<< Back

Apa yang Dimaksud Waran Terstruktur?

waran terstruktur

Produk investasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentu bervariasi. Smart People dapat melakukan trading saham untuk produk-produk yang diperjual belikan di pasar bursa. Salah satunya adalah waran terstruktur yang diluncurkan oleh BEI.

Produk investasi yang baru ini dapat dimanfaatkan oleh para investor terutama mereka yang ingin menambah opsi strategi.

Mengenal Waran Terstruktur yang Diluncurkan BEI

Kemunculan produk waran ini juga diharapkan dapat disambut dengan baik dan menambah aktivitas di pasar bursa. Lalu, apa sebenarnya waran terstruktur ini? Simak langsung ulasannya di artikel berikut.

1. Penerbitan

BEI sudah mendapatkan izin dari OJK terkait aturan-aturan untuk produk waran ini. Peraturan yang mengatur regulasi waran terstruktur ada pada beberapa peraturan berikut.

  • Peraturan Nomor I – P
  • Peraturan Bursa Nomor II – P
  • Peraturan Bura Nomor III – P

Lalu bagaimana peraturan terkait penerbitan waran ini? Simak detail regulasinya berikut.

  • waran terstruktur adalah efek yang diterbitkan oleh lembaga keuangan, yang memberikan hak kepada pembelinya untuk membeli atau menjual suatu underlying securities pada harga dan tanggal yang sudah ditentukan.
  • Penerbitan produk waran ini dilakukan oleh pihak ketiga yang merupakan anggota bursa dengan kriteria tertentu.
  • Penerbitan waran sementara ini hanya untuk underlying securities dengan konstituen indeks IDX30.
  • Perdagangan sekunder produk waran terstruktur dan penyelesaiannya saat jatuh tempo dijamin oleh KPEI.

Kesimpulannya, waran terstruktur adalah efek yang diperjual belikan dengan mekanisme yang mirip Equity Warrant. Namun waran terstruktur memiliki perbedaan mendasar terkait aturan penerbitan saham, jenis saham yang diterbitkan, serta metode penyelesaiannya saat jatuh tempo.

Penerbitan waran ini juga sudah diatur melalui peraturan OJK yaitu POJK Nomor 8/POJK.04/2021. Peraturan mengenai penerbitan waran ini berlaku mulai 19 Maret 2022.

2. Jenis waran terstruktur

Waran terstruktur terbagi menjadi put warrant dan call warrant. Dua jenis tersebut memiliki aturannya masing-masing.

·         Put warrant

Put warrant merupakan hak untuk menjual saham atau efek. Fungsinya yaitu untuk mengunci (lock) harga jual. Jadi investor dapat menjual saham ini di harga yang lebih tinggi apabila harga saham turun.

·         Call warrant

Call warrant adalah hak untuk membeli saham. Sedangkan fungsinya yaitu untuk mengunci harga beli. Jadi ketika harga saham naik, investor dapat membelinya di harga yang lebih murah.

3. Kelebihan waran terstruktur

Waran terstruktur disebut-sebut memiliki sejumlah kelebihan yang dapat membantu investor untuk lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan pasar. Mekanisme waran ini juga tidak jauh berbeda dari waran biasa.

·         Modal yang lebih kecil

Modal awal yang didepositkan untuk trading saham maupun untuk investasi tentunya perlu dipertimbangkan oleh setiap trader atau investor. Jenis waran terstruktur ini menawarkan kelebihannya pada modal yang lebih kecil jika dibandingkan dengan membeli saham underlying-nya.

Jadi Smart People dapat membeli waran ini dengan modal kecil dengan peluang hasil yang optimal. Kendati demikian, produk waran ini tetap mengandung risiko. Bagi investor terutama pemula harus lebih bijak dalam menggunakan instrumen waran ini.

·         Exercise waran terstruktur dilakukan otomatis saat jatuh tempo

Selain modal yang bisa lebih kecil, kelebihan lainnya adalah pada proses exercise yang akan dilakukan secara otomatis yaitu saat jatuh tempo. Investor akan langsung menerima uang atau hasilnya apabila posisi harga saham underlying yang dibeli tersebut harganya lebih tinggi dari harga strike.

Pada dasarnya perdagangan instrumen ini tetap membutuhkan kesiapan likuiditas yang menjadi risiko bagi setiap investor maupun trader. Selain itu, literasi mengenai produk ini juga penting untuk dilakukan khususnya mengenai perbedaannya dengan waran perusahaan atau yang diterbitkan oleh emiten.

·         Investor dapat lebih fleksibel dengan dinamika pasar

Smart People yang belajar trading saham tentu perlu memahami cara bagaimana menghadapi perubahan-perubahan pasar yang fluktuatif. waran terstruktur ini dapat menambah strategi yang bisa digunakan investor maupun trader di tengah dinamika pasar.

Contohnya saat saham sedang mendapatkan sentimen baik, trader dapat melakukan buy call warrant. Strategi ini dapat memberikan hasil yang bagus karena apabila harga saham tersebut benar-benar tinggi, maka Smart People dapat melakukan exercise saat jatuh tempo atau menjual waran di pasar sekunder.

Apabila harga waran ini ternyata turun, maka Smart People akan kehilangan uang sejumlah call warrant. Namun premi ini tentunya bisa lebih rendah dari harga saham aslinya.

Lebih lanjut, Smart People tetap harus mempelajari lebih jauh mengenai produk waran ini beserta risikonya. Gali lebih dalam informasi-informasi terkait instrumen ini dan bagaimana strategi investasinya yang bisa diaplikasikan untuk waran ini. Tanpa edukasi yang benar, Smart People mungkin bisa mendapatkan risiko yang lebih besar.

Biaya Trading Rendah dengan Smart Fee RHB

Smart People yang masih pemula dalam dunia saham juga perlu mempelajari tentang trading fee atau biaya trading. Setiap jual beli saham akan dikenai biaya atau fee yang ditentukan oleh masing-masing sekuritas. RHB Sekuritas menawarkan Smart Fee untuk biaya trading yang lebih murah yang dapat diakses oleh semua trader.

Misalnya saja untuk transaksi Rp 4 miliar, fee normal bisa mencapai Rp 4 juta sedangkan menggunakan Smart Fee RHB biayanya hanya Rp 1,6 juta. Trading fee yang lebih rendah ini tentu akan membantu biaya transaksi Smart People menjadi lebih ekonomis.

Peluang imbal hasil yang akan diperoleh pun semakin besar. Tidak perlu khawatir, karena fitur ini akan otomatis aktif setelah RDN Smart People aktif. Menggunakan aplikasi RHB, transaksi jual beli saham online menjadi mudah dan lancar.

Itulah beberapa hal yang perlu Smart People ketahui tentang waran terstruktur yang meramaikan pasar bursa Indonesia. Bagi Smart People yang trading saham khususnya pemula sebaiknya benar-benar pahami dulu mengenai instrumen ini.

Jika tertarik untuk belajar trading, aplikasi RHB Tradesmart dapat menjadi solusinya. Ada berbagai fitur yang disediakan untuk analisis saham dan berbagai fitur yang mempermudah transaksi trading online melalui gadget. Langsung saja download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store untuk dapat menggunakan fitur-fitur cerdasnya.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal