<< Back

Alasan Investor Saham Pemula Gagal dan Cara Menghindarinya

Semakin hari, animo masyarakat untuk terjun ke pasar saham semakin meningkat. Sayangnya, hal itu tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup mengenai trading saham, sehingga membuat para investor pemula ini gagal saat memulai investasi. Simak berikut ini beberapa alasan dari kegagalan investasi saham tersebut, serta cara agar bisa menghindarinya. 

Penyebab Kegagalan Investor Pemula Saat Trading Saham  

Kegagalan dalam berinvestasi merupakan hal yang tak bisa dihindari, apalagi jika pelaku investasi tersebut terbilang masih pemula di bidang jual beli saham. Namun, tak ada salahnya untuk mengetahui penyebab kegagalan ini, agar di kemudian hari tak dilakukan lagi. Simak berikut ini beberapa alasan atau penyebab kegagalan para investor saham pemula tersebut. 

1. Terbuai dengan Tren di Pasar Saham 

Apakah Smart People pernah membeli saham hanya karena saham tersebut sedang menjadi tren dan diperbincangkan oleh banyak orang? Sifat latah seperti membeli saham hanya karena tren atau ikut-ikutan banyak orang, merupakan salah satu penyebab utama mengapa investor saham pemula gagal dalam berinvestasi. 

Jangan lakukan investasi hanya karena tren. Namun, lakukanlah dulu riset mengenai saham tersebut, apakah memang saham itu tepat untuk dibeli dan memiliki prospek yang bagus ke depannya. Tak sedikit loh investor saham pemula yang harus kehilangan banyak uang, hanya karena terbuai dengan imbal hasil yang belum pasti dari saham yang sedang tren di pasaran. 

2. Menelan Mentah-Mentah Tips Investasi di Media Sosial 

Seiring dengan perkembangan zaman, tips investasi bisa diperoleh di mana saja, salah satunya di media sosial. Ada banyak akun media sosial yang memberikan tips atau cara investasi saham, agar bisa mendatangkan imbal hasil yang diharapkan. Sayangnya, banyak investor saham pemula yang menelan mentah-mentah tips yang diberikan oleh akun di media sosial tersebut. 

Tips yang diberikan di media sosial mungkin memang bagus, namun tak semuanya sesuai dengan kondisi keuangan orang yang ingin melakukan investasi. Maka dari itu, bagi Smart People yang ingin berinvestasi saham, kenali dulu kondisi keuangan sendiri, sehingga bisa dengan mudah memilih tips investasi saham mana yang paling tepat untuk diaplikasikan. 

3. Tak Sabar Menunggu 

Kunci dari investasi adalah waktu. Jadi, jangan berharap untuk mendapatkan hasil dari investasi saham dalam waktu yang singkat. Pada kenyataannya, tak sedikit investor saham pemula yang tak sabar menunggu investasinya bertumbuh. Alhasil, dia memutuskan untuk menjual kembali sahamnya dengan hasil yang tak seberapa atau malah merugi. 

Saat berinvestasi dalam bentuk saham, sebisa mungkin tahanlah saham sehingga Smart People bisa memaksimalkan hasil dari saham yang dibeli tersebut. Saat hasilnya sudah sesuai dengan keinginan, maka tak ada salahnya lagi untuk Smart People menjual kembali saham tersebut. Jadi, jika ingin memperoleh hasil investasi yang diharapkan, bersabar adalah kuncinya. 

Cara Menghindari Kegagalan Investasi Saham 

Dunia investasi dipenuhi dengan berbagai risiko, salah satunya adalah kegagalan dan kerugian saat berinvestasi. Namun, bukan berarti tak ada jalan untuk menghindari kegagalan tersebut. Smart People bisa intip beberapa cara berikut ini, agar bisa menghindari kegagalan saat melakukan trading saham. 

1. Sabar dan Memiliki Keinginan untuk Belajar 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sabar merupakan kunci untuk bisa memperoleh hasil yang diinginkan saat berinvestasi. Maka dari itu, tanamkan pada diri Smart People untuk sabar menunggu hingga investasi saham yang dimiliki bisa bertumbuh dan maksimal hasil yang nantinya diberikannya. 

Tak hanya itu saja, hindari juga kegagalan saat berinvestasi saham dengan selalu belajar mengenai dunia investasi saham tersebut. Belajarlah dari para investor yang telah sukses sebelumnya, agar bisa menjadi trader sukses selanjutnya. Pahami hal-hal penting terkait investasi saham, sehingga Smart People mudah dalam mengambil keputusan terkait investasi yang dilakukan.  

2. Tentukan Tujuan Berinvestasi Saham 

Mengetahui tujuan terjun ke dunia investasi saham, merupakan salah satu cara menghindari kegagalan. Dengan mengetahui tujuan atau hal yang ingin dicapai dari investasi saham yang dilakukan, maka Smart People akan bisa menyusun strategi yang matang untuk bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut. 

Pada kenyataannya, tak sedikit orang yang terjun ke dunia saham ini hanya untuk sekadar memperoleh imbal hasil saja, tanpa adanya tujuan yang spesifik. Akibatnya, effort yang dilakukannya pun tak maksimal untuk memperoleh imbal hasil tersebut, sehingga dia rentan mengalami kegagalan. 

3. Ikuti Tips Investasi yang Sesuai Kondisi Keuangan 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tak semua tips investasi saham sesuai dengan kondisi keuangan. Maka dari itu, pastikan Smart People hanya mengikuti tips investasi yang memang sesuai dengan kondisi keuangan terkini, agar bisa menghindari kegagalan dalam berinvestasi di kemudian hari. 

Mungkin tips investasi itu cocok bagi orang lain, namun jika dilihat dari kondisi keuangan Smart People, bisa saja tips tersebut tak akan bekerja. Kolaborasikan tips mengenai investasi saham tersebut dengan strategi investasi yang telah dipelajari, agar kegagalan investasi bisa dihindari dan imbal hasil yang diharapkan bisa diperoleh. 

Itulah tadi beberapa alasan mengapa investor saham pemula kerap mengalami kegagalan saat berinvestasi, sekaligus cara yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya kegagalan itu kembali. Kegagalan saat berinvestasi memang bukanlah hal yang baru lagi, namun Smart People bisa belajar dari kegagalan tersebut, untuk bisa berhasil saat trading saham di kemudian hari.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal