juga perlu mengingat bahwa setiap kendaraan memiliki resiko kecelakaan, sama halnya dengan investasi. Maka untuk menghindari itu, Smart People perlu mengenali profil resiko Smart People agar tidak salah memilih instrumen investasi.

Smart People bisa mengalokasikan dana khusus untuk berinvestasi dan menjadikannya sebagai rutinitas untuk mencapai tujuan finansialmu di masa depan.

Nah, itu tadi 8 tips untuk Smart People yang ingin mengatur keuangan demi mencapai financial freedom seperti yang diidamkan semua orang. Tidak sulit, bukan? Yang penting Smart People sudah menentukan tujuan keuangan mu dengan baik dan menerapkan strategi yang tepat, maka kemudian Smart People bisa hidup dengan kebebasan finansial.

Kalau Smart People ingin belajar lebih dalam mengenai investasi saham, Smart People bisa lho mempelajarinya di aplikasi RHBTRADESMARTID. Di sana selain Smart People dapat memulai berinvestasi, Smart People juga bisa belajar trading saham. Smart People bisa menikmati berbagai fitur menarik yang akan membantumu dalam berinvestasi dan trading saham. Download aplikasinya di Play Store dan App Store secara gratis sekarang juga!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal