<< Back

Anak Muda Sulit Beli Rumah? Ini Dia Biang Keroknya! 

Anak muda sulit beli rumah

Setiap orang tentu punya impian untuk bisa punya rumah sendiri. Namun, tampaknya hal itu akan sulit diwujudkan oleh anak-anak muda di masa sekarang. Selain karena memang faktor eksternal seperti harga rumah yang makin membumbung tinggi, ada juga faktor internal yang memengaruhinya. Yuk simak alasan mengapa anak muda sulit beli rumah pada ulasan di bawah ini. 

Alasan yang Bikin Anak Muda Sulit Beli Rumah 

  1. Harga Rumah yang Makin Membumbung Tinggi 

Tidak bisa dipungkiri kalau salah satu alasan terbesar yang bikin anak muda sulit beli rumah adalah karena harga rumah yang makin hari makin membumbung tinggi. Naiknya harga rumah ini di antaranya disebabkan karena terjadinya inflasi, yang menyebabkan naiknya harga lahan dan bahan baku untuk membuat rumah. Semakin lokasinya di pusat kota, harga rumah pun jadi makin mahal. 

  1. Sulitnya Memenuhi Syarat Pengajuan KPR 

Kehadiran KPR (Kredit Pemilikan Rumah) memang diharapkan bisa jadi solusi bagi orang-orang, untuk bisa membeli rumah. Sayangnya, pemenuhan syarat pengajuan KPR pun masih terasa sulit bagi anak muda yang didominasi milenial dan Gen Z ini. Salah satu syarat seperti penghasilan tetap, akan sulit untuk dipenuhi oleh anak muda yang sistem kerjanya freelance

  1. Gaya Hidup yang Konsumtif 

Gaya hidup yang konsumtif juga menjadi salah satu alasan mengapa anak muda masih belum juga bisa membeli rumah impiannya. Pengelolaan keuangan yang awut-awutan, membuat para anak muda tidak bisa secara rutin menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membeli rumah. Mereka lebih memilih mengedepankan hiburan duniawi, yang tentunya menghabiskan banyak uang. 

  1. Belum Punya Pekerjaan yang Stabil 

Anak muda pada zaman sekarang dikenal dengan sifatnya yang tidak betah untuk bekerja lama-lama di satu tempat. Makanya, dalam hitungan setahun saja, ada yang sudah berpindah-pindah tempat kerja lebih dari satu kali. Pekerjaan yang belum stabil inilah yang kemudian turut menjadi alasan mengapa anak muda masih belum juga bisa membeli rumah impiannya. 

Tips agar Anak Muda Bisa Beli Rumah Sendiri 

Sejatinya, tidak ada kemustahilan bagi anak muda untuk bisa membeli sendiri rumah impiannya. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, tentu harus ada strategi khusus yang dijalankan. Smart People yang ingin bisa secepatnya punya rumah sendiri di usia yang masih muda ini, bisa coba untuk melakukan beberapa tips jitu di bawah ini. 

  1. Sesuaikan bujet untuk membeli rumah dengan jumlah pendapatan rutin yang dihasilkan. 
  2. Kelola keuangan dengan seoptimal mungkin, di mana setiap bulannya ada dana yang disisihkan untuk keperluan membeli rumah atau membayar uang muka pembelian rumah.
  3. Cari pemasukan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utama untuk menambah dana yang akan dipakai membeli rumah.
  4. Hindari gaya hidup yang konsumtif dengan membatasi berapa dana yang bisa diperlukan untuk melakukan aktivitas hiburan. 
  5. Dapatkan pemasukan pasif dengan melakukan investasi, di antaranya seperti investasi saham.

Kelebihan Membeli Rumah di Usia Muda 

Sejatinya, punya rumah sendiri bagi kaum Milenial dan Gen Z yang usianya masih tergolong muda, akan bisa mendatangkan kelebihan tersendiri. Apalagi jika mengingat bahwa semakin berjalannya waktu, maka harga rumah pun akan semakin meningkat. Yuk simak beberapa kelebihan yang akan dirasakan jika Smart People membeli rumah di usia muda. 

  1. Rumah bisa dijadikan sebagai aset investasi jangka panjang, di mana Smart People bisa mendapatkan imbal hasil yang besar dengan menjualnya di masa depan.  
  2. Menghindari makin besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah, karena setiap tahunnya harga rumah akan naik dan keberadaan lahan akan makin terbatas. 
  3. Rumah bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan misalnya dengan menyewakan atau mengontrakkan salah satu kamar yang ada di rumah tersebut. 
  4. Bisa fokus untuk mewujudkan tujuan keuangan lainnya karena salah satu tujuan keuangan sudah berhasil dicapai. 

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Jutaan 

Banyak anak muda yang ingin membeli rumah, namun urung melakukannya karena merasa gajinya sedikit. Namun, jangan sampai hal ini juga turut membuat Smart People patah semangat untuk mewujudkannya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian punya rumah tersebut. Khusus bagi Smart People yang punya gaji 3 jutaan, bisa coba lakukan cara berikut ini. 

  1. Cari rumah yang berada di pinggiran kota karena harganya biasanya lebih murah dibandingkan dengan rumah di pusat kota. 
  2. Rutin mengalokasikan dana sekitar sebesar 30% untuk keperluan membayar uang muka atau DP untuk membeli rumah.
  3. Beli rumah dengan sistem KPR yang menawarkan program cicilan bertenor panjang, yang tentunya sesuai dan cocok dengan kondisi keuangan.
  4. Cari pemasukan tambahan seperti melakukan pekerjaan sampingan atau berinvestasi untuk menambah bujet membeli rumah.

Tambah Pemasukan dengan Investasi Saham di RHB Tradesmart ID 

Salah satu cara untuk membantu mewujudkan impian anak muda untuk membeli rumah adalah dengan berinvestasi dalam bentuk saham. Investasi saham merupakan investasi yang potensi imbal hasilnya termasuk besar, sehingga nantinya imbal hasil tersebut bisa dipakai untuk menambah bujet membeli rumah. 

Agar investasi saham nantinya bisa berjalan dengan lancar, Smart People bisa menggunakan RHB Tradesmart ID, aplikasi trading dan investasi saham. Fitur-fitur yang dimilikinya seperti Smart Analyzer, Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points, akan bisa membantu memaksimalkan imbal hasil investasi saham yang Smart People lakukan. 

Wujudkan impian untuk membeli rumah dengan menambah pendapatan melalui investasi saham. Smart People bisa mulai aktivitas investasi saham yang mudah dan ekonomis dengan mengunduh aplikasi RHB Tradesmart ID

Sumber: 

Advertorial detikFinance. Duh! Milenial Sulit Punya Rumah, Ini 4 Kendala Utamanya. Detik Finance. Diakses pada tanggal 11 Juli 2023 melalui https://finance.detik.com/advertorial-news-block/d-6377711/duh-milenial-sulit-punya-rumah-ini-4-kendala-utamanya

Tim CekPremi.com. Terapkan 7 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Juta. Cekpremi.com. Diakses pada tanggal 11 Juli 2023 melalui https://www.cekpremi.com/blog/cara-menabung-untuk-beli-rumah-dengan-gaji-3-juta/

Bayu, Irfan. (2022, Agustus 01). Milenial dan Anak Muda Sulit Beli Rumah? Cek Dulu Tips Ini! Mk+. Diakses pada tanggal 11 Juli 2023 melalui https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/milenial-dan-anak-muda-sulit-beli-rumah-cek-dulu-tips-ini

Tim OJK. Mungkinkah Milenial Bisa Beli Rumah di Usia 25 Tahun. OJK Sikapi. Diakses pada tanggal 11 Juli 2023 melalui https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10475

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal