<< Back

Ada Potensi, Ini List 10 Saham Asuransi di Indonesia!

Bagi Smart People tertarik dengan bidang asuransi, khususnya yang setia berlangganan produk asuransi, tidak ada salahnya untuk melirik emiten saham asuransi. Meskipun tidak se-booming saham-saham di sektor lainnya, namun saham sektor asuransi juga punya potensinya tersendiri. Simak berikut ini daftar dari saham sektor asuransi di Indonesia dengan nilai kapitalisasi tertinggi di sektornya.  

Apa Itu Saham Asuransi

Saham asuransi merupakan saham dari emiten yang menawarkan produk asuransi bagi para konsumennya. Saham sektor asuransi ini tergabung dalam sektor keuangan dan subsektor asuransi. Saat ini, ada belasan saham sektor asuransi yang tergabung di BEI ( Bursa Saham Indonesia), yang mana PT. Panin Financial Tbk (PNLF) menjadi saham subsektor asuransi dengan nilai kapitalisasi terbesar. 

10 Saham Sektor Asuransi dengan Nilai Kapitalisasi Tertinggi per 25 Januari 2024  

  1. PT. Panin Financial Tbk (PNLF)

PT. Panin Financial Tbk (PNLF), dulunya dikenal sebagai PT. Panin Life Tbk, merupakan emiten yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa. Anggota perusahaan Panin Group ini bergerak menghadirkan berbagai jasa keuangan, di antaranya asuransi jiwa dan asuransi umum. Per 25 Januari 2024, harga saham PNLF berada di angka Rp262, dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp8,38 triliun.  

  1. PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU)

Emiten saham sektor asuransi selanjutnya adalah PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU). Emiten yang merupakan anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) Tbk ini menyediakan berbagai layanan asuransi, di antaranya asuransi perusahaan di bidang energi dan kebakaran. Per 25 Januari 2024, harga saham TUGU sebesar Rp1.050 dan nilai kapitalisasi pasarnya di angka Rp3,69 triliun. 

  1. PT. Paninvest Tbk (PNIN)

PT. Paninvest Tbk (PNIN) merupakan emiten saham yang bergerak di bidang asuransi umum. Sama halnya dengan PT. Panin Financial Tbk (PNLF), PT. Paninvest Tbk (PNIN) juga merupakan bagian dari Panin Group yang fokus di sektor jasa keuangan. Per 25 Januari 2024, nilai kapitalisasi pasar PNIN mencapai Rp3,43 triliun dan harga per lembarnya Rp845. 

  1. PT. Bhakti Multi Artha Guna Tbk (BHAT)

PT. Bakti Multi Artha Tbk (BHAT) merupakan emiten saham sektor asuransi yang didirikan pada tahun 2017 silam dengan nama PT. Nasional Mitra Utama. Adapun produk yang dihadirkan oleh emiten ini berupa jasa konsultasi manajemen dan perusahaan induk keuangan. Per 25 Januari 2024, BHAT memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp1,98 triliun dan harganya Rp396.  

  1. PT. Asuransi Multi Artha Guna Tbk (AMAG)

PT. Asuransi Multi Artha Guna Tbk (AMAG) merupakan emiten saham yang bergerak di bidang asuransi umum, termasuk di bidang usaha reasuransi. PT. Asuransi Multi Artha Guna Tbk (AMAG) ini sendiri masih termasuk ke dalam Panin Group. Saat ini, nilai kapitalisasi pasarnya mencapai angka Rp1,43 triliun dan harga per lembarnya adalah Rp288. 

  1. PT. Lippo General Insurance Tbk (LPGI)

Saham sektor asuransi dengan nilai kapitalisasi yang besar di Indonesia selanjutnya adalah PT. Lippo General Insurance Tbk (LPGI). Emiten satu ini bergerak di bidang penyediaan asuransi umum. Per 25 Januari 2024, nilai kapitalisasi pasar LPGI berada di angka Rp1,05 triliun, dengan harga per lembarnya Rp3.500. 

  1. PT. Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (MREI)

PT. Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (MREI) merupakan emiten saham pertama di Indonesia yang bergerak di bidang reasuransi. Emiten ini sendiri didirikan pada tahun 1953 dan mulai melantai di bursa saham pada tahun 1989. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar MREI mencapai angka Rp900,95 miliar dan harga per lembarnya adalah sebesar Rp1.690. 

  1. PT. Asuransi Maximus Graha Persada Tbk (ASMI)

Jika Smart People tertarik dengan saham sektor asuransi, saham emiten PT. Asuransi Maximus Graha Persada Tbk (ASMI) juga bisa dipertimbangkan. Emiten satu ini bergerak di bidang bisnis asuransi umum dan reasuransi, baik itu konvensional maupun syariah. Saat ini, ASMI dijual di harga Rp50, dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp447,91 miliar. 

  1. PT. Asuransi Harta Aman Pratama Tbk (AHAP)

PT. Asuransi Harta Aman Pratama Tbk (AHAP) merupakan di bidang asuransi non-jiwa konvensional. Adapun kegiatan usaha yang dilakukan oleh emiten ini meliputi pertanggungan atas kebakaran, properti, kendaraan, hingga alat berat. Saat ini, nilai kapitalisasi pasarnya mencapai angka Rp416,50 miliar, dengan harga per lembar sebesar Rp85. 

  1. PT. Victoria Insurance Tbk (VINS)

PT. Victoria Insurance Tbk (VINS) merupakan emiten saham sektor asuransi yang menyediakan produk berupa layanan asuransi umum, di antaranya asuransi kebakaran, kendaraan bermotor, kargo laut, serta surat jaminan pada berbagai pihak. Nilai kapitalisasi pasar VINS saat ini berada di angka Rp252,67 miliar dan harga per lembarnya saat ini adalah sebesar Rp174.  

Pantau Pergerakan Harga Saham via RHB Tradesmart ID 

Saham-saham sektor asuransi yang menunjukkan performa yang bagus, layak Smart People pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam portofolio investasi saham. Agar tidak ketinggalan info mengenai pergerakan harga saham-saham sektor asuransi incaran, dapatkan informasinya secara real time dengan menggunakan aplikasi investasi saham, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur Smart Analzyer dengan ARO (Assisted Robo Optimization), yang bakal bantu Smart People dalam menganalisis saham incaran di bursa saham. Nantinya dalam melakukan transaksi, Smart People bakal bisa menghemat biaya investasi karena adanya Smart Rate dan Smart Fee yang bikin biaya transaksi dan biaya margin jadi terjangkau. 

Masih mau tunggu lama untuk mendapatkan imbal hasil? Yuk unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga dan rasakan kemudahan dalam berinvestasi saham dengan fitur SMART unggulannya. 

Sumber: 

Puspadini, Mentari. 2023, November 02. Emiten Asuransi Pelat Merah Ini Paling Banyak Diserok Asing. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20231102175237-17-485925/emiten-asuransi-pelat-merah-ini-paling-banyak-diserok-asing

Firdaus, Farid. 2023, Oktober 09. Cermat Berburu Saham Sektor Asuransi Layak Koleksi. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui https://market.bisnis.com/read/20231009/189/1702379/cermat-berburu-saham-asuransi-layak-koleksi

Tim IDN Financials. Saham Sektor Keuangan Sub-Sektor Asuransi. IDN Financials. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui https://www.idnfinancials.com/id/company/industry/insurance-g41?o=cap&s=desc

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal