<< Back

Pengen Sukses? Ketahui 7 Tips Trading Saham Paling Ampuh

Menjadi sukses tentu saja adalah hal yang diimpikan oleh hampir semua orang di dunia. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan guna mencapai mimpi itu. Apakah semuanya berhasil? Tentu saja tidak, ada banyak juga kegagalan yang terjadi. Menjadi pekerja keras dan pantang menyerah kadang tidak cukup, dibutuhkan strategi-strategi lainnya yang bisa meningkatkan pendapatan semaksimal mungkin.

Cara yang sekarang sedang menjadi topik hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat khususnya generasi milenial adalah investasi saham dan trading saham. Penanganan dampak pandemi menuju kearah yang positif juga membawa angin segar pada peningkatan harga saham di berbagai sektor. Hal ini tentu saja menjadikan pasar saham menjadi sektor yang sangat menjanjikan. Namun, tidak semua orang memiliki pengetahuan dalam melakukan trading saham. Berikut beberapa tips trading saham paling ampuh bagi pemula yang tertarik dengan pasar saham:

1. Memiliki Pengetahuan yang Tepat

Trading saham sebenarnya tidak sesulit bayangan banyak orang, tetapi juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena tentu saja pasti ada resiko kerugian yang harus dihadapi apabila tidak bijak memilih langkah dan instrumen saat jual-beli saham. Milikilah pengetahuan-pengetahuan dasar saham dan pelajari ilmu-ilmu tentang trading saham sebanyak mungkin dari website-website saham, media sosial terkait saham, ataupun dari buku-buku trader saham sebelum memulai trading.

Hal ini menjadi kunci penting guna membantu anda mendapatkan dasar yang kuat dalam mengambil keputusan nantinya. Jangan malu untuk berdiskusi dengang orang-orang yang menurut anda memiliki lebih banyak pengalaman dan pengetahuan di bidang trading saham, dan selalu terbuka untuk informasi-informasi terbaru tentang perkembangan saham.

Baca Juga :  8 Tips Belajar Saham Pemula, Apa Saja?

2. Sisihkan Dana Secara Terencana 

Manajemen pendapatan menjadi hal yang sangat penting dimiliki sebelum memutuskan untuk trading saham. Dengan manajemen keuangan yang baik, Anda dapat memaksimalkan dana investasi anda sebaik mungkin. Pastikan bahwa Anda telah menyisihkan dana untuk kebutuhan pokok, dana darurat, dan asuransi anda, sehingga dana yang digunakan untuk investasi dapat dialokasikan dengan sebaik mungkin tanpa mengganggu kebutuhan pribadi.

Putuskan terlebih dahulu berapa dana yang Anda ingin keluarkan pada setiap jual-beli dan seberapa besar resiko yang Anda siap hadapi. Beberapa trader sukses cenderung memilih saham yang resikonya kurang dari 1%-2% per jual-beli. Jadi, dengan begini Anda akan lebih mudah menimbang keuntungan dan kerugian yang akan Anda hadapi. Ingatlah bahwa trading saham tidak selalu memberi laba, tetapi apabila Anda dapat me-manage resikonya, laba yang akan Anda dapatkan akan jauh melampaui kerugian yang dihadapi.

3. Siapkan Waktu

Trading saham tidak hanya membutuhkan dana dan pengetahuan saja. Waktu adalah hal yang paling mendasar yang harus disediakan oleh trader sebelum memulai trading saham. Pastikan Anda menyisihkan waktu Anda sebaik mungkin saat trading hours, sehingga anda dapat memonitor kesempatan-kesempatan baik untuk melakukan jual-beli dan memaksimalkan keuntungan anda. Di Indonesia, jam perdagangan saham dibagi menjadi dua sesi dari hari Senin-Jumat, sesi I diadakan pukul 9.00-11.30 WIB, dan sesi II pukul 13.30-14.50 WIB

4. Pilihlah Sekuritas yang Tepat

Memilih sekuritas yang tepat adalah kunci dalam trading saham. Sekuritas yang baik dan terpercaya adalah yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sekarang ada banyak sekali sekuritas di Indonesia, baik yang offline maupun online. Cara mendaftarkan diri pun sudah lebih mudah, karena sudah ada aplikasi trading saham online yang seluruh proses pendaftarannya dapat diakses secara online. Pastikan Anda memilih sekuritas yang terpercaya dan yang paling cocok bagi Anda, baik dari segi kualitas hingga kemudahan aksesnya.

5. Mulai dari Nominal Kecil

Sebagai pemula, lebih baik mulailah dari nominal kecil. Mulai dari membeli saham yang murah namun dari perusahaan yang terpercaya. Mulailah belajar konsisten dengan nominal yang Anda tetapkan. Dengan memulai dari nominal kecil, biasanya perlahan-lahan anda akan mulai mempelajari teknik trading saham yang baik dan kemampuan trading Anda pun perlahan-lahan akan mengalami peningkatan. Apabila Anda sudah semakin percaya diri dengan kemampuan Anda, barulah mulai menaikan modal trading Anda.

6. Hindari Saham Gorengan

Saham gorengan adalah saham yang menawarkan keuntungan besar dengan harga rendah. Saham-saham seperti ini biasanya mampu membuat trader tergiur karena harganya yang miring. Namun, apabila Anda ingin bertahan lama menjadi trader dengan keuntungan yang lebih besar, sebaiknya jauhi saham-saham seperti ini.

Jangan menganggap trading seperti gambling (judi), jangan berharap anda akan kaya dalam satu malam. Trading saham pada dasarnya adalah pekerjaan juga, jadi tetaplah realistis dan bijaklah dalam memilih saham yang Anda akan beli. Jangan tergiur tawaran keuntungan sekejap yang biasanya justru dapat menimbulkan kerugian yang lebih besar.

7. Percaya Diri Namun Tetap Realistis

Milikilah kepercayaan diri yang kuat, hal ini dapat tumbuh seiring jam terbang Anda dalam dunia trading. Memiliki modal memang penting, tetapi memiliki pengetahuan yang cukup serta pengalaman adalah hal yang dapat membantu Anda memaksimalkan profit Anda dan membantu Anda sukses di dunia trading. Kepercayaan diri tetap harus dibarengi dengan sikap realistis. Saham memang dapat menawarkan keuntungan yang menggiurkan, tetapi trader-trader sukses juga tidak melulu mendapat untung disetiap jual-belinya. Banyak juga trader yang mengalami kerugian setidaknya 40%-50% dari seluruh tradingnya. Namun dengan manajemen risiko yang baik, mereka dapat memaksimalkan keuntungan mereka sehingga, kerugian dari trading yang gagal dapat tertutupi oleh profit yang didapat. Jadi, apabila Anda gagal sesekali dalam trading saham, itu merupakan hal yang biasa. Yang terpenting adalah terus belajar dan terus mengasah kemampuan Anda dalam melihat kesempatan-kesempatan baik lainnya selanjutnya.

Nah itu tadi 7 Tips Trading Saham Paling Ampuh versi RHB. Semoga membantu kamu dalam berinvestasi saham, ya! Mari pelajari cara investasi saham online, strategi investasi, dan pilihan saham yang memiliki fundamental baik. Manfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi dimana saja & kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Playstore dan Appstore sekarang.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal