<< Back

Anti Dompet Kosong Pas Akhir Bulan, Begini Tipsnya!

Dompet kosong

Jelang akhir bulan, sebagian orang sudah mulai ketar-ketir dengan kondisi dompetnya. Tidak sedikit memang, kejadian dompet kosong di akhir bulan, yang tentunya membuat orang-orang yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan. Nah, agar kondisi ini tidak terjadi pada Smart People, yuk intip tips jitu anti dompet kosong pada akhir bulan di bawah ini. 

Mengapa  Dompet Bisa Kosong di Akhir Bulan? 

  1. Tidak Adanya Manajemen Keuangan 

Alasan utama mengapa dompet menipis atau bahkan kosong di akhir bulan adalah karena tidak adanya manajemen keuangan yang diterapkan. Alih-alih mengatur dengan sedemikian rupa besaran untuk setiap pos-pos pengeluaran berdasarkan jumlah pemasukan, pengeluaran dilakukan dengan sesuka hati dan tidak terkontrol. Akibatnya, uang pun habis saat akhir bulan menyapa. 

  1. Pengeluaran Lebih Besar Dibanding dengan Pemasukan 

Dompet yang menipis di akhir bulan juga disebabkan karena lebih besarnya pengeluaran yang dilakukan dibandingkan dengan jumlah pemasukan. Jangankan pas-pasan, bahkan tidak sedikit orang-orang yang sampai minus kondisi keuangannya di akhir bulan, sehingga membuatnya harus pinjam sana sini untuk bertahan hidup. 

  1. Tidak Membiasakan Diri untuk Menabung 

Orang-orang yang kerap kehabisan uang di akhir bulan, juga biasanya tidak membiasakan diri untuk menabung. Pemasukan yang diterimanya setiap bulan akan habis begitu saja, untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Padahal, dengan adanya tabungan atau uang yang disisihkan setiap bulannya, uang tersebut bisa dipakai sementara untuk menutupi biaya hidup di akhir bulan. 

Tips Mengatasi Dompet Kosong di Akhir Bulan 

  1. Pastikan Pengeluaran Setiap Bulannya 

Kosongnya dompet di akhir bulan biasanya disebabkan oleh lebih besarnya pengeluaran dibandingkan dengan pemasukan. Makanya, untuk menghindari kondisi tersebut, pastikan Smart People mengetahui dengan jelas berapa nominal pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Dengan begini, kondisi keuangan yang pas-pasan atau minus bisa dihindari saat akhir bulan. 

Untuk memudahkan Smart People mengetahui seberapa besar pengeluaran, Smart People bisa tuliskan pos-pos pengeluaran rutin per bulannya, seperti dana belanja bulanan, biaya listrik dan air, biaya cicilan rumah atau biaya kontrakan, dana untuk ditabung, dan lainnya. Dengan begini, maka akan bisa diketahui dengan jelas, berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. 

  1. Atur Keuangan dengan Metode Budgeting 

Tips selanjutnya untuk menghindari dompet kosong di akhir bulan adalah dengan mengatur keuangan dengan metode budgeting. Metode budgeting ini membuat Smart People jadi lebih mudah dalam mengalokasikan pemasukan untuk masing-masing pos pengeluaran. Salah satu metode budgeting yang banyak dipakai oleh orang-orang adalah metode 50:30:20. 

Berdasarkan metode 50:30:20 ini, pemasukan akan dialokasikan sebanyak 50% untuk kebutuhan atau keperluan utama setiap bulannya, 30% untuk  keperluan sekunder seperti liburan atau makan di luar, lalu 20% sisanya dialokasikan untuk tabungan, investasi, ataupun dana darurat. Pengaplikasian metode ini membuat Smart People tahu dengan jelas aliran dana yang keluar per bulannya. 

  1. Hindari Menggunakan Uang untuk Hal yang Tidak Penting 

Tahukah Smart People bahwa kebanyakan orang yang sering mengalami dompet kosong di akhir bulan disebabkan karena gaya hidupnya yang berlebihan, namun tidak sesuai dengan pemasukannya? Orang-orang tersebut banyak maunya, sehingga belanja ini dan itu sesuka hati, padahal barang yang dibeli tersebut bukanlah barang kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. 

Makanya, agar terhindar dari situasi tidak adanya uang di akhir bulan, tahan diri dan hindarilah untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan atau ingin memilikinya hanya karena sekadar lapar mata saja. Jika sikap satu ini berhasil Smart People tinggalkan, tidak hanya uang yang bakal terasa cukup hingga akhir bulan, alokasi untuk tabungan pun akan bisa bertambah. 

  1. Manfaat Imbal Hasil dari Investasi Saham 

Jika selama ini Smart People sudah memulai investasi saham, maka mencairkan imbal hasil investasi saham bisa jadi pilihan untuk mengatasi dompet kosong di akhir bulan. Imbal hasil yang selama ini diperoleh, entah itu dari dividen ataupun capital gain, bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup di akhir bulan saat kondisi isi dompet tidak baik-baik saja. 

Pemanfaatan hasil investasi saham inilah yang menjadi dasar pentingnya melakukan investasi saham sedini mungkin. Saat tidak ada lagi uang tunai yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan di akhir bulan dan tidak ada orang lain yang bisa dipinjam dulu uangnya, imbal hasil investasi saham bisa jadi penolong di akhir bulan. Hidup pun jadi tenang hingga waktu gajian tiba. 

Yuk Mulai Investasi Saham via RHB Tradesmart ID 

Imbal hasil investasi saham tidak hanya bisa dijadikan dana darurat untuk dipakai saat dompet kosong di akhir bulan. Smart People juga bisa memanfaatkannya untuk mewujudkan tujuan keuangan seperti membeli rumah, dana pendidikan anak, liburan ke destinasi impian, dan lainnya. Makanya, yuk mulai investasi saham dari sekarang dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi saham yang modal awalnya hanya Rp100.000 saja alias begitu terjangkau. Nantinya, Smart People bisa pakai fitur Smart Analyzer untuk menganalisis saham dan mempermudah pengambilan keputusan saat investasi. Untuk setiap transaksi yang dilakukan nantinya, bakal ada poin khusus yang diberikan melalui fitur Smart Points. 

Tunggu apa lagi, yuk unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga! Dengan fitur SMART yang dimilikinya, imbal hasil yang diperoleh bisa optimal dan biaya transaksi jadi terjangkau. 

Sumber: 

Semczuk, Nina. (2023, Agustus 25). Top 10 Money Management Tips. Smart Asset. Diakses pada tanggal 3 November 2023 melalui https://smartasset.com/checking-account/top-10-money-management-tips

O’Shea, Bev & Schwan, Lauren. (2023, Juli 28). Budgeting 101: How to Budget Money. NerdWallet. Diakses pada tanggal 3 November 2023 melalui https://www.nerdwallet.com/article/finance/how-to-budget

Caldwell, Miriam. (2021, November 14). Tips to Help You Stop Running out of Money Before the End of the Month. The Balance. Diakses pada tanggal 3 November 2023 melalui https://www.thebalancemoney.com/when-you-run-out-of-money-before-month-ends-2385609

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal